cintadineAvatar border
TS
cintadine
Alasan Kenapa Netizen Sering Menyebut Nama Indonesia Menjadi Wakanda

Beberapa tahun yang lalu, netizen Indonesia sering menyebut nama Indonesia dengan julukan negara berflower atau negara +62. Kalau negara berflower artinya negara berkembang di mana di Indonesia sering kali terjadi hal-hal yang sering ada di negara yang belum maju seperti contohnya kualitas SDM dan literasi yang rendah. Kemudian ada istilah +62 yang merupakan kode telepon Indonesia di dunia internasional.

Nah, kalau akhir-akhir ini netizen Indonesia sering memparodikan nama negara sendiri menjadi Wakanda. Ya, Wakanda adalah negara fiksi dalam film Marvel Cinematic Universe, sebuah negara di Afrika yang tersembunyi tapi sebenarnya sangat maju dan kaya raya. Wakanda ini mempunyai raja yang juga menjadi Black Panther.

Pertanyaannya, kenapa netizen Indonesia doyan menyebut negara sendiri menjadi Wakanda, karena Wakanda adalah negeri yang makmur dan maju dan Indonesia tidak?

1. Kesalahpahaman

Wakanda adalah negara fiksi di benua Afrika yang sebenarnya kaya raya namun masih memegang teguh tradisi dan adat istiadat leluhur. Karena itulah netizen Indonesia banyak yang salah paham dan mengira kalau Wakanda adalah negara terbelakang, mungkin karena sudah terpengaruh citra negara-negara Afrika yang kebanyakan masih menjadi negara miskin. Tidak semua netizen Indonesia menggemari Marvel dan tidak mencari tahu apa sebenarnya Wakanda itu.

Justru Indonesia lebih masuk akal apabila dimiripkan dengan Sokovia, sebuah negara fiksi di Eropa yang merupakan negara gagal. Ya, negaranya Wanda Maximoff dan Helmut Zemo yang dulunya dilanda peperangan dan kekacauan. Namun, nama Wakanda di Indonesia lebih populer ketimbang Sokovia.

2. Menghindari UU ITE

Istilah Wakanda sering muncul di timeline sosial media untuk mengkritisi sesuatu yang dirasa memuakan dan janggal. Seperti misalnya masalah hukum dan politik. Contohnya ada korban begal yang malah dijadikan tersangka maka akan keluar guyonan, "Dia yang dibegal, dia yang dipenjara, ada-ada saja negara Wakanda ini."

Ungkapan di atas akan menjadi riskan jika terang-terangan langsung menggunakan nama Indonesia karena berpotensi melanggar UU ITE atas dasar ujaran kebencian terhadap penegak hukum. Selain Wakanda, istilah lainnya juga muncul seperti "Irlandia", dan "Gotham City".

3. Nama Wakanda Begitu Populer

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, nama Wakanda jelas sangat populer di kalangan orang Indonesia walaupun bukan fans Marvel sekalipun. Ini dikarenakan kesuksesan film Black Panther di tahun 2018 yang lalu. Terkadang di timeline Twitter agak risih juga ada Tweet yang masuk dalam topik Marvel Universe tapi isinya tidak nyambung dan hanya mencatut nama Wakanda. Hal tersebut sering dilakukan oleh netizen yang oposisi maupun yang pro terhadap pemerintah.


Nah, gan itulah alasannya kalau menurut ane. Kalau menurut agan? emoticon-Big Grin

Wakanda Forever emoticon-Belgia

Referensi


goeltom25338186
prabas
Aramina
Aramina dan 21 lainnya memberi reputasi
22
23.3K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan