cangkir059Avatar border
TS
cangkir059
Oplet "Si Doel" yang Dulu Menjadi Primadona, tetapi Sekarang Hanya Bisa Dikenang


Kendaraan yang satu ini sangat berbeda dengan angkutan kota di zaman sekarang. Mungkin, anak zaman sekarang pun banyak yang tak tahu bahwa kendaraan ini pernah menjadi primadona pada masanya. Hal tersebut pun bisa menjadi sebuah kenangan yang mungkin saja akan sulit dilupakan. Kemudian, kendaraan apa, sih? Ya, kendaraan ini biasa disebut dengan sebutan Oplet. Kendaraan yang beroperasi di Jakarta ini pernah dinaikkan kembali pamornya di sinetron Si Doel Anak Sekolahanpada tahun '90-an. Nah, hal itu pun bisa menjadi salah satu ajang promosi kepada orang-orang semasanya.

Oplet yang berawal dari kata Opel Let atau Opel kecil walau ada juga yang mengatakan Chevrolet sampai auto let. Kendaraan ini sangat menjadi andalan bagi para penumpang di tahun '60-an sampai '70-an. Oleh karena itu, oplet ini bisa disebut bahwa sudah tua jika melihat dari zaman sekarang. Namun pada zaman ini, oplet pun sudah tergerus oleh kendaraan angkutan yang lebih fresh. Sampai-sampai, menemukan wajah oplet yang berada di jalanan zaman sekarang pun sangat susah. Mungkin, sangat jarang atau sudah tak ada lagi yang memiliki kendaraan satu ini.

Quote:


Baca Juga:Beberapa Posisi Duduk ketika Makan! Agan dan Sista, Pilih yang Mana?

Dalam hal ini pun tak bisa menyalahkan siapa pun karena zaman semakin berubah dan maju. Maka, kendaraan pun semakin berkembang untuk menciptakan yang lebih baik lagi. Mungkin dulu, oplet mengalami masa yang populer. Akan tetapi, sekarang ini, oplet hanya bisa untuk dikenang saja.

Harus bisa disadari bahwa oplet ini bisa terbilang unik. Kenapa bisa unik seperti apa? Ya, bisa dilihat dari penampilannya yang sebagian bodinya terbuat dari kayu. Oleh karena itu, kendaraan yang satu ini berbeda. Bukan hanya itu saja! Akan tetapi, pintu untuk keluar masuknya para penumpang pun ada di bagian belakang. Jadi, kalau mau masuk ke dalamnya itu seperti mau masuk ke dalam gua karena pintunya bisa terbuka lebar. Hal itu pun yang menjadikan sebuah ciri khas kendaraan sehingga bisa atau mudah teringat terus.

Kendaraan angkutan umum yang satu ini berasal dari mobil sedan Morris Traveller buatan Inggris dengan sebuah ban yang dimodifikasi. Kemudian, orang Betawi mengambil mobilnya dari Austin sehingga sering juga dipanggil Ostin. Bukan itu saja yang patut diketahui dari kendaraan yang satu ini! Akan tetapi, bisa dilihat dari lampu sein yang sangat khas serta sebelum mobil ini dipakai angkutan umum. Maka, harus dimodifikasi terlebih dahulu agar bisa digunakan laiknya angkutan umum.

Quote:


Baca Juga:Ini Buah-buahan yang Sudah Langka dan Terancam Punah

Nah, zaman sekarang, angkutan umum semacam ini sudah sulit ditemukan. Bahkan, sudah tak ada. Kemudian, angkutan ini hanya bisa menjadi sebuah cerita yang indah. Sampai-sampai, bisa juga menjadi sejarah perjalanan angkutan umum di Indonesia yang patut diketahui. Diketahui seperti apa? Ya, diketahui bahwa semasa dulu ada angkutan ini yang sangat populer di kalangan para orang-orang; pekerja; anak sekolahan; Ibu rumah tangga. Sampai-sampai, oplet ini dibawa ke layar kaca pada zaman '90-an.[]




Cangkir Kopi
delfaag
delfatesting260
edv039
edv039 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan