cintadineAvatar border
TS
cintadine
Ini Dia 10 Publisher Game Terkenal dan Berpenghasilan Tertinggi di Dunia


Apa itu publisher game? Publisher game atau penerbit game adalah perusahaan yang menerbitkan video game yang sudah dikembangkan oleh pengembang (devoloper) internal maupun menerbitkan game yang dikembangkan oleh oleh pengembang eksternal. Publisher game biasanya punya modal yang sangat besar sehingga bisa menerbitkan gamenya dengan biaya pemasaran yang tinggi. Dari itu pendapatan mereka juga gila-gilaan bahkan beberapa di antaranya ada yang disebut publisher kapitalis karena terlalu matre.

Nah, gan berikut ini adalah publisher game paling terkenal, terbesar, dan paling banyak menghasilkan uang di dunia.

1. Sony Interactive Entertainment


Dulunya bernama Sony Computer Entertainment (SCE) dan berdiri pada 1993 yang sengaja didirikan untuk menerbitkan game-game untuk Playstation. Pada 2016 SCE berganti nama menjadi Sony Interactive Entertainment. Banyak sekali game yang telah diterbitkan oleh publisher ini. Salah satu studio internal Sony untuk first party adalah Santa Monic Studio yang telah mengembangkan game terkenal, God of War.

2. Tencent Games


Ya, publisher game ini berasal dari China yang berdiri sejak 2003. Tencent Games berfokus pada game online terutama game mobile. Ternyata Tencent Games adalah publisher yang banyak menuai keuntungan walaupun game-game yang diterbitkannya gratis tapi mendapatkan keuntungan dari penjualan item dalam game. Salah satu game terkenal yang dikembangkan oleh Tencent Games adalah PUBG Mobile yang banyak dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap harinya.

3. Nintendo


Nintendo selain dikenal sebagai produsen konsol, juga bertindak sebagai developer dan publisher. Tentunya game yang diterbitkan oleh Nintendo ini sangat populer seperti seri Super Mario, The Legend of Zelda, Donkey Kong, Pokemon, dan juga yang lainnya. Karena Nintendo punya banyak fans yang sangat loyal, maka setiap penjualan game baru selalu saja laris di pasaran.

4. Xbox Games Studios (Microsoft)

Microsoft sebagai perusahaan yang membesut perangkay Xbox tentunya juga bertindak sebagai publisher dan menjadi salah satu yang paling mendapatkan keuntungan terbesar. Game terkenal yang diterbitkan oleh Xbox Games Studios adalah seri Forza Horizon, Halo, Minecraft, Microsoft Flight Simulator, dll.

5. NetEase


Walaupun NetEase dikenal sebagai penerbit game kelas dua, tapi ternyata termasuk dalam salah satu publisher game yang paling banyak mengumpulkan pendapatan. Publisher game asal China yang berdiri pada 1997 ini memfokuskan pada game online PC dan mobile. Game terkenalnya adalah Rules of Survival, Creative Destruction. Dll.

6. Activision Blizzard


Publisher ini adalah hasil merger antara Activision dan Vivendi Games pada 2008. Game yang paling terkenal dari publisher ini tentu saja adalah seri Call of Duty yang jumlahnya sudah lumayan banyak. Selain itu Activision Blizzard juga menerbitkan seri Crash Bandicoot remake yang sebelumnya dipegang oleh Naughty Dog.

7. Electronic Arts

Ya, ini dia perusahaan game yang selalu dicap sebagai publisher paling matre karena kerap memberikan microtransaction yang gila-gilaan. EA berdiri sejak 1982 yang artinya telah menerbitkan game dari berbagai generasi konsol bahkan sampai perangkat mobile.

8. Take Two Interactive


Publisher ini berdiri pada 1993 dan merupakan pemilik dua label publishing yaitu Rockstar Games dan 2K. Dengan kata lain seri game yang paling terkenal dari publisher ini adalah seri Grand Theft Auto alias GTA. Selain itu juga ada NBA2K, WWE2K, dan seri Red Deas.

9. Bandai Namco


Bandai Namco adalah publisher game yang didirikan pada 2016 sebagai perusahaan gabungan antara divisi video game Bandai dan Namco. Game yang paling terkenalnya adalah seri Tekken dan juga game-game yang diangkat dari anime Jepang seperti Dragon Ball dan Naruto Shippuden.

10. Square Enix


Ya, publisher game ini adalah gabungan dua perusahaan game besar yaitu Square dan Enix yang merger pada 2003. Square berdiri pada 1985 dengan seri terkenalnya yaitu Final Fantasy dan Enix berdiri pada 1975 dengan seri terkenalnya yaitu Dragon Quest. Seri terkenal lainnya dari Square Enix adalah Kingdom Heart.

Nah, gan gimana komentarnya. Pernah memainkan game keluaran mereka yang mana aja? emoticon-Big Grin

Quote:
ulek4n
bajer.dinar212
suteragordyn
suteragordyn dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7.4K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan