4sodasodiAvatar border
TS
4sodasodi
Minyak Goreng Mahal, Harga Makanan di Warteg Siap-Siap Naik Akhir Januari 2022



Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga minyak goreng dalam beberapa waktu terakhir begitu dirasakan pelaku usaha sektor kuliner. Salah satunya usaha warung tegal atau warteg.

Ketua Koordinator Komunitas Warung Tegal Nusantara (Kowantara) Mukroni mengatakan, jika harga minyak goreng tetap tinggi maka harga jual makanan di warteg terpaksa ikut naik pada akhir Januari 2022. Hal ini guna menutup kerugian di tengah mahalnya berbagai bahan pangan.

"Kita masih menunggu sampai akhir Januari 2022. Kalau harga (minyak goreng) tidak turun para pedagang Warteg akan menaikkan harga," katanya saat dihubungi Merdeka.com, Jakarta, Selasa (11/1).

Mukroni mengatakan, saat ini, harga minyak goreng di pasaran rata-rata dibanderol Rp 20.000 per kilogram. Padahal, dalam kondisi normal bahan pangan berbasis CPO tersebut hanya dijual sekitar Rp 11.000 per kilogram.

"Nah warteg sendiri rata-rata konsumsi minyak goreng itu 2 sampai 4 kilogram. Artinya biaya yang dikeluarkan hanya untuk minyak goreng sudah tinggi, belum bahan-bahan lainnya," jelasnya.

Sementara di sisi lain, lanjut Mukroni, daya beli konsumen warteg belum kembali ke level normal. Hal ini diperparah dengan perubahan operasional perusahaan melalui penerapan kebijakan work from home (WFH) untuk mengurangi risiko paparan virus Covid-19.

"Sehingga, pelanggan kita yang umumnya berasal dari orang kantoran, pegawai, dan lainnya itu ikut berkurang," keluhnya.

Maka dari itu, dia meminta pemerintah segera melakukan intervensi untuk menekan harga jual minyak goreng di pasaran yang masih tinggi. Antara lain dengan melakukan operasi pasar.

"Kami harapkan segera dilakukan operasi pasar lah untuk mengurangi kenaikan harga minyak goreng ini," tutupnya.

https://www.liputan6.com/bisnis/read...r-januari-2022

emoticon-Cape d...
seher.kena
meooong
ameime
ameime dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan