sualight1Avatar border
TS
sualight1
Dugaan Penipuan CPNS, Olivia Nathania Diperiksa Perdana Senin Pekan Depan


Jakarta - Olivia Nathania dan suaminya Rafly N Tilaar akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Senin pekan depan dalam kasus dugaan penipuan CPNS.


Putri penyanyi lawas Nia Daniaty itu sebelumnya dilaporin oleh ratusan orang yang mengklaim menjadi korban penipuan penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS yang digelar oleh Olivia dan suami.

"Sudah kami kirim surat pemanggilannya. Nanti kemungkinan Senin depan akan diperiksa," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Kamis, 30 September 2021.

Sebelumnya, Olivia Nathania dan Rafly N Tilaar dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas tudingan melakukan penipuan dengan modus bisa memasukan seseorang menjadi pegawai negeri sipil alias PNS. Tak tanggung-tanggung, korban dari modus penipuan ini mencapai 225 orang.


"Ini ada 225 orang ditipu dengan jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp9,7 miliar lebih," ujar pengacara para korban Odie Hodianto di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 24 September 2021.

Odie mengatakan laporan para korban terdaftar dengan nomor LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 23 September 2021. Saat mengajukan laporan, Odie turut ditemani perwakilan para korban.

Mengenai kronologi penipuan itu, berawal saat Olivia menawarkan para korbannya agar menjadi PNS tanpa tes pada tahun 2019. Sebagai persyaratan, satu korban harus membayar uang sebesar Rp25 juta sampai Rp156 juta.

Untuk meyakinkan korbannya, Olivia mengatakan para korban yang mendaftar PNS lewat dirinya akan ditempatkan sebagai pengganti PNS yang dipecat atau meninggal karena Covid-19.


Para korban yang tergiur kemudian menyetorkan uang tersebut kepada Olivia. Namun hingga waktu yang dijanjikan, mereka tak kunjung diangkat menjadi aparatur pemerintah.

Hingga beberapa korban berinisiatif menanyakan status dirinya ke Badan Kepegawaian Negara. "BKN menyatakan bahwa tidak ada namanya korban di jalur prestasi dari 2019 sampai tahun 2021," beber Odie.

Atas perbuatannya, para korban penipuan CPNS melaporkan Olivia dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP tentang penipuan.

speakerdisco
sianidin
gumnut
gumnut dan 4 lainnya memberi reputasi
5
7K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan