masnukho
TS
masnukho 
Megawati Heran dengan Emak2 yang Hanya Tahu Menggoreng, Ini Cara-cara Masak yang Lain
Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri merasa heran dengan emak-emak yang antri minyak goreng dan hanya tahu cara menggoreng, ini dia beberapa cara masak yang lain


Mantan Presiden kelima RI yaitu Megawati Soekarnoputri beberapa hari yang lalu sempat viral saat melakukan webinar yang dilakukan oleh media nasional dengan tema "Cegah Stunting untuk Generasi Emas Indonesia".

Dalam acara tersebut Megawati Soekarnoputri mengaku mengelus dada dan merasa prihatin dengan ibu-ibu yang setiap hari antri minyak goreng.

Bukan perihal minyak goreng langka atau mahal, Megawati Soekarnoputri lebih ke mempertanyakan apakah para emak-emak ini hanya mengetahui cara memasak dengan menggoreng karena menurut Megawati Soekarnoputri ada cara memasak yang kaun seperti direbus, dikukus, atau mentah seperti rujak.

Statement dan pertanyaan dari mantan Presiden RI kelima tersebut pun mendapatkan pro kontra di tengah masyarakat. Tidak sedikit netizen yang memberikan tanggapan atas apa yang diungkapkan oleh Megawati Soekarnoputri.




Membahas apa yang diungkapkan oleh ibu Megawati Soekarnoputri perih tentang cara memasak, memang di Indonesia sendiri mengenal berbagai macam cara mengolah masakan GanSis.

Adapun beberapa diantara cara memasak tersebut adalah sebagai berikut.


1. Menggoreng

Menggoreng adalah mengolah masakan dengan memanfaatkan minyak GanSis.
Cara inilah yang saat ini tengah dipermasalahkan karena minyak goreng mahal dan langka sehingga banyak orang tidak dapat membeli untuk memasak dengan cara menggoreng.

2. Merebus

Merebus adalah cara memasak dengan memanfaatkan cairan baik itu air, susu, santan, atau kaldu.

Masakan yang direbus sendiri dapat dikatakan sebagai makanan sehat karena tidak menyebabkan penyakit kolesterol yang berasal dari minyak.

3. Mengukus

Memasak dengan mengukus adalah cara memasak dengan memanfaatkan uap air untuk mengolah bahan makanan.

Para emak-emak biasanya menggunakan panci dengan sarangan untuk dapat memasak dengan cara mengukus, sedangkan makanan yang dapat diolah dengan dikukus bisa kue, sayuran, atau olahan daging.

4. Membakar

Memasak dengan cara membakar juga bisa para emak-emak lakukan di rumah jika memang tidak bisa menggoreng karena tidak ada minyak.

Seperti namanya yaitu membakar, maka cara memasak ini memanfaatkan api untuk proses memasaknya.

Apa sih makanan yang dapat dibakar?
Pastinya ada ikan, daging, buah, dan beberapa jenis bahan makanan lain yang dapat dibakar GanSis.

5. Memanggang

Hampir sama dengan membakar, memanggang juga memanfaatkan api namun lebih tepatnya yang digunakan adalah baranya GanSis.

Agan dan Sista pasti juga mengenal beberapa jenis masakan yang dipanggang seperti ayam panggang, ikan panggang, dan juga beberapa jenis makanan lainnya.

Konten Sensitif


Bagaimana GanSis benar sekali kan kata ibu Megawati Soekarnoputri, bahwa memang makanan Indonesia itu bisa diolah dengan berbagai macam cara memasak.

Memang makanan yang berjenis goreng-gorengan itu lebih enak, tapi tidak dipungkiri juga memiliki banyak bahaya bagi kesehatan tubuh kita jika terlalu sering makan-makanan yang berminyak.

Mudah-mudahan kedepannya di tengah mahal dan sulitnya mendapatkan minyak goreng banyak orang yang beralih ke cara memasak yang lain ya.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
Diubah oleh masnukho 19-03-2022 01:31
nowbitoolfive.5Kesakitan
Kesakitan dan 12 lainnya memberi reputasi
13
6.8K
155
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan