kabarotocom
TS
kabarotocom
Profil KIA Grand Carnival Premiere


KabarOto.com - Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, PT Kreta Indo Artha (KIA) memboyong jajaran model terbarunya termasuk All New Grand Carnival.

Pihak pabrikan membawa Grand Carnival ini untuk menggantikan Grand Sedona. High MPV ini hadir dalam dua varian yaitu Premiere dan Dynamic. MPV anyar ini diklaim satu-satunya yang memiliki kapasitas hingga 11 orang penumpang.




“Keikutsertaan kami untuk pertama kalinya di GIIAS 2021 ini, menegaskan komitmen Indomobbil bagi Kia untuk terus menyediakan lebih banyak pilihan dan varian baru untuk konsumen,” ungkap Ario Soerjo selaku Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha.

Secara tampilan, MPV besar ini masih menggusung desain khas Kia gril Tiger Nose yang besar dengan aksen black krom dan silver. Gril ini menyambung dengan LED DRL sekaligus menjadi lampu sein, lalu untuk lampu utama LED proyektor di bagian luar. Sementara, lampu high beam LED proyektor yang terletak di gril. Tidak lupa, ada under guard silver dengan foglamp LED.




Pada bagian samping, ada add-on body plastik dengan aksen silver dan ada roof rail sebagai standar. Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan MacPherson Strut with coil spring dan Multi Link untuk belakang. Lalu, penggunaan pelek 5 palang ukuran 18 inci dengan finishing two-tone polish. Pelek ini dibalut ban Continental Cross Contact dengan ukuran 235/60 R18.

Pada bagian belakang, desain lampu unik yang menyambung ini sudah full LED. Pada bagian bumper, ada underguard hitam plastik dengan aksen silver ini memiliki sensor parkir empat titik dengan lampu mundur dan lampu sein yang masih bohlam biasa terletak dibawah.




Masuk ke interior, langsung terlihat desain dasbor yang mewah, modern dan lapang. Secara keseluruhan, interior dibalur campuran warna silver, abu-abu dan hitam, tentu bahan dasbor terdapat jahitan asli dan soft touch. Pada lingkar setir model tiga palang yang cukup besar ini sudah dibalut kulit dengan aksen piano black dan dapat diatur secara tilt and telescopic steering. Di bagian setir, terdapat tombol pengaturan audio, adaptive cruise control dan paddle shift.

Pada bagian instrumen kluster, sudah layar full TFT colour 10.25 inci ini menyambung hingga ke head unit 12,3 inci. Head unit ini sudah support Android Auto dan Apple CarPlay dan bisa menampilkan tampilan camera 360. Tidak hanya itu, head unit ini tersambung ke 12 speaker dari Bose.




Pada bagian tengah, terdapat tombol kapasitif untuk shortcut head unit dengan dua puteran. Lalu, bagian panel AC yang besar yang dapat mengatur kecepatan angin dan suhu secara individual hingga baris belakang. Tentu, pengaturan arah semburan juga lengkap. Lalu, terdapat tiga slot USB untuk charging dan konektivitas ke head unit dan terdapat wireless charging. Tempat transmisi model knob putar dengan electric park brake, auto hold dan drive mode.

Masuk ke baris kedua, kursi model semi-captain seat ini sudah dibalut kulit dengan arm rest. Bagian door trim terdapat speaker dengan cup holder. Lalu, terdapat seat pocket dibalik jok pengemudi dan penumpang depan. Untuk memaksimalkan pendinginan, terdapat ventilasi AC hingga baris ketiga. Tidak lupa terdapat sunroof di bagian pengemudi dan penumpang untuk memberikan kesan lapang.


Jika kursi baris keempat dilipat, MPV ini memiliki kapasitas bagasi luas yang dapat menampung sekitar tiga hingga empat koper ukuran besar. Guna mempermudah memasuki barang, pintu bagasi sudah electric tailgate.

Secara dimensi, mobil ini memiliki (PxLxT) 5,115 mm, 1,985 mm, 1,755 mm. Sementara untuk wheelbase sekitar 3,060 mm dengan bobot bersih 2,195 kg.

Bicara soal performa, menggunakan unit Smartstream empat silinder 2.200 cc Turbodiesel yang mampu mengasilkan tenaga hingga 202 dk di 3.800 rpm dengan torsi 440 Nm di 1.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8 percepatan.


Dalam keadaan standar, mobil ini sudah dilengkapi 7 airbag, ABS, ESC dan Hill Start Assist. Untuk varian Premiere ini ada paket Advance Driver Assistance System (ADAS). Peranti keselamatan ini termasuk Smart Cruise Control (SCC), Lane Follow Assist (LFA), Lane Keep Assist (LKA), Forward Collision-Advoidance Assist (FCA) dan Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA).

Bicara soal harga, untuk varian Premiere ini dibanderol dengan harga Rp 886 juta, sementara untuk varian Dynamic pihak pabrikan belum diumumkan karena unit tersebut masih dalam proses pengiriman.


Sumber
newsmerahputihside.idjiresh
jiresh dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5.8K
58
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan