zatilmutie
TS
zatilmutie
10 Resep Olahan Turubuk Yang Wajib Gansis Coba Di Rumah!


Assalamualaikum gansis.


Kali ini saya menyapa kembali para pecinta kuliner nusantara. Agan sista tentu memiliki menu tradisional khas yang sudah turun temurun diwariskan oleh para nenek moyang kita. Tak heran jika dari satu bahan masakan bisa melahirkan puluhan resep.


Turubuk: dokpri

Kali ini saya akan menyajikan referensi kuliner berbahan lokal yang mungkin di beberapa daerah belum terlalu dikenal. Di dalam budaya sunda tanaman sayur yang satu ini disebut turubuk, sedangkan penyebutan untuk daerah lain ada yang mengenal dengan istilah terubuk,terubus, tebu telur, tiwu endog dll.

Turubuk sangat mudah untuk diolah dan rata-rata bisa dimasak dengan minyak yang sedikit. Jadi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol, menghindari obesitas juga tentunya.

Ok tanpa perlu berlama-lama, kita bahas menu berbahan turubuk ini satu persatu.

1. Cobek turubuk


Dokpri

Cobek dalam istrilah sunda adalah sambal yang bahan utamanya direbus atau dikukus. Dalam hal ini turubuk dikukus dulu baru dicampur bumbu; cabai rawit, kencur, bawang putih, garam dan penyedap. Setelah hancur lalu ditambahkan air panas.

2. Sayur lodeh turubuk


Gambar: Grup FB Bumbu warisan JLD

Turubuk memang cocok dengan kuah santan, rasanya lebih meresap dan lembut, untuk anda penyuka lodeh. Bisa menambahkan sayur ini dalam bahan lodeh. Dijamin lebih lezat deh!

3. Dadar turubuk


Dokpri

Turubuk memang gampang diolah karena teksturnya yang empuk dan berupa remahan halus. Bagi penyuka telur dadar. Menu dadar turubuk bisa dicoba untuk menambah citarasa. Dadar turubuk lebih manis dan gurih juga tidak tercium amis. Enak jika disantap bersama nasi hangat.

4. Tumis soun turubuk pedas




Tumis adalah menu hemat minyak dan bisa menjadi perpaduan aneka sayur dan bahan lainnya. Seperti tumis soun turubuk dengan citarasa pedas dari potongan cabe rawit merah juga sawi hijau.

5. Pindang turubuk


Dokpri

Pindang adalah salah satu resep memasak yang kuahnya lebih sedikit dengan tampilan warna kuning mencolok. Pindang juga gurih karena santan yang meresap pada turubuk ditambah pedas dari cabe merah besar yang dihaluskan.

6. Sayur turubuk petai pedas


Gambar: Grup FB Bumbu Warisan JLD

Siapa yang tak kenal dengan petai? Ya sayur dengan biji berbau khas ini sangat nikmat dipadukan dengan turubuk dan irisan cabe rawit. Sayur turubuk petai pedas begitu nikmat dinikmati bersama keluarga besar gansis.

7. Sayur turubuk santan


Dokpri

Berbeda dengan sayur lodeh yang berbahan aneka sayur. Sayur turubuk santan hanya berbahan turubuk dengan pelengkap potongan cabe keriting. Rasanya gurih pedas dengan kuah yang lezat.

8. Teri turubuk pedas


Gambar: grup FB Bumbu Warisan JLD

Pilihan menu lainnya yaitu sayur turubuk pedas ditambah teri. Perpaduan sayuran dan teri memang menghasilkan cita rasa yang khas dan menggugah selera.

9. Tumis turubuk kecombrang


Dokpri

Tumis turubuk dengan sensasi asam segar dan harum bunga kecombrang dipadu cabe keriting hijau dijamin membuat gansis kalap makan loh. Bunga kecombrang selain bumbu alami juga menambah citarasa unik pada masakan.

10. Pepes turubuk


Dokpri

Bagi yang suka pepes, turubuk ternyata bisa juga loh dipepes dengan menambahkan bumbu halus seperti cabai merah, kemiri, bawang putih dan ditambah kocokan telur ayam. Tambahkan daun kemangi. Hmmm, pokonya mantul.

Nah itulah referensi masakan dari bahan turubuk yang menyehatkan. Gansis bisa berkreasi menghasilkan menu lain yang lebih lezat. Turubuk berkhasiat :

Menurunkan LDL.

Menurunkan kadar Lemak.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Menambah Energi.

Kaya Akan Mineral.

Mengandung Fosfor.

Meringankan stress.

Mencegah Mata Silinder.

Nah bagaimana gansis? Tertarik memasak turubuk untuk menu buka atau sahur?

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di threat lainnya.

Opini pribadi
Referensi: google.com
Gambar: dokpri dan grup Bumbu Warisan JLD
Diubah oleh zatilmutie 04-04-2022 05:08
69banditosmakolaenyahernawati
enyahernawati dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6K
48
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan