mabuxtidaktelerAvatar border
TS
mabuxtidakteler
8 Manfaat Berenang Yang Bisa Bikin Badan Sehat

Sumber

Kamu suka berenang? Eits, renang itu bukan cuma nyebur dan basah-basahan aja lho. Ternyata nih renang itu punya banyak manfaat buat tubuh yang bisa bikin badan sehat. Kalo udah tahu manfaat-manfaatnya, dijamin deh kamu tambah semangat buat melakukan olahraga ini.

1.  Berumur Panjang

Yap, berenang memungkinkan kamu untuk berumur panjang lho. Menurut studi yang dilakukan oleh University of South Carolina, orang yang rutin berenang setiap hari memiliki kecenderungan lebih sehat dan tingkat kematiannya lebih rendah 50% dibandingkan orang yang nggak berenang. Bahkan, di United States Masters Swimming, ada kelas renang untuk kategori umur 100-104 tahun lho!


Sumber


2.  Berat Badan Ideal

Buat cewek-cewek yang mau langsing, nggak cuma diet yang harus kamu lakukan, tapi juga olahraga. Dan ternyata olahraga renang cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal lho. Dengan berenang selama satu jam, kamu bisa membakar 100-200 kalori.

3.  Mengencangkan Lengan Bergelambir

Mau mengecilkan lengan yang bergelambir? Renang bisa dijadikan solusi!  Dengan berenang, massa otot di belakang lengan (otot triceps) bisa mencapai 23,8% lho.

Konten Sensitif

Sumber


4.  Melatih Keseimbangan dan Kelenturan

Olahraga berenang bisa melatih kelenturan otot kaki dan tangan lho, Orang yang rutin berenang pasti juga memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang nggak berenang.

5.  Menyegarkan Pikiran

Kamu capek dan jenuh habis belajar seharian di sekolah? Coba deh langsung berenang di kolam! Kamu bisa menyegarkan tubuh dan pikiran lho. Soalnya, ketenangan air cukup bagus untuk kesehatan mental. Apalagi kalo kamu mulai menggerakkan tubuh untuk melepaskan tegangan otot atau sendi, badanmu akan merasa lebih fit dan bugar lagi.

Konten Sensitif

Sumber

6.  Kesehatan Jantung

Kondisi jantung bisa semakin kuat dengan olahraga renang nih. Soalnya, renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Sebuah penelitian membuktikan kalo orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa sebesar 18 %.

7.  Mengurangi Sesak Napas

Say bye to sesak napas kalo kamu rutin melakukan olahraga renang. Soalnya, renang sangat membantu melatih pernapasan sehingga paru-paru menjadi lebih sehat.

8.  Mengurangi Resiko Arthritis

Nggak tahu arthritis? Ini adalah peradangan yang membuat sendi jadi kaku. Nah, dengan berenang, kamu bisa menggerakkan semua bagian tubuh tanpa ketegangan pada sendi. Makanya, para ahli lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.

 

Jadi, kalo kamu belum bisa berenang, cepet belajar gih! Banyak manfaat yang bisa kamu dapat lho!


nih ane kasih buat penyemangat berenang 😋😋😋

Konten Sensitif


Konten Sensitif


Konten Sensitif


Konten Sensitif


emoticon-Bettyemoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty
aldo12
tololmenahun
davecchio
davecchio dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.5K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan