hyde13Avatar border
TS
hyde13
Games Dengan Mekanisme Paling Realistis

Pada dekade terakhir ini video games telah berkembang dengan sangat pesat, baik dari segi visual grafis atau pun gameplay. Developer dari video game telah bekerja keras untuk membuat sebuah games menjadi lebih immersivemeniru kehidupan dunia nyata. Saya melihat perkembangan industri video games yang semakin membaik setiap tahunnya.

Model wajah karakter dari video game juga sudah di ambil dari scan 3D model asli yang tentunya akan menghasilkan sebuah photorealismdari wajah model tersebut. Sebagian besar dari games juga sudah di buat dengan teknologi motion capture, untuk bisa menghasilkan sebuah gerakan yang terlihat halus dan seperti pergerakan di kehidupan nyata.


Berikut ini list game yang sudah pernah saya mainkan, yang menurut saya merupakan sebuah game yang sangat realistis dari berbagai macam poin, dan wajib teman-teman semua mainkan;


1. Red Dead Redemption 2 (2018)


Siapa yang tidak tau akan game ini, Red Dead Redemption 2 (RDR2) merupakan sebuah proyek game yang sangat ambisius dari Rock Star. Game yang di release pada 2018 ini masih menjadi game dengan grafis terbaik di 2021. RDR2 merupakan game pertama di PS4 yang membutuhkan 2 mediablue ray disk (99GB) karena ukuran filenya yang sangat besar.


Setiap elemen yang ada di dalam game RDR 2 seperti pergerakan non-player character (NPC), otot pada kuda, siklus siang malam, cuaca, dan lain sebagainya, bereaksi seperti di kehidupan nyata. Saya contohkan misal, jika kita menembak atau melukai seorang NPC secara acak, jika kita tinggal selama beberapa hari, maka NPC tersebut akan kembali dengan perban di sekitar luka tembakannya.


NPC juga sesekali terdengar mengomentari penampilan karakter kita, jika baju kita kotor, ada noda darah atau bahkan saat berpenampilan lucu. NPC juga akan bereaksi kalau karakter kita mempunyai reputasi buruk, para NPC akan terlihat ketakutan saat kita memasuki kota. Saya ingat dan sangat-sangat kagum saat melihat awan hitam pekat yang di sertai dengan petir, benar-benar terlihat sangat mengagumkan.

Lengkapnya bisa di cek di Youtube berikut : INI

2. The Last of Us Part II (2020)


The Last of Us Part II (TLOU2) juga merupakan sebuah game yang sangat ambisius, saya letakkan di nomor dua karena game ini bukan game open world. Developer dari game ini adalah Naughty Dog, hampir sama seperti RDR 2 game ini membutuhkan 2 BD penyimpanan (77GB).


Pencapaian kuat yang bisa di capai dari game ini adalah, developernya bisa memaksimalkan pada sisi ekspresi wajah serta beberapa body languagekecil yang mendekati realistis. Dalam TLOU2 ada adegan saat karakter utama bernama Ellie melihat sebuah lukisan, pada adegan itu tidak ada dialog sama sekali, namun ekspresi wajah Ellie bisa menunjukkan kalau dia tertarik dengan lukisan tersebut (karakter Ellie merupakan karakter yang suka menggambar).

Ini menurut saya adalah sesuatu hal baru yang bisa di capai oleh sebuah video game, body language dan facial expressions yang realistis bukan di adegan CGI moviemelainkan saat gameplay terjadi.


Setiap tangkapan foto yang di ambil dari game ini terasa begitu hidup, ekspresi dan mimik wajah karakter tersebut benar-benar tertangkap. Hal ini menurut saya sangat jarang terjadi. Satu hal lain yang tidak di miliki oleh game lain adalah, game TLOU2 memberikan animasi dalam membuka pintu yang sangat realistis, dua judul dalam industri video game yang berhasil membuat animasi membuka pintu terlihat terlihat begitu realistis adalah RDR2 dan TLOU2 saja.

Ekspresi wajah bisa di lihat di sini : INI

3. Ghost of Tsushima (2020)


Ghost of Tsushima (GOT) merupakan sebuah game open world yang di kembangkan oleh developer Sucker Punch Productions. Game ini tidak seperti 2 game di atas yang membutuhkan ruang hardisk yang sangat besar, karena ukuran game-nya tergolong cukup kecil, yakni 35GB.


Yang mau saya highlightdari game GOT ini adalah partikel yang ada di dunia-nya, seperti animasi dedaunan rontok yang juga memiliki bayangan, kemudian saat karakter utama berlari di tumpukan dedaunan, maka ada animasi daun yang terinjak lalu terbelah oleh angin, terlihat cukup realistis.

Daun yang jatuh ke sungai juga akan menjauh dan mengikuti arus air. Kabut pada permukaan air saat pagi hari terlihat begitu indah. Saat berjalan di rumput yang tinggi tangan dari karakter Jin juga akan memegang rumput tersebut.


Cipratan darah saat kita menebaskan pedang juga terlihat sangat realistis, darah yang muncrat saat musuh terjatuh juga sangat realistis membasahi tanah. Karakter utama juga memiliki berbagai macam variasi dalam membersihkan darah yang tertinggal pada pedangnya.

Videonya bisa di lihat di sini : INI

4. Death Stranding (2019)


Death Stranding (DS) merupakan sebuah game yang di develop oleh developer Kojima Productions. Game ini di sutradarai oleh Hideo Kojima, tidak itu saja Hideo Kojima juga bertugas sebagai produser pada game ini. Dari sisi desain karakter tidak lain dan tidak bukan di desain oleh Hideo Kojima juga. Yang terpenting dalam sebuah game adalah story, game ini di tulis juga oleh the one and only Hideo Kojima. Terakhir dalam game ini juga ada cameo karakter NPC dari Hideo Kojima.


Yang mau saya highlightdari game ini adalah saat adegan CGI movie render-nya, terlihat seperti adegan dari sebuah film, cara pengambilan gambar (cinematography), sudut pengambilan, getaran pada kamera serta sumber cahaya terlihat begitu realistis. Death Stranding telah menunjukkan bahwa sebuah game bisa juga di garap dengan pengambilan gambar seperti yang ada di film layar lebar.


Hal menarik lainnya adalah dari segi physics berat serta keseimbangan saat karakter utama membawa barang bawaan. Sebuah sensasi yang baru pertama kali saya rasakan pada sebuah game. Seakan-akan benar kita yang membawa barang tersebut. Saat melihat tanjakan dan turunan yang terjal saya selalu berhenti dan seakan-akan saya berpikir dan menanyakan pada diri sendiri, bisa di lewati tidak ya? apakah akan jatuh? kalau barang jatuh dan rusak maka akan mengulang dari awal.

Pikiran tersebut yang jarang saya temui saat memainkan sebuah game, sebuah perasaan kalau kita yang sedang mengangkat barang tersebut. Perasaan mengontrol keseimbangan dan berat juga saya rasakan saat bermain mini game menyusun batu di game Assassin's Creed Valhalla.

Detail yang ada di Death Stranding: [url=https://draft.SENSOR 8083771457578368855/3410947983229548393#][/url]INI


Kita melihat pada dekade ini industri video game sudah berkembang sangat pesat, berinovasi dan berpacu untuk menjadi yang terbaik. Era baru dari PlayStation 5 sudah ada di depan mata kita, saya sangat penasaran inovasi-inovasi apa saja yang akan di kembangkan oleh developer video game hingga menghasilkan game-game yang akan menjadi sebuah maha-karya bagi generasi PlayStation 5.

Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat.


SUMBER : https://www.ceritagames.com/2021/10/...me-paling.html
Diubah oleh hyde13 28-10-2021 14:09
Ikan.Seluang
pein666
crystallini
crystallini dan 18 lainnya memberi reputasi
17
5.8K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan