darmaboyAvatar border
TS
darmaboy
Saat Ganjar Terima Baju "Banteng Celeng" dari Kader PDI-P Solo


KOMPAS.com-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Kota Solo pada Jumat (12/11/2021). Ganjar datang untuk menyambangi rumah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) FX Hadi Rudyatmo yang sedang menggelar pameran foto. Dalam momen itu sejumlah kader partai berlambang banteng moncong putih berkumpul. 


Baca juga: Tanggapan Ganjar soal Deklarasi Dukungan Capres dan Istilah Kader Celeng 

Mereka tampak mengenakan baju yang sama. Baju bernuansa merah yang bagian mukanya ada foto Ganjar dan Rudy, sapaan FX Hadi. Di bagian belakang baju itu tampak karikatur babi bertaring dan tulisan "BANTENG CELENG". Baju itu turut diberikan kader PDI-P Solo untuk Ganjar dan Rudy.

Saat dikonfirmasi awak media, Ganjar mengaku tidak tahu ada gambar babi di baju yang dihadiahkan kepadanya.

 "Enggak ada gambar celeng, ngawur. Gambarnya Pak Rudy kok," kata Ganjar saat meninggalkan rumah Rudy seperti diberitakan Kompas TV. "Ora ketok (Tidak terlihat)," sebutnya lagi.

Padahal, saat menerima baju itu Ganjar terlihat melihat gambar yang ada di bagian depan dan belakangnya. Sedangkan Rudy menyatakan baju itu dibuat bukan atas perintahnya. "Itu dari anak-anak. Iya, inisiatif kader," kata Rudy.

Menurutnya, gambar di kaus tersebut tak ada keterkaitannya dengan dukungan kepada pihak tertentu.

 Sebagai informasi, kata celeng belakangan ini diidentikan dengan polemik di tubuh PDI-P Jawa Tengah. 

Awalnya kata itu dilontarkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Jawa Tengah Bambang Wuryanto.

Sebutan itu dialamatkan kepada kader PDI-P yang mendeklarasikan calon presiden (capres) mendahului keputusan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri. 

”Adagium di PDI-P itu, yang di luar barisan bukan banteng. Itu namanya celeng. Jadi, apa pun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan ya celeng,” kata Bambang.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Ganjar Terima Baju "Banteng Celeng" dari Kader PDI-P Solo", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/074643278/saat-ganjar-terima-baju-banteng-celeng-dari-kader-pdi-p-solo?page=2.





Ganjar sudah berani melawan rupanya

scorpiolama
Nikita41
pakisal212
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan