andretarinaAvatar border
TS
andretarina
Tesla hingga Edison, 5 Moment Gagalnya Para Penemu Terkenal di Dunia, Yuk Intip!


emoticon-Malu (S) Welcome di thread sederhana ane gansis emoticon-Malu (S)
emoticon-coffee Enjoy reading and have a good read emoticon-coffee






Ilmuwan dari berbagai negara di dunia nyatanya menjadi satu dari sekian faktor penting yang membuat kehidupan manusia terus membaik. Berbagai moment kesuksesan mereka dalam menemukan berbagai hal yang mampu berguna untuk kehidupan manusia nyatanya terus menjadi cerita yang cukup terkenal bahkan hingga hari ini.

Namun pernah gak gansis bertanya, di balik kesuksesan para ilmuwan terkenal di dunia mulai dari Tesla hingga Edison, pernahkan mereka mengalami momen-momen kegagalan layaknya manusia biasa? Dan jawabannya yah tentu ada dong.

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Selain menjadi pembelajaran ke depan, kegagalan yang mereka alami juga nyatanya mampu jadi motivasi untuk generasi selanjutnya dalam merintis jalan mereka menuju ke kehidupan yang jauh lebih baik.

Penasaran kegagalan macam apa saja yang sempat dialami oleh para ilmuwan sekaliber Tesla hingga Edison?

Keep reading ya gansis ~


emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)







Alexander Graham Bell dan Layang-layang Tetrahedral




Bapak tua berjanggut putih yang terkenal sebagai pencipta telepon ini, seringkali dianggap sebagai salah satu penemu yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi komunikasi dunia.

emoticon-Maluemoticon-Maluemoticon-Malu

Bahkan pak Bell menjadi salah satu sosok penting dibalik berdirinya perusahaan telepon pertama dan tertua, yaitu American Telephone and Telegraph Company(AT&T).

Spoiler for Intip buat yang seru-seru:


Tapi tahukan gansis? Kalau pak Bell nyatanya tidak selalu sukses dengan penemuan pentingnya. Dan layaknya manusia biasa, pak Bell juga pernah mengalami kegagalan dalam salah satu temuannya.



Disebut juga sebagai Cygnet  yang berarti angsa kecil. Alat yang saat itu tengah dikembangkan oleh pak Bell adalah sebuah layangan tetrahedral raksasa yang rencananya akan digunakan untuk menangkap dan menjebak angin.

Konsepnya, pak Bell ingin agar layangan raksasanya ini dapat menjadi sebuah pesawat sepanjang 40 kaki yang nantinya akan mampu terbang dengan bantuan angin.



Sayangnya, alat yang memiliki berat hampir 2 ton ini, agaknya memang ditakdirkan gagal.

Awalnya Cygnet mampu terbang di udara, namun nyatanya sangat mustahil untuk melakukan manuver arah, sehingga alat ini pun kembali menghantam tanah dan hancur tidak lama setelah terbang.


emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)



Thomas Alfa Edison dan Kinetophone



Bapak-bapak subur yang seringkali digosipin sebagai ilmuwan paling pelit ini, nyatanya adalah salah satu penemu yang paling penting di dunia.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Namun siapa sangka, di balik kesuksesan pak Edi yang kerap nelurin banyak sekali penemuan hebat dan canggih di masanya, ternyata ada salah satu penemuannya yang gagal maning dan berbalik jadi bahan ejekan karena tidak praktis dan membuat pinggang lelah.



Disebut juga sebagai Kinetoscope, alat ini awalnya dikonsepkan pak Edi untuk menjadi semacam media agar manusia dapat ‘menonton’.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Pada dasarnya kinetoscope berbentuk layaknya lilitan beberapa gambar sepanjang 5 meter yang kemudian akan ditonton berurutan oleh orang-orang dengan bantuan sinar lampu. Sayangnya, karena penonton harus membungkuk saat melihatnya, ketidakpraktisan pun jadi nilai minus yang paling kentara dari alat ini.
Spoiler for Intip buat yang seru-seru:


Bahkan ketika pak Edi membuat versi lanjutan dengan tambahan suara dan menamainya sebagai Kinetophone, penemuannya yang satu ini tetap tidak mendapatkan pamor sebagaimana yang diharapkan.

Ditambah fakta kemunculan sistem proyeksi yang kemudian berhasil menutup habis sinar dari Kinetophone.


emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)



Uni Soviet dan Tank Terbang Gagal



Perang dunia, nyatanya kerap jadi ajang saling pamer negara-negara kuat untuk saling adu mekanik tentang penemuan siapa yang bisa ngehancurin musuh sehancur-hancurnya.

Spoiler for Intip buat yang seru-seru:


Hal yang juga disebut sebagai teknologi perang ini pun berhasil melahirkan berbagai alat penting, mulai dari yang paling remeh seperi lakban, hingga bom nuklir yang mampu membuat dinding bangunan leleh.

emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)

Uniknya, dari berbagai penemuan mengerikan yang ada, terdapat salah satu ide nyeleneh (tapi tetap saja mengerikan) mengenai salah satu senjata perang yang digadang-gadang mampu membuat musuh ketar-ketir.

Yep, Tank Terbang.



Inovasi unik ini sejatinya berasal dari Uni Soviet yang diberi nama A-40atau Krylya Tanka aka ‘tangki bersayap’. Konsepnya, tank aneh ini dipasangi sayap peluncur yang dapat dilepas sehingga tank mampu untuk terbang, ditarik pesawat kemudian meluncur kembali – ribet? Memang iya.

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Namun entah karena buru-buru hingga kurangnya pemahaman basic, ide tank terbang ini langsung menemui kegagalan akibat beratnya yang tidak diperhitungkan. Bahkan ketika sistem senjata, tangki, hingga lampu depan telah dilucuti, tank terbang ini tidak mampu memenuhi tugasnya dan hanya terlihat sebagai kaleng terbang.




Nikola Tesla dan Kamera Pikiran



Nikola Tesla yang disebut-sebut sebagai ilmuwan paling jenius sepanjang masa, nyatanya tidak hanya terkenal karena karyanya yang mampu berguna bagi kehidupan masyarakat banyak, namun juga berbagai ide unik tanpa batasnya yang kemudian berhasil dikonversi menjadi alat sesungguhnya.

emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Namun walaupun kesuksesan kerap menyambangi penemuan penting Tesla, nyatanya kegagalan juga sempat beberapa kali mendatangi ilmuwan yang lahir di tengah badai petir ini.



Kamera Pikiran, adalah satu dari sekian ide paling nyeleneh milik Tesla.

Konsepnya, alat yang juga diberi nama Gedankenprojektorini nantinya akan mampu menghasilkan gambar dari retina mata manusia yang memproyeksikan apa yang dipikirkan oleh otak. Selanjutnya, gambaran tersebut akan ditangkap oleh kamera pikiran untuk kemudian diproyeksikan kembali secara real time.

Spoiler for Intip buat yang seru-seru:


Namun segila kedengarannya, ide ini pun hanya berakhir sebagai konsep liar dari seorang Nikola Tesla.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)




AT&T dan Cikal Bakal Video Call



Perusahaan telepon yang juga diprakarsai oleh pak Alexander Graham Bell ini nyatanya tidak selalu sukses dengan inovasi mereka.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Namun begitu, konsep telepon bergambar atau yang kini kita kenal sebagai video call, merupakan buah ide yang cukup eksentrik dari salah satu perusahaan paling tua di Amerika ini.



Bahkan uniknya AT&T telah berhasil dengan konsep tersebut dan sukses melahirkan teknologi video call yang sebenarnya, namun tidak ada yang peduli. Respon tersebut akibat harganya yang cukup mahal yaitu $16 hingga $27 per menitnya ditambah resolusi gambar yang cukup burik dan tidak enak dipandang mata.

Alhasil pamor telepon bergambar milik AT&T pun tidak laku di pasaran.

emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)

Bonus :



Sales AT&T

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)



Nah gimana? Nyatanya para penemu handal ini masih pernah mengalami kegagalan kan?

Jadi, buat kamu di luar sana yang masih berusaha untuk menjadi lebih baik, dari segi materi dan juga mental, tetap berusaha ya, jangan menyerah. Garis finishmu di depan mata, kamu hanya perlu terus maju

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Dan, sekian thread ane kali ini. Thanks buat yang sudah mampir di mari. Jangan lupa ninggalin jejak berupa koment, cendols, hingga share.

Last but not least

Stay tune for another thread yaa ~

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir







Sumber : Di sini | Narasi : Pribadi | Sumber Gambar : Google Images
Copyright © 2018 - 2022 Andretarina
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS






Diubah oleh andretarina 28-01-2022 08:23
zeze6986
ushirota
RanDYbarserk
RanDYbarserk dan 18 lainnya memberi reputasi
17
8.2K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan