confusionjack
TS
confusionjack
Kalian Ganti Oli Motor Berdasarkan Hitungan Bulan atau Kilometer?
Halo gan!

Sebagai pengguna motor, pasti agan-agan sering ganti oli dong. Nah, ganti oli ini harus rutin setiap jangka waktu tertentu. Ada hitung-hitungannya agar oli bisa melumasi mesin dengan baik dan membantu performa motor ketika berjalan.

Selain untuk melumasi dan mengurangi gesekan antar parts di dalam mesin, oli juga berfungsi sebagai pendingin dan pembersih mesin. Jadi, oli itu punya peran yang penting banget dalam sebuah mesin. Makanya, kalo oli udah lama digunakan, komposisi di dalamnya udah gak bisa bekerja dengan baik dan gak bisa melumasi dengan optimal. Kalo oli kayak gitu dipaksakan dipake terus untuk mesin, yang ada mesinnya jadi cepat rusak.


https://websiteriau.co.id/wp-content...ic-Terbaik.jpg

Terus, kapan waktu yang tepat untuk ganti oli? Ngikutin hitungan bulan atau kilometer?

Untuk kalian yang biasa menggunakan motor di jalanan dengan kondisi lancar, tanpa macet, bisa menggunakan hitungan bulan. Biasanya sekitar 2-3 bulan sekali, oli harus diganti. Bahkan, ada yang ganti oli sebulan sekali, lho. Untuk yang motornya jarang dipakai juga biasanya menggunakan hitungan bulan ini. Walaupun motornya lebih sering diparkir di garasi dan kilometernya rendah, tetap harus ganti oli rutin. Kualitas oli dalam mesin bisa berkurang meski motor jarang digunakan. Jadi, jangan malas ganti oli, ya.


https://1.bp.blogspot.com/-PsbwS5fo-...-ganti-oli.png

Kalo motor kalian dipakai harian dan sering melewati jalan macet, sebaiknya menggunakan hitungan kilometer. Setiap 2000-4000 kilometer, oli motor harus diganti. Soalnya, motor yang sering dipakai jelas mesinnya menggunakan pelumasan lebih sering juga. Proses pelumasan ini akan membuat kualitas oli menurun lebih cepat. Jadi, jangan tunggu sekian bulan untuk ganti oli. Jika sudah mencapai 2000 kilometer (atau sesuai petunjuk/rekomendasi pabrikan motornya), segera ganti olinya. Biasanya kalo motor karbu di sekitar 2000 kilometer udah harus ganti oli. Sedangkan motor bermesin injeksi perlu mengganti oli setiap 3000 kilometer.

Untuk kalian yang menggunakan oli ester, oli bisa lebih tahan lama dan jangka waktu penggantian oli gak perlu sesering jenis oli lain. Oli ester diklaim bisa tahan hingga 5000 kilometer. Yang udah pernah pakai oli ester pasti tahu, jika ganti oli di 2000-3000 kilometer, oli esternya masih kental dan masih bagus meskipun warnanya sudah berubah. Tandanya oli masih layak dipakai. Memang beda dibanding jenis oli lain. Olinya lebih tahan lama, bikin tarikan enteng, dan minim getaran pada mesin motor. Salah satu oli ester yang terkenal di Indonesia tuh merek X-Ten yang suka ada di Planet Ban.

Selain ganti oli motor secara rutin, pastikan juga jenis olinya sesuai untuk tipe motor kalian, ya. Buat yang baru beli motor baru, jangan lupa dibaca dengan teliti petunjuk perawatannya. Di situ biasanya tercantum kapan harus ganti oli.

Jadi, kalian tim ganti oli berdasarkan waktu atau jarak tempuh nih gan?

Kuy diskusi di komentar
emoticon-Shakehand2
Diubah oleh confusionjack 03-08-2022 07:24
andrah.ajaagusrezapratam4zaka_rudin
zaka_rudin dan 19 lainnya memberi reputasi
20
9.4K
155
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan