masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Zinidin Zidan dan Tri Suaka Terancam Denda 10 M, Pahami Aturan Cover Lagu Musisi Lain
Sudah jatuh tertimpa tangga, Tri Suaka dan Zinidin Zidan terancam didenda 10 M karena cover lagu milik Erwin Agam tanpa izin


Masalah yang bertubi-tubi tengah dihadapi oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan setelah video parodi beberapa musisi beredar di media sosial.

Setelah beberapa waktu lalu terlibat masalah dengan Andika Kangen Band dan mendapatkan somasi terbuka, kini Tri Suaka dan Zinidin Zidan dikabarkan dituntut oleh seorang musisi yang lagu-lagunya dicover tanpa izin oleh mereka berdua.

Disampaikan oleh Arianto kuasa hukum dari Erwin Agam bahwasanya Tri Suaka dan Zinidin Zidan telah melanggar aturan. Saat beberapa artis dan penyanyi meminta izin dan kerja sama secara langsung kepada Erwin Agam saat akan meng-cover lagu miliknya, diketahui Tri Suaka dan Zinidin Zidan tidak melakukan hal tersebut.

Erwin Agam bersama dengan Advokasi Forum Komunikasi Artis Minang Melayu Indonesia (FORKAMI) sebelumnya telah menghubungi Tri Suaka dan Zinidin Zidan melalui pesan DM dan email untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan. Namun menurut Arianto itikad baik Erwin Agam tidak ditanggapi dan itulah sebabnya FORKAMI atas perintah Erwin Agam melaporkan Tri Suaka dan Zinidin Zidan ke Polisi dengan laporan perdana dan gugatan perdata di pengadilan niaga.




Adapun lagu milik Erwin Agam yang dicover oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan adalah lagu Emas Hantaran dan Luka Sekarat Rasa. Lagu tersebut dicover oleh Zinidin Zidan sebanyak 5 kali dan diunggah ke 6 YouTube sampai mendapatkan views kurang lebih 10 juta.

Tri Suaka dan Zinidin Zidan terancam melanggar Undang-undang Hak Cipta karena memakai lagu milik musisi lain tanpa izin (pembajakan). Atas tuntutan tersebut Tri Suaka dan Zinidin Zidan dapat dikenakan ancaman hukuman 8 tahun penjara dan denda 1 miliar lebih lebih.

FORKAMI mewakili beberapa musisi dan artis pencipta lagu melayu meminta Tri Suaka dan Zinidin Zidan untuk membayarkan royalti yang menjadi hak musisi yang lagunya dicover dan mereka berdua mendapatkan keuntungan atas cover lagu tersebut.




Dari kejadian ini kita dapat mengambil beberapa pelajaran untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian kedepannya GanSis.

Bagi para penyanyi yang meng-cover lagu dari musisi lain diharapkan untuk melakukan beberapa hal agar tidak dituntut dan berhubungan dengan kasus hukum karena melanggar aturan.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para artis dan penyanyi pengcover lagu.


1. Meminta Izin

Meminta izin kepada penyanyi atau musisi pencipta lagu yang asli saat akan mengcover lagu ini hukumnya adalah wajib GanSis. Selain sebagai bentuk menjaga adab yang baik, meminta izin secara langsung adalah salah satu point penting agar Agan dan Sista tidak dianggap melanggar hak cipta. Saat musisi pencipta lagunya atau penyanyi aslinya telah mengizinkan maka Agan dan Sista dapat mengcover lagu mereka.

2. Bekerjasama

Selain izin tentu juga ada perjanjian kerjasama antara penyayi cover dan musisi pencipta lagunya GanSis.
Kerjasama ini biasanya berisi tentang pembagian hasil atau royalti untuk lagu yang dicover di platform berbayar dan menghasilkan pundi-pundi uang dari views (adsense).

Tentu perjanjian ini wajar dilakukan GanSis, karena menciptakan lagu yang bagus itu membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran. Jadi sebagai bentuk apresiasi maka royalti wajib dibayarkan.

3. Menuliskan Credits Pencipta Lagu

Menuliskan credits pada judul dan deskripsi lagu yang dicover ini juga sangat penting GanSis.

Tujuannya adalah agar penikmat lagu tersebut tahu bahwa lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi tersebut adalah lagu milik musisi yang namanya dituliskan di dalam credits judul dan deskripsi.

sumber gambar

Oke GanSis mudah-mudahan dari kejadian ini kita semua khususnya para penyanyi yang dikenal karena cover lagu dapat mengambil pelajaran yaitu untuk menghargai karya orang lain dengan meminta izin dan membayarkan hak-hak mereka.

Jika memang merasa itu tidak adil maka para penyanyi cover lagu tersebut bisa berhenti menyayikan lagu milik musisi lain karena itu juga tidak adil bagi pencipta lagunya saat lagu yang dibuat dinyanyikan orang lain dan mendapatkan banyak keuntungan.

Semoga kedepannya banyak artis dan penyanyi yang mulai sadar akan hak dan kewajibannya agar tidak lagi merugikan antara satu sama lain.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
vickyfo
priasolehiki
Seno312
Seno312 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
20.1K
213
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan