masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Orang Tua Wajib Tahu, Ini Bahaya Melindungi Anak Dalam Kesalahan yang Dibuat
Tidak peduli anak salah selalu dibela dan dilindungi?
Ini yang akan terjadi pada anak-anak kalian


Menjadi orang tua memang bukan sebuah peran yang mudah, tidak dapat diajarkan secara tertulis dan harus belajar dengan berjalannya waktu karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda yang juga beda dalam memperlakukannya.

Ada anak yang mudah untuk dinasihati hanya dengan omongan sekali dua kali, tetapi ada juga anak yang harus berkali-kali dinasihat dan ditegur bahwa apa yang mereka lakukan salah baru bisa paham dan patuh terhadap aturan.

Di masa dan usia balita kemungkinan kenakalan yang dilakukan hanya seputar merengek meminta mainan atau berkelahi dengan teman sepermainan untuk masalah kecil, tapi saat mereka sudah tumbuh menjadi remaja atau dewasa maka kenakalan yang lain akan mereka kenal dan orang tua harus lebih ekstra dalam menjaga, menasehati dan menegur jika mereka salah dan sudah diluar batas.

Adapun yang menjadi pertanyaan disini bagaimana jika seorang anak melakukan kesalahan besar dan sudah melibatkan orang lain sebagai korban, apakah orang tua boleh melindungi anak yang melakukan kesalahan fatal?




Sebagaimana contoh kasus yang tengah menghebohkan media sosial, dimana seorang Kyai pengurus salah satu pondok di Jombang Jawa Timur yang melindungi anaknya yang merupakan tersangka atas kasus pelecehan seksual terhadap seorang santri di tahun 2019.

Sosok Kyai ini menjadi sorotan karena secara tegas meminta Polisi tidak menangkap anaknya karena menurut sang Kyai tuduhan yang ditujukan pada anaknya adalah fitnah.

Lalu apakah dibenarkan jika pun itu fitnah lantas menyembunyikan dan seolah-olah melindungi anaknya yang menjadi terduga pelaku pelecehan seksual?

TS pribadi tidak bisa memberikan penilaian apakah yang dilakukan oleh Kyai tersebut benar atau salah, tetapi untuk resiko dan bahaya melindungi anak dalam kesalahan, berikut ini beberapa diantaranya.




1. Merasa Benar

Saat orang tua melakukan pembelaan terhadap anak bahkan ketika anak melakukan kesalahan dan merenggut hak orang lain maka ini akan membuat anak terdidik merasa benar dengan apa yang mereka lakukan.

Orang tua yang seharusnya menjadi guru yang mengajarkan baik dan buruk akan sangat memberikan dampak negatif saat buruk tidak dijelaskan dampak dan resikonya, dan kebaikan tidak diajarkan dengan tepat.

2. Tidak Bertanggungjawab

Saat anak sudah merasa paling benar sendiri dengan apa yang mereka lakukan karena orang tua tidak pernah menegur atau bahkan membela saat ada orang yang menegur karena anaknya salah maka siap-siap Agan Sista akan memiliki anak yang tidak mempunyai rasa tanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan.

Anak-anak yang tidak memiliki rasa dan sikap tanggung jawab akan selalu lari dari kenyataan bahkan cenderung menjauhi masalah yang dibuatnya sendiri.

3. Melatih Menjadi Pecundang

Melindungi anak saat mereka melakukan kesalahan adalah cara untuk menjadikan anak sebagai seorang pecundang.
Secara tidak sadar pembelaan-pembelaan yang orang tua berikan kepada anak saat si anak melakukan kesalahan akan dijadikan tameng oleh si anak sampai akhirnya orang tualah yang harus menyelesaikan semua persoalan atau permasalahan yang dibuat oleh anak mereka.

4. Menanamkan Bibit Penjahat

Selalu memberikan pembelaan terhadap anak bahkan ketika anak melakukan kesalahan fatal merupakan proses menanamkan bibit penjahat secara tidak langsung GanSis.

Anak kalian akan merasa bahwa mereka aman untuk melakukan apapun, orang tuanya tidak menuntut mereka menjadi baik sehingga membawa anak kepada sesuatu yang sangat buruk mulai dari pergaulan bebas dan yang lainnya.

Itulah GanSis beberapa bahaya yang dapat dialami oleh anak saat orang tuanya selalu melakukan pembelaan dan melindungi anak mereka yang melakukan kesalahan.

Tidak sepatutnya sebagai orang tua melindungi anak saat mereka berbuat salah. Akan sangat lebih bijak jika orang tua memberikan nasehat yang baik agar si anak tidak melakukan kesalahan tersebut kembali dan mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


Konten Sensitif


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
screamo37
screamo37 memberi reputasi
44
14.4K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan