si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Truk Mitsubishi Fuso Meluncurkan Roket MLRS ke Pangkalan Militer Turki di Irak
Tak ada yang merugakan produk buatan Mitsubishi, di Indinesia khususnya produk pick up, bus sampai truk Mitsubishi masih jadi andalan sampai saat ini. Bicara soal truk, di Indonesia untuk segmen dump truck didominasi oleh truk berkepala kuning buatan Mitsubishi, produk ini dikenal dengan nama Canter.

Kali ini TS tidak bermaksud membahas tema otomotif gan, tapi tulisan kali ini masih ada kaitannya dengan produk Mitsubishi. Tepatnya sebuah dump truck Mitsubishi Canter telah digunakan untuk menembakkan roket ke pangkalan militer Zlikan Turki di dekat Bashiqa, utara Mosul, Irak. Tembakan roket itu dilakukan pada Kamis, 3 Februari 2022. Dalam insiden itu untungnya tidak menyebabkan kerusakan atau korban. Sebuah kelompok yang dikenal sebagai Ahrar Sinjar mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.


Quote:



Mitsubishi Fuso tersebut telah digunakan untuk menembakkan 10 roket dari peluncur multitube yang disimulasikan dengan terampil di bagian bawah bak truk, setelah menembakkan roket, truk tersebut diparkir dan ditinggalkam begitu saja di dekat pom bensin Al-Mazen. Truk yang digunakan dalam serangan tersebut diketahui memiliki 17 tabung peluncur roket.

Orang-orang yang telah menembakkan roket tersebut lantas meninggalkan truk mereka begitu saja, tampak daris foto yang beredar sistem dasar penembakan roket mencakup remote control dengan kabel. Sebagai tambahan informasi Pangkalan Zlikan Turki memang telah berulang kali diserang rudal atau roket sejak tahun lalu. Negara tersebut diektahui memiliki sekitar 40 pangkalan atau pos militer di wilayah Kurdistan.

Penggunaan dump truck untuk tujuan meluncurkan roket memang bukan hal baru, sebelumnya Hamas sudah menggunakan MLRS (Multiple Launch Rocket System) berbasis truk semacam ini dari wilayah Palestina untuk menyerang Israel. Kreativitas para kelompok milisi memang tak perlu diragukan lagi, selain dump truck, Hamas pernah bereksperimen dengan menembakkan MLRS melalui pick up Toyota. Selain Toyota yang dikenal menjadi kendaraan favorit para milisi, sepertinya kini Mitsubishi Fuso akan menjadi platform baru yang akan dilirik.


Quote:



Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 05-02-2022 03:53
pixecute
emineminna
feraldi2001
feraldi2001 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
9.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan