samsol...Avatar border
TS
samsol...
Video Babe Haikal yang Dituding Hoax: HRS Dipenjara di Bawah Tanah, 9 Bulan Tidak
Terkini.id, Jakarta – Video penjelasan Haikal Hassan Baras terkait kondisi Habib Rizieq Shihab di dalam penjara ramai dituding sejumlah netizen sebagai hoax.

Dalam video tersebut Haikal Hassan yang merupakan Sekjen HRS (Habib Rizieq Shihab) Center menyampaikan bahwa Habib Rizieq Shihab sudah sembilan bulan tidak melihat matahari lantaran dipenjara di bawah tanah.

“HRS udah hampir 9 bulan dia belum liat matahari karena di bawah tanah. Di bawah tanah, gak ada salahnya. Jahat banget ya Allah. 9 bulan orang gak lihat matahari gimana coba,” kata Haikal Hassan seperti video yang beredar, pada Senin 15 November 2021.

Dalam video tersebut, Haikal yang berpakaian warna biru, sedang duduk lesehan bersama beberapa orang dan menceritakan kondisi Habib Rizieq. Terlihat dia juga menangis dan melepas kaca matanya.

“Beliau bilang jangan takut andai kata saya terbunuh, demi Allah bangkitkan lagi 1.000 Habib yang akan lanjutkan perjuangan ini. Pasti akan Allah bangkitkan ulama-ulama yang melanjutkan perjuangan,” kata pria yang disapa Babe Haikal tersebut.

Netizen menilai, Babe Haikal dalam video itu menyampaikan fitnah terhadap pemerintah khususnya institusi polri.

“Pak @DivHumas_Polri Haikal Hasan kembali sebar fitnah terhadap Pemerintah, khususnya intitusi Polri, mengatakan: HABIB RIZIEQ ITU SUDAH HAMPIR 9 BULAN TIDAK MELIHAT MATAHARI krn DITAHANAN BAWAH TANAH.

Mohon segera diciduk, jangan kasih ampun provokator satu ini,” tulis akun @Lady Zeebo di Twitter.

Melansir dari detikcom, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan telah membantah informasi disampaikan video yang beredar itu.

Ahmad Ramadhan memastikan tahanan yang ditempatkan eks Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) dalam kondisi yang layak.

Pada prinsipnya, kata dia lagi, Polri menghargai HAM. Tentu walau statusnya tersangka, tentu tidak ada perlakuan seperti itu. Ini saya luruskan. Jadi kalau penjelasan di bawah tanah, nanti orang punya persepsi di bawah tanah,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin 15 November 2021.

Ramadhan meluruskan bawah tanah itu adalah basement. Walau di basement, dia menyebut tempatnya sangat layak. Sama seperti ruang basement di Divisi Humas Polri.

“Sudah diukur standar kesehatannya. Jadi, pengertian di bawah tanah itu jangan timbulkan konotasi di dalam tanah.

Jadi posisinya basement bangunan memang seperti itu, tetapi kondisinya tetap ada ruang AC (pendingin ruangan),” ujar Ramadhan.

Ramadhan bercerita, dulu pernah beredar foto Habib Rizieq sedang makan dan melaksanakan ibadah di Rutan Bareskrim. Selain itu, jika sakit pun semua tahanan akan diberikan pengobatan.

“Semua perlakukan sama, dapat perlindungan, hak terima makan, hak kesehatan, hak ibadah. Bila sakit diperlakukan sama. Pada prinsipnya tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi satu tahanan dengan tahanan lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ramadhan enggan menjawab soal Rizieq tidak melihat matahari selama ditahan.

Ia pun mempersilakan menanyakan ke Kepala Bagian Tahanan dan Barang Bukti (Kabag Tahti).

“Kalau teknis itu ditanya ke Kabag Tahti,” kata dia.

Sebelumnya, dalam video yang beredar itu, pria yang diduga Haikal Hassan menyatakan Rizieq Shihab ditahan di ruangan tanpa sinar matahari di bawah tanah selama 9 bulan terakhir.

https://makassar.terkini.id/video-ba...ihat-matahari/

Udah voniskan ...taruh aja di LP biar puas tuk kang kabur melihat matahariemoticon-Leh Uga
pakisal212
faded.007.69
viniest
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.5K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan