masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Miris, Waspada Modus Penipuan Baru Tukang Baso Pura-pura Jatuh untuk Tarik Simpati
Konten Sensitif
Hati-hati modus penipuan baru, memanfaatkan simpati dan empati orang untuk dapatkan keuntungan


Tingkah manusia semakin hari semakin konyol dan tidak terkendali.
Mencari keuntungan dari orang lain dengan memanfaatkan rasa simpati dan empati orang sekitar kini menjadi ladang sekaligus peluang bagi oknum manusia tidak bertanggung jawab.

Mungkin bagi Agan dan Sista yang mengikuti media sosial beberapa waktu lalu sempat mendengar, melihat, atau membaca berita terkait orang yang berpura-pura menjadi korban tabrak lari untuk mendapatkan ganti rugi dari orang yang tidak bersalah.

Lagi-lagi kejadian penipuan kembali terjadi dan kali ini memanfaatkan rasa simpati dan empati masyarakat memang dengan tujuan mencari keuntungan.

Dibagikan sebuah video oleh akun Instagram @indonesiatodaynews dimana memperlihatkan rekaman CCTV yang menunjukkan seorang tukang baso berpura-pura jatuh di persimpangan jalan.

Modus penipuan baru ini telah disiapkan dan direncanakan dengan matang, mulai dari baso yang diletakkan di dalam ember sampai pada waktu yang tepat untuk berpura-pura jatuh dan pingsan, semua telah disetting sedemikian rupa agar tidak memancing kecurigaan.

Perbuatan modus tukang baso pura-pura kecelakaan ini baru diketahui setelah melihat rekaman CCTV GanSis. Adapun informasi terkait apakah pelaku modus tertangkap atau tidak itu belum diketahui sampai saat ini.

Modus kejahatan yang demikian dimanfaatkan oleh oknum manusia jahat yang memanfaatkan rasa simpati dan empati orang lain untuk mencari keuntungan. Itulah kenapa saat ini setiap orang diwajibkan untuk selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan sesuatu yang sekiranya sedikit kurang masuk akal.




Untuk mengetahui modus-modus penipuan yang semacam ini tentu setiap orang harus berhati-hati ya GanSis. Meskipun rasa simpati dan empati itu sangat penting untuk dimiliki oleh seseorang namun melihat kondisi saat ini banyak orang melakukan penipuan dengan memanfaatkan rasa simpati dari orang lain maka kita harus bisa tahu kemana harus simpati dan empati.

Lantas bagaimana cara atau tips untuk mengetahui seseorang tengah melakukan modus penipuan atau tidak?

Berikut ini tips sederhananya!


1. Lihat Kondisi dan Kemungkinan
Orang yang melakukan modus penipuan kecelakaan tentu pastinya telah mempersiapkan diri agar mirip seperti korban kecelakaan.

Amati terlebih dahulu GanSis seperti apa keadaan, kondisi kendaraan jika memang mereka menaiki kendaraan, ataupun situasi di lingkungan sekitar.

Semua dapat terlihat jika kita tidak terburu-buru atau gugup. Tidak mungkin seseorang yang mengalami kecelakaan namun tidak luka-luka atau menunjukkan gelagat aneh seperti menarik seseorang untuk bersimpati lebih.

2. Cek CCTV
Mengecek CCTV di lingkungan sekitar kecelakaan juga menjadi sesuatu yang penting dilakukan jika memang Agan dan Sista menaruh kecurigaan terhadap orang yang mengalami kecelakaan.

Jangan langsung percaya seseorang mengalami kecelakaan atau tabrak lari karena tidak semua pelaku kecelakaan itu akan lari dari tanggung jawab mereka GanSis.

3. Menolong Sekedarnya
Maksud dari menolong sekedarnya ini bukan berarti menguranyrasa simpati dan empati ya GanSis, melainkan berjaga-jaga agar tidak menjadi modus penipuan.

Percayalah Agan dan Sista dapat melihat mana korban tabrak lari yang memang korban atau yang berpura-pura kecelakaan untuk modus penipuan.
Agan dan Sista dapat melihatnya karena memang ada kejanggalan dalam kecelakaan orang yang melakukan modua penipuan.



Itulah GanSis modus penipuan baru yang harus Agan dan Sista waspadai.

Rasa simpati dan empati dari masyarakat Indonesia yang tinggi saat ini tengah dimanfaatkan oleh oknum manusia yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi.

Mungkin Agan dan Sista merasa tidak rugi membantu orang, karena memang GanSis sendiri tidak mengetahui bahwa tebgah ditipu. Namun saat Agan dan Sosta mengetahui bahwa kebaikan dan rasa simpati tengah dimanfaatkan oleh orang lain, maka akan beda cerita ya pastinya.

Oke, mudah-mudahan thread kali ini bermanfaat dan dapat dijadikan kewaspadaan bagi Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
eyefirst2
emineminna
pakisal212
pakisal212 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
17.4K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan