Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Apakah Cina Akan Ikuti Jejak Rusia Melakukan Invasi Militer ke Taiwan
Foto kolase Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan latihan militer Cina | thedrive.com


Hai sobat, tulisan kali ini tentang ketegangan antara Taiwan dan Cina, disusul sikap Nancy Pelosi yang berkunjung ke Taiwan. Berikut informasi selengkapnya.

Kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat "Nancy Pelosi" ke Taiwan membuat Cina semakin geram melihat Taiwan, dan akan mengancam invasi militer jika coba-coba mendeklarasikan dirinya sebagai negara demokrasi. Mengingat Taiwan masih bagian dari Tiongkok.

Menurut informasinya, Ketua DPR Nancy Pelosi benar telah melakukan kunjungan ke Taiwan dengan menggunakan pesawat Angkatan Udara pada hari Selasa 2 Agustus 2022. Mengetahui kedatangan Pelosi ke Taiwan membuat warga dan pemerintah Cina marah besar dan mengumumkan melakukan invasi militer sebagai bentuk tindakan tegas.

Foto Ketua DPR AS Nancy Pelosi| news.detik.com


Karena presiden Cina "Xi Jinping" menduga kunjungan Pelosi hanya untuk meningkatkan ketegangan antara Cina dan Taiwan dan juga Amerika Serikat. Bagaimana pun Cina tetap mengklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya. Cina juga akan memberikan sanksi ekonomi terhadap Taiwan atas kunjungan ketua DPR AS tersebut.

Nancy Pelosi mengatakan jika ini adalah kewajiban Amerika untuk tampil membantu negara yang ingin berdemokrasi melawan negara-negara otokratis, oleh karena itu AS ingin membantu Taiwan untuk mendapatkan hak demokratisnya melawan Cina.

Imbas kedatangan Nancy Pelosi membuat Taiwan kini semakin was-was, mengingat pasukan Cina telah mengumumkan serangkaian operasi dan latihan militer di perbatasan ke Taiwan.

Foto presiden Cina Xi Jinping | theguardian.com


Militer Cina mengatakan akan melakukan serangkaian agresi militer di Taiwan baik itu lewat darat maupun lewat udara, Cina juga sudah memarkirkan truk pengangkut rudal jarak jauh.

Militer Cina mengatakan, jika mereka berencana akan melakukan latihan tembak langsung diperbatasan mulai dari hari Kamis sampai Minggu. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada hari Rabu pagi bahwa Cina telah mengirim 21 pesawat terbang ke Taiwan, termasuk 18 jet tempur. Sisanya termasuk pesawat peringatan dini dan pesawat tanpa awak.

Meskipun demikian, Taiwan tetap optimis dapat imbangi Cina dengan bantuan Amerika Serikat. Taiwan juga tidak akan takut dengan gertakan Cina dan pada akhirnya akan tetap mendeklarasikan Taiwan sebagai negara


Penulis: Sambelterasi052
Referensi: nytimes.com - After Pelosi’s arrival, China announced military drills in nearby waters.

Diubah oleh Sambelterasi052 04-08-2022 04:57
c2tama
pakisal212
indrastrid
indrastrid dan 13 lainnya memberi reputasi
12
6.3K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan