koyowongjowoAvatar border
TS
koyowongjowo
Saham Twitter Anjlok Setelah Batal Dibeli Elon Musk, Ketahui Korelasinya!



Hai agan dan sista penduduk kaskus!

Baru baru ini telah beredar kabar bahwa elon musk batal membeli saham twitter. Alasannya karena banyak akun palsu sehingga menyalahi ketentuan perjanjian. Batalnya pembelian ini berdampak pada turunnya harga saham twitter hingga 6 persen.

Wah! Ternyata pengaruh dari orang terkaya nomer satu di dunia ini nggak main main ya gansis?. Tapi sebenarnya apa ya hubungannya antara pembatalan pembelian elon musk dengan turunnya harga saham twitter?

Mengutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id :

"Penyebab naik turun harga saham juga bisa disebabkan karena manipulasi pasar. Manipulasi pasar biasanya dilakukan investor-investor berpengalaman dan bermodal besar dengan memanfaatkan media massa untuk memanipulasi kondisi tertentu demi tujuan mereka, baik menurunkan maupun meningkatkan harga saham."

Jadi di dalam dunia bursa saham, naik atau turunnya harga saham dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Baik itu faktor eksternal, maupun faktor internal.

Faktor eksternal, dapat berupa kondisi fundamental ekonomi makro, fluktuasi kurs rupiah terhadap mata uang asing, kebijakan pemerintah, faktor panik, dan faktor manipulasi pasar.

Sedangkan faktor internal meliputi faktor fundamental perusahaan, aksi korporasi perusahaan, dan proyeksi kinerja perusahaan pada masa mendatang.

Kembali membahas masalah turunnya harga saham twitter. Sebelum saham twitter anjlok, elon musk telah lebih dulu meminang harga saham twitter untuk dibeli dengan harga USD 44 miliyar.

Namun di kemudian hari, bos tesla elon musk membatalkan kesepakatan pembeliannya dengan dalih bahwa twitter telah menyesatkan para investor dan pengguna perihal akun palsu yang ada di dalam platform twitter.

Kejadian inipun langsung mengakibatkan turunnya kepercayaan calon investor dan berbuntut pada anjloknya harga twitter di angka 6 persen.

Melihat dari kronologi seperti yang tersebut diatas, bisa dikatakan jika kejadian ini adalah salah satu bentuk dari upaya manipulasi pasar. Yang tentu saja telah menjadi bukti atas adanya hubungan yang erat antara peristiwa turunnya harga saham twitter dengan tindakan pembatalan pembelian saham yang dilakukan oleh elon musk.

Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dikutip dari cnnindonesia.com :

"Analis dari Hargreaves Lansdown, Susannah Streeter, menganggap ancaman pembatalan kesepakatan yang berulangkali dilakukan Musk adalah upayanya untuk menurunkan harga pembelian Twitter"

Namun yang harus diingat, bahwa dampak dari manipulasi pasar ini biasanya tidak akan bertahan lama. Karena pada akhirnya fundamental perusahaan yang tercermin dalam laporan keuanganlah yang akan mengambil kendali terhadap tren harga saham.

Sekian thread singkat dari TS yang sangat jauh dari kata sempurna ini.

Dan tentu saja Ts juga sangat membuka diri atas adanya masukan atau tanggapan dari agan sista sekalian!

Akhir kata, terimakasih sudah mampir ke thread ini!


emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi emoticon-Nyepi



Referensi :
1, 2

Sumber gambar :
Google
ungkemr
ungkemr memberi reputasi
22
9.4K
184
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan