Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Bandara di Amsterdam Gunakan "BABI" Untuk Menjaga Keamanan Dan Mengusir Kawanan ini
Foto ilustrasi babi di bandara Schiphol | newsbeezer.com


Sebuah berita melaporkan, jika Bandara Schiphol yang terletak di Amsterdam, Belanda dikabarkan menggunakan 20 hewan ternak babi untuk membantu mengurangi hinggapnya burung-burung di sekitar bandara terutama dikawasan landasan pacu pesawat.

Pihak bandara Schiphol mengatakan, jika di bandara ini kadang terjadi tabrakan antara pesawat dan burung terutama unggas terbang yang paling ditakuti seperti angsa liar yang dapat menimbulkan bahaya yang serius jika bertabrakan. Karena badan angsa cukup besar, takutnya angsa tersebut malah tersangkut di mesin jet pesawat tentunya bisa berakibat fatal.

Menurut laporan, bandara Schiphol telah mencatat sebanyak 150 kasus tabrakan pesawat dengan burung pada tahun 2020 dan penggunaan hewan babi adalah salah satu langkah efektif yang dilakukan pihak bandara Schiphol untuk mengurangi jumlah tabrakan pesawat dan burung.

Foto ilustrasi babi di bandara Schiphol | flightglobal.com


Cara menggunakan babi sebagai penjaga keamanan bandara yaitu dengan melepasliarkan babi di lahan kosong yang dimana sering di hinggapi burung dan angsa liar. Terutama di lahan
seluas sekitar dua hektar yang terletak di antara dua landasan pacu bandara.

Babi biasanya akan pergi ke tempat-tempat yang ada makanannya, sama dengan insting burung dan angsa, setelah babi berada di lokasi yang sering dihinggapi angsa maka akan membuat angsa jengah dan pergi mencari tempat lain karena makanannya susah dihabiskan babi.

Meskipun babi termasuk hewan yang tidak gesit, namun babi dapat bertindak sebagai orang-orangan sawah jika dilihat burung dari ketinggian. Jadi secara tidak langsung babi sudah menakut-nakuti kawanan burung untuk hinggap. Bandara Schiphol mengatakan keberhasilan proyek akan diukur dengan menganalisis aktivitas burung di daerah tersebut ketika babi telah dilepaskan.

Foto bandara Schiphol | travel.kompas.com


Selain menggunakan babi, bandara ini juga menggunakan teknologi seperti laser dan suara untuk mengendalikan atau mengusir kawanan burung. Bandara Schiphol juga berencana akan menanam rumput khusus yang tidak disukai burung.

Saat ini pihak bandara sedang mengumpulkan data dan mulai mengkajinya. Apakah pihak bandara akan menggunakan babi secara permanen, jawabannya setelah pengamatan selesai jika metode menggunakan babi efektif maka pihak bandara akan menerapkannya secara permanen untuk mengantisipasi kecelakaan akibat burung.




Penulis: Sambelterasi052
Referensi: theguardian.com - Pig patrol: Amsterdam airport’s innovative approach to flight safety
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 26-11-2021 06:29
Zeroc4punk1950...cheria021
cheria021 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
7.3K
87
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan