palapanusaAvatar border
TS
palapanusa
Sinosphere Family, Negara-negara Kebudayaan Asia Timur


Hello GanSis selamat akhir pekan, semoga akhir pekan GanSis menyenangkan dan bisa menjadi recharge setelah 5 hari bekerja, dan buat GanSis yang sedang kurang enak badan semoga cepat sehat dan beraktifitas kembali. Di akhir pekan ini ane TS mau bagiin info buat menemani akhir pekan GanSis mengenai Asia Timur. Mungkin diantara GanSis sempat tersirat atau terfikirkan bagaimana negara di Asia Timur seperti Jepang, China, Korea terkadang pakaian, makanan bahkan wajah mereka hampir mirip seperti tidak ada perbedaan.


Sumber Gambar

Bahkan kalau kita melihat kebudayaan mereka hampir semuanya mirip atau sama. Nah hal ini terjadi karena pengaruh kebudayaan China ke daerah sekitarnya, dalam sejarah ekspansi kerajaan China di masa lalu. Pengaruh ini secara kolektif dinamakan "East Asian Culture Sphere", atau biasa disebut juga "Sinosphere" dan juga "Dunia Kebudayaan China" yang bearti negara-negara di kawasan Asia Timur dan Tenggara yang secara historis sangat dipengaruhi oleh budaya China. Budaya China, Jepang dan Budaya Korea (Korsel dan Korut) serta budaya Vietnam umumnya dianggap sebagai budaya utama dalam lingkup budaya Asia Timur. Hongkok (budaya Kanton) dan Taiwan (ROC), merupakan bagian dari Tiongkok raya dan dianggap sebagai Tiongkok Han. Taiwan dan Korea juga pernah menjadi negara kolonial Jepang (dibawah Keshogunan Ashikaga).

Korea dan Vietnam juga pernah menjadi negara anak sungai dari dinasti Tiongkok setelah interaksi ekstensif sebelumnya. Hal umum lainnya yang menjadikan kebudayaan di Asia Timur hampir serupa adalah pengobatan tradisional, ilmu pengetahuan, sastra sejarah dan modern, serta seni masakan (dimsum, sushi,mie,fuyunghai, takoyaki dsb) serta arsitektur hampir semua kebudayaan mereka serupa namun hanya berbeda dalam penyebutan di negara mereka saja. Sinosphere ini GanSis tidak sama dengan konsep seperti China Raya (China daratan, Makau, Taiwan, Hong Kong, dll) ataupun seperti Sinofon (Malaysia dan Singapura).


Sumber Gambar

Dalam kebudayaan Sinosphere dalam hal sastra Bahasa China Klasik, sebuah aksara logografis yang berasal dari China kuno, menjadi lingua franca regional awal dalam bentuk tertulis dan, dengan demikian, merupakan fasilitato utama pertukaran budaya dan sastra di wilayah tersebut. Karakter bahasa atau sastra China klasik ini masing-masing disebut dengan istilah Hanzi di China, Kanji di Jepang, Hanja/Hancha di Korea, dan Chu Nho/Chu Han di Vietnam. Sedangkan GanSIs untuk wilayah di China Raya, baik China Tradisional maupun China sederhana bahasa yang digunakan adalah berbagai bahasa Sinitik.

Sedangkan untuk aksara bahasa penting lainnya di wilayah tersebut adalah Katakana dan Hiragana di Jepang, Hangul dari Korea, dan pada tingkat lebih rendah, Chu Nom dari Vietnam merupakan aksara terendah dalam kebudayaan Sinosphere. Dalam aksara Chu Nom terdiri atas gabungan karakter aksara China yang dibuat untuk mewakili bahasa Vietnam vernakular. Bersamaan dengan aksara Han Tu, naskahnya menjadi Han-Nom di Vietna. Aksara Chu Nom sendiri digunakan secara luas antara abad ke-15 dan ke-19 sampai IndoChina Prancis membuat alfabet Latin Vietnam menjadi sebuah skrip resmi di Vietnam sejak akhir abad ke-19. Interaksi budaya, pertukaran dan re-Invention adalah hal biasa didalam lingkup kebudayaan Timur.


Sumber Gambar

Jadi GanSIs hampir semua negara yang berada dalam wilayah Asia Timur semua merupakan satu rumpun seperti Melayu yang menjadi pusat atau dasar dari kebudayaan di Asia Timur hampir mirip awalnya berasal dari China Daratan yang diawal dari invasi yang pernah dilakukan dimasa lampau oleh dinasti China pada masa itu yang membuat kebudayaan yang tercipta hampir sama dan mirip makanya hal ini disebut sebagai SInosphere Family alias negara-negara dengan kebudayaan timur.

Sekian GanSis thread dari TS mohon maaf jika ada tulisan yang salah karena keterbatasan TS dalam menulis thread ini semoga dimaklumi, dan buat GanSis yang baca thread ini jangan lupa beri tanggapan dan semoga kita bisa diskusi lewat kolom komen dan tolong gunakan bahasa yang baik jangan menyinggung hal-hal lain diluar topik ya GanSis.

Terimakasih dan sampai ketemu dithread lainnya.
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai




Spoiler for Sumber dan referensi:



aldo12
ulermaboq
emineminna
emineminna dan 17 lainnya memberi reputasi
14
5.4K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan