ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Poly Network, Pencurian Koin Kripto Terbesar Dalam Sejarah

Pada 10 Agustus 2021, perusahaan Poly Network, sebuah perusahaan yang berfokus pada pertukaran koin kripto antara blockchain yang berbeda, membuat pengumuman yang mengejutkan di twitter. Dalam pengumuman tersebut, secara mengejutkan mereka memohon kepada seorang peretas, untuk mengembalikan koin kripto yang bernilai jutaan, yang telah dia curi dari mereka.

Misteri Terowongan Kiyotaki

Berdasarkan keterangan yang telah dicatat, perusahaan Poly Network hampir kehilangan $610 juta koin kripto yang telah ditarik dari jaringan Polygon, Binance Smart Chain dan Ethereum. Tak lama setelah itu, peretas menghubungi perusahaan Poly Network dan memulai mengembalikan sebagian koin kripto yang hilang, dia mengklaim bahwa sama sekali tidak tertarik dengan uang. Hampir setengah dari koin kripto yang dicuri dikembalikan dalam beberapa jam.

Orang yang bertanggung jawab yang meretas perusahaan Poly Network dijuluki Mr. White Hat, yang mengacu pada kelompok atau individu yang dikenal sebagai peretas yang baik. Sedikit demi sedikit, Mr. White Hat mengembalikan semuanya dan dia menolak untuk mengambil, menyimpan atau apa pun yang diperolehnya secara ilegal. Beberapa orang bertanya-tanya apa maksud dari perampokan itu, Mr. White Hat menjawab bahwa dia melakukannya hanya untuk bersenang-senang. Dia berharap perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang online perlu belajar sesuatu dari semua kerentanan yang ada di pada sebuah sistem.


Segera, perusahaan Poly Network mulai bekerja sama dengan beberapa perusahaan keamanan siber untuk memperkuat protokol dan mencegah agar serangan serupa tidak terjadi lagi. Perusahaan Poly Network tidak menuntut secara hukum ataupun melakukan investigasi terhadap identitas peretas yang sebenarnya, meskipun dia telah melakukan pencurian koin kripto terbesar dalam sejarah.

Mereka berniat memintanya untuk bekerja sama dengan mereka sebagai petugas keamanan siber. Meskipun Mr. White Hat tidak menerimanya. Kejadian tersebut mengungkapkan kekurangan dan risiko besar yang terlibat dalam dunia cryptocurrency, di mana semua koin kripto dapat hilang jika terjadi pencurian ataupun penipuan.


Perusahaan Poly Network secara terbuka berterima kasih kepada Mr. White Hat atas kontribusinya untuk meningkatkan sistem keamanan perusahaan. Bahkan mereka mengirim pesan kepada peretas, menawarkan hadiah $500.000 sebagai tanda penghargaan karena mengembalikan dana yang telah dicuri. Namun, Mr. White Hat menolak hadiah itu dan menyatakan bahwa tindakannya tidak termotivasi oleh uang.

Dengan terjadinya situasi tersebut, komentar para netizen terpecah menjadi dua. Ada yang menyadari bahwa dalam serangan itu telah menampakkan sistem keamanan yang masih rentan terhadap serangan siber. Di sisi lain, beberapa orang tidak menganggap bahwa Mr. White Hat benar-benar mengembalikan apa yang dia curi sebagai perbuatan baik.


Mereka percaya Mr. White Hat tidak dapat mencairkan koin kripto yang dicuri, maka dari itu dia tidak punya cara lain selain mengembalikannya dan dengan cara ini dia mendapatkan citra penyelamat. Beberapa pihak menganggap bahwa kejadian itu adalah settingan yang sangat sukses. Baik perusahaan maupun pernyataan Mr. White Hat adalah sebuah tipuan yang dibuat oleh pengembang proyek yang ingin menarik perhatian komunitas kripto.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
Diubah oleh ashibnu 21-06-2022 03:46
fachri15
rifaye
emineminna
emineminna dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.8K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan