si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
[UPDATE] Angkatan Laut Rusia Segera Menerima Tiga Corvette Baru dari Kelas Karakurt
Segmen update kembali hadir untuk menghilangkan kegabutan agan dan sista, kali ini ada berita menarik daei Rusia. Langsung saja kita simak beritanya emoticon-Cendol (S)

Mengutip artikel media Rusia TASS, dikabarkan bahwa Angkatan Laut Rusia akan menerima 3 kapal jenis corvette pada periode 2021-2022. Rencananya dua kapal yang masing-masing bernama Tsiklon dan Burya akan dikirimkan menjelang akhir tahun ini, sementara satu kapal lagi yang bernama Askold akan menyusul tahun 2022. Kapal corvette ini diberi nama Kelas Karakurt (Project 22800), saat ini ada 3 kapal yang sudah dibuat dalam Kelas Karakurt, di mana ketiganya bertugas di Armada Baltik.

Kapal pertama dalam Kelas Karakurt dibuat pada 24 Desember 2015, diluncurkan pada 29 July 2017, serta memasuki layanan pada 17 Desember 2018. Tiga corvette dari Project 22800 yang sudah berhasil dibangun terdiri dari: Mytishchi, Sovetsk dan Odintsovo.  Secara keseluruhan, kapal corvette ini akan dibuat sebanyak 18 unit kapal, yang nantinya akan dibagi rata untuk Armada Pasifik, Baltik dan Laut Hitam.


Quote:



Corvette kelas ini dikembangkan oleh Almaz Central Design Bureau for Marine Engineering yang berbasis di St. Petersburg (bagian dari United Shipbuilding Corporation) dicirikan oleh karakteristik penanganan dan kelayakan laut yang tinggi. Desain kapal didasarkan pada teknologi domestik paling canggih yang memungkinkan operasi efektif mereka dalam gugus tugas armada baik di garis lintang utara dan selatan. Selain itu kapal juga sudah mengusung desain stealth (siluman) yang dilengkapi dengan tiang terintegrasi yang membawa empat panel radar array bertahap. Di Rusia kapal ini jiga disebut sebagai missile corvette, karena kemampuannya membawa dua jenis rudal yang berbeda.

Sebagai tambahan informasi Kelas Karakurt dikembangkan dari desain kapal yang sudah ada sebelumnya yakni Project 12300 Skorpion, rancangan Almaz pada tahun 1990-an yang diusulkan untuk kapal rudal berkapasitas 500 ton dan juga dipengaruhi oleh desain corvette Project 21631 Buyan-M. Corvette kelas Karakurt berbobot sekitar 800 ton, dapur pacunya terdiri dari sistem gabungan diesel dan gas yang mencakup tiga mesin diesel M-507D-1 dan tiga generator diesel DGAS-315. Dengan mesin tersebut lapal perang dapat diajak ngebut sampai kecepatan tertinggi 30 knot (56 km/jam) dengan daya jelajah maksimum 2.500 nmi atau sekitar 4.600 km dan daya tahan 15 hari.

Masing-masing kapal dalam kelas ino dipersenjatai dengan 8 rudal Oniks (SS-N-26 Strobile) atau Kalibr-NK (SS-N-27 Sizzler) dalam satu peluncur terpadu. Senjata lainnya berupa Senapan artileri AK-176MA, kompleks rudal antipesawat lintas laut Pantsyr-M, meriam AK-176MA otomatis 76,2 mm, serta 2 x 12.7x108 mm senapan mesin Kord.

Sementara iru menurut artikel TASSgalangan kapal Butoma di Kerch, Crimea, sedang membangun dua Corvette Project 22800 - Askold dan Tsiklon. Untuk corvette Burya sedang dibangun di galangan kapal Pella di Wilayah Leningrad, letaknya ada di bagian barat laut Rusia.


Quote:



Nah, demikian sedikit informasi terkait corvette baru untuk Angkatan Laut Rusia. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: TASS& Navy Recognition
Ilustrasi Foto: Kementerian Pertahanan Rusia, Navy Recognition
Diubah oleh si.matamalaikat 24-10-2021 13:20
gta007MasterSimsEriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.2K
27
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan