albyabby91Avatar border
TS
albyabby91
Ada-Ada Saja! Sempat Muncul Fenomena Flat Earth, Kini Ada Teori Bumi Berbentuk Donat
Ada-Ada Saja! Sempat Muncul Fenomena Flat Earth, Kini Ada Pula Teori Bumi Berbentuk Donat

Perdebatan mengenai bentuk bumi sebenarnya memang tidak pernah ada habisnya. Selama ini kita disuguhkan dengan pengetahuan bahwa bentuk bumi itu bulat. Sebagaimana saya dan GanSis semua dapatkan di pelajaran-pelajaran geografi waktu masih sekolah bahwa bumi itu bentuknya bulat. Bahkan saking kuatnya teori itu, untuk mempelajari tentang bumi ada alat peraga yang dinamakan "globe". Bentuknya juga bulat dan di globe tersebut dituliskanlah semacam peta bumi, lengkap dengan nama-nama negara dari 5 benua yang kita kenal sekarang. Sekedar merefresh ingatan kita sekalian, kelima benua yang kita pernah pelajari itu diantaranya Asia, Afrika, Amerika, Australia dan Eropa.

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa kalangan yang menganggap teori tersebut meragukan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Mereka kemudian mengeklaim bahwa bentuk bumi sebenarnya bukanlah bulat melainkan datar. Mereka yang berasal dari berbagai macam latar belakang ini kemudian mengeklaim diri mereka (yang kemudian menjadi populer) dengan sebutan penganut flat earth. Mereka bahkan melakukan semacam eksperimen-eksperimen dan melahirkan teori baru yang memperkuat anggapan mereka bahwa apa yang kita kenal selama adalah tidak benar. Bumi tidak berbentuk bulat melainkan berbentuk datar. Diantara alasan-alasannya mereka berpendapat bahwa pendaratan Apollo di bulan adalah palsu, dilakukan oleh Hollywood dan didasarkan pada naskah buatan Arthur C. Clarke Mendengar hal ini, Clarke mengirim surat lelucon pada kepala administrator NASA yang berisi pernyataan bahwa dia belum dibayar atas karyanya yang digunakan oleh NASA. Jadi semua hal tentang teori bumi bulat itu adalah hanya rekayasa NASA saja. Para penganut teori bumi datar ini sebenarnya tidak satu suara dalam mengemukakan pendapatnya. Mereka mempunyai teori yang berbeda-beda, tergantung pada organisasi apa mereka bergabung. Pada akhirnya, kelompok flat earth ini kurang berkembang dan mulai meredup. Meskipun demikian, beberapa bagiannya masih sering muncul dan menjadi wacana dalam masa-masa tertentu saja.

Sebuah teori baru yang paling sensasional adalah bahwa bumi itu tidak berbentuk bulat maupun datar. Tetapi bentuknya menyerupai kue donat yang terdapat lubang di tengahnya. Teori ini pertama kali dimunculkan pada 2012. Seorang penganut paham bumi datar di forum Flat Earth Society dengan nama Varuag menyampaikan pandangannya bahwa Bumi sebenarnya tidak berbentuk bulat, atau datar, melainkan seperti donat. Dia kemudian memberikan penjelasannya. Menurutnya, gelombang cahaya dipantulkan di atmosfer seperti juga gelombang radio, sehingga cahaya juga bergerak naik turun seperti gelombang. Karena itulah, meski Bumi berbentuk donat, lubang di tengah tidak terlihat oleh manusia. Tentu saja, teori ini langsung saja ramai-ramai dibantah oleh banyak pihak dan menganggap apa yang disampaikan oleh Varuag itu hanyalah imajiasi semata.

Ada-ada saja yaa GanSis. Bisa saja akan muncul lagi teori baru bumi berbentuk pisang atau kue dadar kedepan. Nah, bagaimana menurut GanSis semua? Silahkan berikan pendapat kalian di kolom komentar yaa. See you on the next thread

***
Sumber Pendukung :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Orga...asi_Bumi_Datar

https://news.okezone.com/amp/2021/08...i-donat?page=2
screamo37
gustiarny
penikmatbucin
penikmatbucin dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.6K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan