buncitlio88Avatar border
TS
buncitlio88
Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?
Jakarta - Tutup sumur resapan di Lebak Bulus jebol dilindas mobil politikus PSI, Isyana Bagoes Oka, meski kini sudah mulai diperbaiki. Saat jebol, besi tulangan beton tutup sumur resapan itu sempat terlihat. Apakah besi seukuran ini kuat menahan beban kendaraan?
"Besi ukuran 8, dua layer (lapis)," kata Project Manager Arvirotech Group, M Dedi Charles, kepada detikcom, Kamis (9/12/2021).

Baca juga:
Katanya Kuat Tahan Truk Kontainer, Kok Sumur Resapan Jebol Dilindas Mobil?
Arvirotech Group adalah kontraktor yang menggarap kolam resapan modular di sini, yakni di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Bagian yang jebol dilindas mobil Isyana adalah bak kontrol dari kolam resapan itu, bagian dari proyek sumur resapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)
Dalam foto dari peristiwa jebolnya tutup sumur resapan itu, Rabu (8/12) kemarin, terlihat tutup beton itu hancur. Besi-besi kecil merupakan besi tulangan penopang konstruksi yang seharusnya mampu menahan beban kendaraan yang melintas di atasnya. Ternyata kini diketahui, ukuran besi beton itu adalah 8 mm. Dari foto, kok besi itu kelihatan kecil dan tipis ya?

"Itu karena fotonya diambil dari jauh, jadi kelihatan kecil," kata Dedi Charles.

Baca juga:
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
Dia yakin sebenarnya konstruksi beton dengan rangka besi tulangan 8 mm itu mampu menahan beban. "Kuat," ujar Dedi.

Dia menjelaskan tutup bak resapan modular itu jebol karena dilindas pada saat konstruksinya belum kering betul, yakni ketika konstruksi itu baru berumur 3-4 hari. Padahal seharusnya, konstruksi itu baru bisa dilindas kendaraan setelah 14 hari.


"Minimal 14 hari. Umur beton itu kan minimal 14 hari," kata dia. Ada pula sumur resapan di titik lain yang sudah selesai dan bisa dilintasi kendaraan dengan aman. "Boleh dites kalau mau pakai truk, mau mobil juga," kata dia.

detik.com
_____________________________

" Dia yakin sebenarnya konstruksi beton dengan rangka besi tulangan 8 mm itu mampu menahan beban. "Kuat," ujar Project Manager Arvirotech Group, M Dedi Charles "

Serius ini,   PM kontraktor tapi berani ngomong jamin kuat,   emang berani pasang badan kalau terjadi korban jiwa..    Ini ntah lulusan teknik sipil mana,   yang namanya PM itu tanggung jawab bangun,    yg bisa bilang jamin kuat itu konsultan tekniknya..

Beban All-New Innova 1.690 – 1.860 kg , mestinya minimal mobil anggota dewan pakai ini kan.. berarti 1 roda beban :  1.775kg/4  = 443.75 kg[

Jadi beban titik 1/2 ton bergerak,  dan memakai besi 8mm 2 lapis dan jarak jarang2 gitu.Ini serius kalau emang gambar design seperti ini!! .  siapa yang siap pasang badan kalau terjadi korban jiwa??


Ini ga tau beneran baru umur 3-4 hari atau ngeles doang!....    tapi kalau pakai precast beton dan ga mungkin belum cukup umur di pasang, dari liat gambar itu jelas beton remuk dan artinya ga kuat..





Faktor konversi umur beton 3 hari : 0.4 , kalau design awal buat container 24 ton, jelas kita semua di bohongi, karena waktu umur 3 hari harusnya udah sanggup menahan beban : 0.4 x 24 ton = 9.6 ton.. Nyatanya waktu lewat beban 1/2 ton aja udah hancur betonnya



Diubah oleh buncitlio88 10-12-2021 02:19
TuanLi
stevadi84
faded.007.69
faded.007.69 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.3K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan