kaum.milenialAvatar border
TS
kaum.milenial
Protes Murid TK Berbuah Manis, PT KCIC Benahi Saluran Air Penyebab Banjir
Protes Murid TK ke Proyek Kereta Cepat Berbuah Manis, PT KCIC Benahi Saluran Air Penyebab Banjir



BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) berjanji bakal membenahi kerusakan akibat banjir yang disebabkan proyek pembangunan jalur kereta cepat di Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Sebelumnya, daerah itu sering diterjang banjir sejak awal pengerjaan proyek pembangunan tiang elevated jalur kereta cepat dua tahun lalu.

Banjir itu semakin sering terjadi sehingga terjadilah banjir besar sampai memutus akses sekolah TPA dan RA Nurul Azmi.

Setelah dilakukan pemeriksaan, banjir itu disebabkan oleh menyempitnya saluran air lantaran terdampak proyek kereta cepat, volume air yang tidak tertampung dengan baik akhirnya meluap dan masuk ke bangunan sekolah.

GM Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry mengatakan, PT KCIC beserta kontraktor sudah meninjau ke lokasi terdampak banjir.

"Kami dari KCIC berusaha untuk memberikan penekanan dan penegasan kepada kontraktor untuk selalu memperhatikan aspek yang mungkin timbul (terutama) dari aspek Amdalnya. Kami bersama tim kontraktor sudah melaksanakan join inspection untuk melihat kondisinya," kata Rahadian, Jumat (17/6/2022).



Saat ini, PT KCIC dengan kontraktor bersinergi membentuk tim untuk memperbaiki saluran air yang menjadi sumber penyebab terjadinya banjir.

Mereka bakal melebarkan dan menggunakan gorong-gorong agar air bisa tertampung sehingga tersalurkan dengan baik.

"Jadi sekali lagi, ini bukan sesuatu yang kami diamkan saja. Kami follow up dan kami tindak lanjuti dengan membentuk tim joint inspection. Beberapa hari ini, mulai hari kemarin saya mendapat laporan sudah mulai dipasang gorong-gorong di beberapa lokasi," ujar Rahadian.

Gorong-gorong ini diharap bisa menjadi jawaban atas protes siswa-siswi RA Nurul Azmi yang menuntut adanya perbaikan saluran air beberapa waktu lalu.

"Harapannya dengan pemasangan gorong-gorong ini, saluran air yang melintas di area tersebut akan lebih teratur tersalurkan sehingga banjirnya tidak terjadi lagi," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Protes Murid TK ke Proyek Kereta Cepat Berbuah Manis, PT KCIC Benahi Saluran Air Penyebab Banjir", Klik untuk baca: https://bandung.kompas.com/read/2022...enahi-saluran.
Penulis : Kontributor Bandung Barat dan Cimahi, Bagus Puji Panuntun
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Hebat sekali adik2 ini peduli lingkungan emoticon-thumbsup
0
580
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan