masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tertangkap Zina Dihukum Diarak Keliling Kampung, Apakah Manusiawi dan Ada Efek Jera?
Konten Sensitif
Hukuman diarak keliling kampung masih digunakan untuk muda-mudi yang tertangkap zina, apakah itu manusiawi?


Arak-arakan keliling kampung biasanya dilakukan saat diadakannya sebuah acara baik itu festival, hari raya, atau kunjungan kerja pemimpin suatu daerah. Namun perlu Agan dan Sista ketahui, ternyata selain digunakan untuk hal-hal tersebut arak-arakan atau "diarak" juga dapat digunakan sebagai sanksi sosial bagi masyarakat yang diketahui tertangkap basah zina atau mencuri.

Mungkin di film-film zaman dulu seringkali diperlihatkan dimana orang-orang yang melanggar hukum akan diberikan sanksi diarak keliling kampung. Faktanya sanksi hukum tersebut masih diterapkan sampai saat ini dan mengundang pro kontra di masyarakat yang mulai berpikiran modern.

Dilansir dari akun Instagram @ndorobei.official, dibagikan sebuah video sepasang muda-mudi yang diarak keliling kampung karena tertangkap basah melakukan zina.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Tik Tok @sutriah023, dengan penjelasan bahwa muda-mudi tersebut tertangkap basah zina oleh warga dan kemudian dihukum diarak keliling kampung dengan dikalungi kardus bertuliskan pelaku zina.




Hukuman diarak keliling kampung tersebut pun mengundang komentar pro kontra tanggapan warganet. Tidak sedikit netizen yang merasa bahwa hukuman yang diberikan tersebut sangat tidak layak karena hanya mempermalukan pelaku zina tanpa memberikan efek jera sedikitpun.

Seseorang yang telah tertangkap berzina mereka akan tetap melakukan zina secara sembunyi-sembunyi meskipun sebelumnya telah diarak keliling kampung sebagai hukuman dari masyarakat.

Menurut ane pribadi memang hukuman diarak keliling kampung untuk pelaku zina atau pelaku pencurian memang sedikit kurang pantas GanSis.
Hal ini dapat terjadi karena masyarakat di era modern berbeda dengan masyarakat zaman dulu.

Di era modern masyarakat lebih kebal terhadap rasa malu, dan lebih takut untuk bertanggung jawab secara hukum dibandingkan hanya sanksi sosial saja.

Adapun alasan yang membuat hukuman ini tidak pantas dan kurang berfaedah adalah sebagai berikut.




1. Tidak Manusiawi

Mempermalukan orang lain dengan cara menelanjangi dan mengarak pelaku zina di hadapan masyarakat banyak atau keliling kampung tentu bukan tindakan manusiawi GanSis.

Akan sangat lebih pantas jika pelaku zina disidang secara kekeluargaan dengan mendatangkan dari kedua keluarga pelaku untuk mendapatkan solusi apakah pelaku ini akan dinikahkan atau ada keputusan lain yang lebih baik.

2. Tidak Ada Efek Jera

Pelaku zina dapat dikatakan adalah orang-orang yang sudah tidak mempunyai rasa malu, jadi percuma hukuman diarak keliling kampung yang memiliki tujuan untuk mempermalukan pelaku karena memang mereka tidak akan malu atau jera terhadap hukuman yang diberikan.

Meskipun hukuman diarak keliling kampung telah diberikan kemungkinan besar pelaku akan tetap zina dengan cara yang lebih rapih agar tidak ketahuan selama memang belum dinikahkan.

3. Mempertontonkan Ketidaklayakan

Melakukan arak-arakan untuk pelaku zina apakah dapat digolongkan kedalam sebuah kelayakan?

Tentu saja tidak GanSis. Selain seperti yang telah ane jelaskan yaitu tidak manusiawi, mengarak dan membuka aib orang bukanlah sebuah kebenaran meskipun benar-benar terjadi bahwa pelaku melakukan tindakan yang tidak terpuji.

4. Main Hakim Sendiri

Meskipun tidak dalam bentuk kekerasan fisik namun mengarak pelaku zina keliling kampung juga bisa disebut sebagai tindakan main hakim sendiri.

Saat Agan dan Sista memang mengetahui atau menangkap basah muda-mudi mesum maka segeralah melapor ke perangkat kampung atau ke pihak yang berwajib untuk dicarikan solusi terbaik untuk itu sanksi hukum atau jalan kekeluargaan dengan menikahkan kedua pelaku, karena memang menikahkan pelaku zina adalah keputusan yang paling tepat.

sumber gambar

Itulah tadi GanSis alasan kenapa mengarak keliling kampung pelaku zina tidak layak dilakukan dan tidak berfaedah.

Mudah-mudahan kedepannya tidak ada lagi hukuman-hukuman yang seperti ini karena memang sanksi sosial yang tidak tepat hanya akan mengajarkan sebuah kebar-bar atau keberingasan di tengah masyarakat.

Memberikan hukuman kepada orang yang bersalah tentu memang sangat diperlukan, tapi hanya hukuman yang tepatlah yang dapat dijadikan sebagai pelajaran.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
masboeing
apawaal
jiresh
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
6
5.6K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan