si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Harapan Kaskuser Terwujud ! Indonesia Resmi Pesan Dua Unit A400M Atlas
Ada kabar terbaru dari segmen alutsista dalam negeri gan, dan mungkin kabar ini bisa sedikit menghibur hati kita yang ingin Indonesia memiliki alutsista terbaru. Dan bisa dibilang pesawat buatan Airbus ini adalah pesawat angkut impian TS dan juga seluruh Kaskuser pemerhati alutsista dalam negeri. Pada thread terdahulu TS sempat membuat polling mengenai 3 pesawat yang layak untuk menggantikan C-130 Hercules.

Pada polling terdahulu ada 3 kandidat mulai dari A400M Atlas, C-130J, sampai Antonov An-70. Dan Kaskuser dan tentunya TS memilih A400M, meski pada kenyataannya Indonesia kemudian membeli 5 unit C-130J dari Lockheed Martin, akan tetapi pada hari terakhir gelaran Dubai Air Show 2021 negara kita mengumumkan pembelian 2 unit A400M ditambah opsi pembelian tambahan 4 unit.

Pada polling yang TS lakukan pada bulan Mei 2021 A400M menang telak setelah dipilih oleh 64 voter dengan presentase 58.72%, bagi yang lupa-lupa ingat tentang polling tersebut silakan baca disini.Dan bagi agan yang sudah berpartisipasi dalam polling dan memilih A400M, agan patut senang karena pilihan agan sesuai dengan yang diharapkan emoticon-Big Grin

Kembali ke topik pengadaan dua unit A400M, varian yang akan dibeli oleh Indonesia adalah konfigurasi "tanker dan angkut" atau biasa disebut sebagai MRTT (Multi Role Tanker Transport). Dalam konfigurasi ini, A400M dapat digunakan untuk misi angkut personel dan barang, serta dijadikan sebagai pesawat tanker untuk melakukan isi ulang bahan bakar di udara.

Mengutip artikel dari website airbus.com kontrak efektif akan mulai berlaku pada 2022, pesanan pesawat ini akan membuat Indonesia menjadi negara ke-10 pengguna A400M. Indonesia yang diwakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengumumkan kesepakatan tersebut pada hari terakhir Dubai Air Show 2021 pada hari Kamis (18/11/2021). Perjanjian tersebut mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap, sementara Letter of Intent juga ditandatangani untuk akuisisi empat pesawat A400M tambahan di masa depan.


Quote:



”Pesanan baru ini akan semakin memperluas jejak A400M di kawasan Asia-Pasifik. A400M menawarkan kemampuan luar biasa ke Indonesia, menyediakan angkatan udaranya dengan platform yang sempurna untuk mengirimkan muatan besar dan berat ke daerah-daerah terpencil dan melipatgandakan proyeksi kekuatan udaranya berkat kemampuan pengisian bahan bakar udara yang andal,”kata Michael Schoellhorn, CEO Airbus Defense and Space.

Mampu beroperasi dari landasan pacu yang kasar dan pendek, A400M akan memperkuat kemampuan pengangkutan udara Angkatan Udara Indonesia untuk secara cepat menanggapi krisis apa pun. Contohnya saat gempa bumi dan tsunami berikutnya yang melanda pada tahun 2018, A400M milik Malaysia berhasil mengirimkan beban berat seperti truk, ekskavator, makanan, pakaian dan obat-obatan menggunakan landasan pacu yang rusak dan pendek di Palu.

“A400M adalah platform yang benar-benar multi-peran dan akan sangat meningkatkan kemampuan taktis udara-ke-udara Angkatan Udara Indonesia. Pesawat ini akan memainkan peran kunci dalam misi utama lainnya termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat. Kami juga melihat akuisisi A400M tambahan dalam waktu dekat, dengan pengembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakaran yang penting yang kami jajaki bersama dengan Airbus. A400M akan menjadi aset nasional dan landasan misi Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana, di luar kemampuan taktis dan udara-ke-udara,” kata Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia.


Quote:



A400M dapat membawa beban berat dan berukuran besar melintasi jarak strategis, mengirimkannya ke lokasi taktis, sambil menawarkan kemampuan pengisian bahan bakar udara tambahan. A400M adalah salah satu solusi ideal untuk kebutuhan pesawat tanker multiperan dan pesawat angkut untuk TNI AU. Ditambah dengan kemampuan terbang cepat dan pada ketinggian yang tinggi dan sangat rendah, A400M adalah platform yang ideal untuk mengisi bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya melalui dua pod pengisian bahan bakar di bawah sayap.

Kemampuan pengisian bahan bakar udara-ke-udara yang dimilikinya memungkinkan konfigurasi ulang yang cepat sebagai pesawat tanker, hal ini membuat A400M mudah beradaptasi dengan skenario dan misi operasional yang berubah. A400M sendiri juga dapat diisi ulang bahan bakarnya dalam penerbangan.

Menurut artikel indomiliter.comjika digunakan sebagai pesawat tanker A400M bisa membawa 50,8 ton bahan bakar. Penempatan payload bahan bakar berada di kedua sayap dan centre wing box, FYI konfigurasi tanker pada pesawat ini tidak menggunakan kapasitas yang ada di ruang kargo. Dua tangki kargo tambahan juga dapat dipasang, yang memberikan masing-masing tambahan 5,7 ton bahan bakar.

Untuk ruang kargonya A400M punya lebar 4 meter, tinggi 3.85 meter, dan panjang 17.71 meter. Pesawat mampu mengangkut kargo berukuran besar seperti helikopter NH90 atau CH-47 Chinook atau bisa juga membawa dua buah kendaraan pengangkut infanteri Stryker. A400M juga bisa mengangkut truk semitrailer dengan peti kemas berukuran 6,906 meter. Sementara kapasitas muatan keseluruhan mencapai 37 ton. Guna mendukung operasi linud (lintas udara) ruang kabin A400M bisa dimuati hingga 116 personel. Sementara untuk misi medical evacuation (Medevac), A400M bisa memuat 66 usungan serta membawa 25 tenaga medis.


Quote:





Referensi Tulisan: airbus.com& indomiliter.com
Ilustrasi & Foto: airbus.com
Diubah oleh si.matamalaikat 02-11-2022 04:23
daniadi123speakerdiscokoi7
koi7 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
10K
73
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan