masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Marak Bocah Freak Bikin Onar di Jalanan, Orang Tua Miliki Tanggung Jawab Untuk Ini
Mulai dari membuat kericuhan, kerusakan, dan tawuran, marak bocah-bocah prik berulah di jalanan


Generasi muda tanpa masa depan tengah marak terekam kamera berulah di jalanan. Mulai dari aksi tawuran, merusak fasilitas umum, mengancam keselamatan masyarakat, dan juga bertindak kriminal semakin hari semakin sering terjadi.

Bagi Agan dan Sista yang sering menonton berita harian pasti tidak luput melihat kabar anak-anak dibawah umur yang melakukan aksi-aksi prik sok keras.

Anak-anak muda yang masih dalam usia remaja tersebut berlagak preman dan mencari keributan baik dengan remaja lain atau masyarakat umum.

Jika ditanya alasan kenapa anak-anak kecil prik tersebut demen atau hobi mencari keributan dan menciptakan kerusuhan, alasannya pasti hanya karena ingin diakui keberadaannya, mencari jati diri, dan ingin dinilai dan dianggap hebat.

Apakah yang mereka lakukan ini salah?

SALAH, apapun alasan mereka melakukan aksi-aksi yang menimbulkan kericuhan dan mengancam keselamatan orang lain itu tidak dapat dibenarkan.

Pihak yang berwajib juga telah mengamankan bocah-bocah prik pembuatan kerusuhan, namun seolah tidak ada jeranya semakin sering dan banyak bocah-bocah berulah di jalanan.

Lantas apa peran orang tua untuk mencegah anaknya yang hobi berlaku kriminal dan menciptakan kerusuhan?


Konten Sensitif


Pertumbuhan mental, fisik, sikap, sifat, karakter dari seorang anak orang tua memiliki tanggung jawab untuk membentuknya GanSis.

Meskipun orang tua tidak boleh berbuat kasar atau mengekang anak namun mereka juga tidak boleh membiarkan saja saat anaknya melakukan kesalahan apa lagi sampai bertindak kriminal dan membahayakan orang lain.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar anaknya tidak freak dengan membuat kerusuhan dan melakukan tindakan kriminal?

Berikut ini cara-cara sederhananya yang akan berhasil tergantung ketegasan dan ketelatenan orang tuanya sendiri GanSis.


1. Mengajarkan Hal Baik
Guru yang paling dekat dan bisa ditiru oleh seorang anak di bawah umur adalah oeang tuanya GanSis jadi berikan contoh hal-hal baik dan ajarkan kebaikan kepada anak Agan dan Sista sedini mungkin.

2. Menegur Saat Salah
Memberikan teguran saat anak melakukan kesalahan itu juga perlu dilakukan GanSis. Jangan anggap kesalahan kecil itimu sebagai hal yang wajar karena saat mereka dimaklumi atas kesalahan-kesalahan kecilnya maka akan merasa aman untuk melakukan kesalahan besar.

3. Memberi Pengawasan
Bukan hanya teguran melainkan juga harus ada pengawasan orang tua untuk anak. Perhatikan dan awasi dengan siapa mereka bergaul, apa yang dilakukan, kenapa anak melakukan hal tersebut, dan apa yang membuat sikap anak berubah menjadi negatif.

Jika Agan dan Sista melakukan pengawasan yang baik maka tidak akan terlambat untuk mengetahui perkembangan anak ke arah positif atau negatif.

4. Sanksi
Sanksi boleh diberikan untuk anak jika memang telah diperingatkan berkali-kali namun tidak juga merubah sikap menjadi lebih baik GanSis.

Untuk memberikan efek jera lakukan sanksi yang sekiranya masih aman namun membuat mereka kapok untuk melakukan hal buruk lagi.

5. Perhatian dan Kasih Sayang
Tidak dapat dipungkiri anak-anak di bawah umur yang berlaku freak atau prik (aneh) itu adalah untuk mencari perhatian dari orang sekitar.

Mungkin anak-anak yang mencari kerusuhan untuk mendapatkan pengakuan ini saat di rumah tidak mendapatkan pengakuan atau kasih sayang yang cukup dari orang tuanya sehingga mereka mencari perhatian dengan cara ekstrem.



Itukah tadi GanSis aksi-aksi bocah freak yang membuat kerusuhan dan berlaku kriminal dengan merugikan orang lain di jalanan.

Berhubung setiap anak yang berhasil ditangkap karena kerusuhan adalah anak-anak di bawah umur yang hukumnya pun tidak memberlakukan hukum kurungan penjara, maka orang tua memiliki peran untuk mengembalikan anak-anak mereka menjadi baik.

Bukan hanya bagi orang tua yang anaknya telah menjadi bocah-bocah prik, orang tua yang anaknya masih lugu juga harus melakukan 5 hal penting di atas untuk mencegah agar anak-anak GanSis tidak menjadi anak aneh dan merugikan orang lain.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
trifatoyah
madjoeki
FalianAridua
FalianAridua dan 17 lainnya memberi reputasi
18
7.9K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan