cintadine
TS
cintadine
Ini yang Akan Terjadi Jika RI Buka Hubungan Diplomatik Dengan Israel, Menguntungkan?


Hingga saat ini kita tahu kalau Indonesia tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Alasannya karena Indonesia termasuk dalam negara yang "menghormati" kedaulatan Palestina dan juga wasiat dari pendiri bangsa. Ya, Sejak rezim Soekarno, Indonesia sudah tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel bahkan pada Asian Games 1962 di Jakarta, Presiden Soekarno langsung mendepakIsrael dan tak boleh ikut serta dalam ajang tersebut. Itu adalah awal Israel "diusir" dari kawasan Asia dan akhirnya tak pernah ikutan Asian Games lagi.

Pertanyaannya, bagaimana kalau suatu saat Indonesia akhirnya membuka hubungan diplomatik dengan Israel? Tentunya akan sulit karena akan banyak pihak yang menentang dan akan terjadi dinamika politik yang rumit. Tapi bagaimana jika itu benar-benar bisa terjadi?

Memudahkan Banyak Hal


Dengan dibukanya hubungan diplomatik dengan Israel, otomatis ada perwakilan atau duta besar Indonesia di Israel. Akan ada kemudahan di sini dan salah satunya adalah lebih banyak orang Indonesia yang berwisata dan berziarah ke Israel. Tidak menutup kemungkinan akan banyak travel vlogger yang mengeksplorasi berbagai kawasan Israel.

Kemudian pengusaha dan orang-orang kaya Israel akan berinvestasi di Indonesia dan akan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Akan Banyak Pelajar Indonesia Kuliah di Israel

Israel adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik dan akan seperti negara maju lainnya, Israel akan menjadi salah satu tujuan pelajar Indonesia berprestasi untuk melanjutkan kuliah di sana. Bukan tidak mungkin ada program beasiswa bagi para pelajar Indonesia berprestasi di sana.

Mulai dari beasiswa cakupan penuh, pertukaran pelajar, bantuan riset, hingga penawaran kerja sama yang tentu saja akan sangat menguntungkan.

Salah satu perguruan tinggi terkenal di Israel adalah Universitas Ibrani Yerusalem.

Apakah Memungkinkan?



Banyak sebenarnya keuntungan jika Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Israel, tapi seberapa besar peluang Indonesia untuk bisa "berteman" dengan Israel? Sayangnya untuk saat ini nyaris mustahil.

Pertama Indonesia tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam bersama dengan negara lainnya termasuk Palestina.

Kedua, Indonesia adalah negara berpenduduk muslim sekitar 207 juta jiwa.

Ketiga, tentu saja adalah anti-semitisme yang sangat tinggi di Indonesia dan mengecam zionisme termasuk para pejabat sendiri.

Lalu apakah, penting kita punya hubungan diplomatik dengan Israel? Meskipun punya banyak keuntungan sayangnya justru tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan dampak konsekuensi yang akan ditimbulkan seperti instabilitas dan keamanan dalam negeri.



Akan ada demo besar-besaran dari yang anti Israel. Israel sendiri akan berpikir dua kali untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia karena akan berpotensi diserang oleh kelompok yang tak senang dengan mereka. Ingat, anti-semit di negeri ini sangatlah tinggi.

Kemudian Indonesia juga akan dicap pengkhianat oleh anggota OKI lainnya, pemerintah dianggap mengingkari wasiat pendiri bangsa, dan juga para oposi dan DPR akan terus mengkritik pemerintah. Negeri jiran akan menyindir dan menggoreng ini habis-habisan kalau Indonesia adalah musuh Palestina. Ya, begitulah.

Artinya, akan cukup banyak keuntungan kalau Indonesia punya hubungan diplomatis tapi itu nyaris mustahil dan tidak sebanding dengan konsekuensi yang ada. emoticon-Ultah

Referensi

emineminnajerom20ibelindua
ibelindua dan 16 lainnya memberi reputasi
13
4.2K
77
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan