Kokonata
TS
Kokonata
Pakaian dan Aneka Barang Unofficial Squid Game Marak di Marketplace, Beli Nggak?

Agan dan Sista tentu sering menemukan fenomena segala hal yang populer kerap diikuti dengan penyediaan barang dan jasanya. Misalnya saja produk terkait hiburan. Satu film populer, barang-barang terkait film itu akan marak. Terlebih saat ini sangat mudah menjual produk barang dan jasa melalui marketplace.
 
Satu drama seri Korea yang sedang populer saat adalah Squid Game. Begitu maraknya pembahasan Squid Gamedi media sosial membuka peluang pasar barang-barang terkait Squid Game.  Agan dan Sista mungkin satu dari sekian orang yang menginginkan barang-barang Squid Game.    
 
Aneka Barang
 
Di berbagai marketplace, jika kita memasukkan kata Squid Game, aneka barang terkait drama Korea itu akan muncul. Seragam pemain, seragam penjaga, kaos dan pakaian dengan logo-logo Squid Game mendominasi. Bahkan dalgona candy yang menjadi alat dalam satu permainan drama Squid Game juga ada.
 


Harga pakaian pakaian di kisaran Rp50.000 – Rp100.000 tergantung bahan dan kualitasnya. Masih cukup terjangkau pada masyarakat kelas sosial ekonomi menengah juga dompet pelajar dan mahasiswa. Untuk barang-barang dengan bahan premium, tersedia dengan harga di atas Rp200.000.

Menariknya beberapa barang sudah terjual ratusan bahkan ribuan kali. Misalnya saja t-shirt dengan sablon bertuliskan Squid Game  dan gambar para penjaga. Satu toko di Shopee sudah berhasil menjual ribuan kaos.

 

Ada juga jaket dan celana pemain Squid Gameyang sudah terjual 500 pasang lebih. Pembeli bisa custom nomor sesuai keinginannya. Nomor tersebut akan ditempel pada bagian dada dengan bahan velcro. Maka dari itu nomor bisa custom meskipun jaket dan celananya diproduksi massal.
 
Tidak Ada yang Official
 
Maraknya barang-barang Squid Game merupakan langkah kreatif dan cerdas UKM dalam menangkap peluang. Mumpung sedang hits, banyak orang menginginkan barang tersebut, terutama pakaian. Memakai seragam Squid Game, seseorang bisa berimajinasi menjadi salah satu pemain Squid Game yang mempertaruhkan nyawa demi hadiah uang.
 
Dari sekian banyak produk, TS belum menemukan satupun toko yang menyebut menjual barang-barang official. Maka kemungkinan besar, barang-barang Squid Game  yang beerdar saat ini di marketplace, belum memiliki izin pembuatan produk dari kreator Squid Game. Tanpa izin atau lisensi dari kreator, bisa jadi barang-barang Squid Game itu sebenarnya ilegal.
 
Wah, jadi gimana dong?

Kembali ke diri masing-masing, ya. Apa tujuan menggunakan pakaian atau barang Squid Game. Biar berasa kayak pemainnya? Supaya kekinian? Terserah Agan dan Sista saja.
 
Hanya saja cobalah berada di posisi kreator Squid Game. Apa yang Agan dan Sisita rasakan apabila karya GanSis diproduksi tanpa izin? Suka dan rela atau marah-marah?


Sekadar opini pribadi 
Sumber foto

Screen shot dari Shopee






Diubah oleh Kokonata 14-10-2021 21:22
emineminnafipermanmeooong
meooong dan 14 lainnya memberi reputasi
11
6.8K
113
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan