dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Berbagai Varian Peyek di Jogja, Ada Peyek Tumpuk Gansist Pernah Nyobain?

peyek kacang

Berbagai jenis peyek atau rempeyek jika Gansist ke Jogja

Halo, Gansist! Baru pada ngapain nih?
Hujan-hujan begini enaknya ngemil sambil rebahan dan nonton tivi.

Membicarakan cemilan memang bikin ngiler. Kalau aku sih suka cemilan yang keras (atos) biar gigi berolahraga dalam mengunyahnya. Satu jenis cemilan yang kriuk-kriuk yakni peyek/rempeyek.

Membicarakan peyek jadi ingat lagunya Trio Macan. Iwak peyek, iwak peyek, iwak peyek nasi jagung. Sampai tuwek, sampai entek ....

Nah, kalau Gansist se-Kaskus Raya sedang bertamasya ke Jogja jangan lupa untuk mencicipi cemilan dari tepung beras ini.

Peyek atau rempeyek yang bisa Gansist temukan saat berkunjung ke Jogja memiliki beberapa varian yang bisa kalian cicipi. Adapun jenis rempeyek yang ada yakni:

1. Peyek kacang


Peyek yang satu ini sangat familier dan mudah ditemukan. Yups, peyek kacang tanah gampang sekali dijumpai di toko oleh-oleh, karena bahan baku kacang yang masih banyak ditanam oleh petani.

2. Peyek kedelai ireng


Peyek kedelai hitam (peyek dele ireng) mumgkin agak susah ditemukan. Karena petani jarang yang menanam kedelai warna hitam ini. Kedelai hitam biasanya untuk bahan pembuat kecap. Petani lebih sering menanam kedelai yang berwarna hijau yang mudah dalam penjualannya karena sebagai pembuatan tempe atau tahu.

3. Peyek tumpuk

Peyek tumpuk, mungkin Gansist ada yang belum pernah mencicipi? Rempeyek ini menggunakan toping dari kacang tanah, hanya saja saat menggorengnya bertumpuk-tumpuk, tidak lembaran kayak peyek kacang pada umumnya. Peyek tumpuk bentuknya malah abstrak kayak bulatan gitu Gansist, tetapi tetap renyah kok

4. Peyek undur-undur


Peyek yang satu ini menjadi sangat khas saat Gansist berkunjung ke pantai Depok. Di pantai Depok Gansist akan disuguhi pemandangan berderet nya rumah makan di sekitar pinggir pantai, yang menjajakan berbagai makanan olahan dari laut. Salah satu olehannya adalah peyek undur-undur.

5. Peyek gereh


Gereh adalah ikan asin yang berbahan baku dari ikan-ikan kecil di laut. Diawetkan dengan cara dibikin gereh. Agar tidak keasinan saat disantap maka satu cara yang digunakan yakni dibikin peyek gereh. Peyek gereh disajikan dengan nasi putih hangat plus sambel. Wow, nikmat!

Nah, itu tadi beberapa varian peyek yang ane sajikan. Barangkali ada yang menjadi makanan favorit?

Sekian thread dari aku, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Bila ada yang kurang, boleh kok ditambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Tuku peyek mung diremet-remet
Boleh ngenyek ning aja banget-banget

Referensi
Gb: Google
Diubah oleh dalledalminto 13-11-2021 10:28
pein666
pilke89
oscar.kadrun
oscar.kadrun dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.9K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan