trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
[COC Reg. Cirebon] Terasi Udang Khas Cirebon Bikin Sambal Mantap Surantaps




Hallo apa kabar Agan Sista, Bunda-bunda cantik penggemar kuliner. Semoga tetap semangat walaupun pandemi Corona belum berlalu, yang terpenting tetap menjaga kesehatan untuk kita dan keluarga tercinta.

Berbicara tentang Kota Cirebon, yang ada dibenak kita langsung tertuju ke Terasi Udang Cirebon. Karena setiap penggemar kuliner, biasanya akrab dengan tambahan bumbu yang satu ini. Simungil yang baunya khas banget, terbuat dari udang rebon, yang bisa menjadikan menu masakan jadi sedap mantap surantaps!

Berbagai menu masakan atau sambal yang menggunakan terasi itu bikin napsu makan bertambah, bisa-bisa makan nggak cukup satu piring, pingin nambah dan nambah lagi, itulah pesona terasi Cirebon yang sudah akrab bagi kuliner Indonesia.



Bahan utama terasi khas Cirebon adalah udang rebon yang segar yang ditumbuk halus. Kemudian melalui proses pembuatan terasi.
Terasi udang Cirebon ini, bisa kita dapatkan tidak hanya di Cirebon Gan Sist, karena di pasar-pasar tradisional, bahkan di Swalayan di Indonesia, terasi Cirebon ini juga ada.



Harga dari terasi Cirebon juga tergolong tidak mahal, bahkan yang ukurannya kecil-kecil juga ada.
Bahkan sekarang ada terasi yang sudah di oven, jadi tidak perlu menggoreng lagi langsung bisa digunakan. Bagaimana Gan Sis oke 'kan, kalau mau masak nggak usah repot-repot lagi tinggal uleg.



Apa saja menu masakan yang bisa dibuat dari terasi Cirebon adalah sebagai berikut.




1. Sambal terasi Udang rebon



Sambal terasi udang rebon, menu sedap ini berbahan dasar udang rebon, dengan bumbu-bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, menjadikan masakan ini digemari, rasanya yang mantap dipadu dengan nasi hangat, wow makan jadi bisa nambah nih.

2. Sambal bawang rebon



Sambal yang kelihatan lebih di dominasi bawang merah dan bawang putih ini juga mengandalkan terasi untuk memperkuat rasanya. Dan sambal bawang rebon ini sangat cocok sebagai tambahan lauk dengan nasi hangat.

3. Sambal Terasi Ala Bunda Oya



Sambal terasi penambah nafsu makan, ini ngebuatnya harus pakai terasi Gan Sis, namanya juga sambal terasi.
Pokoknya yang namanya terasi udang Cirebon itu TOP BGT deh, bisa menjadikan sambal tambah mantap rasanya.
Untuk colekan lalapan sambal terasi ini juaranya deh. Lalapan bisa daun kemangi, mentimun, daun singkong dicocol dengan sambal terau udang Cirebon ini, rasanya syadudududu deh.

Resep membuat sambal terasi ala Bunda Oya.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

5 buah cabe rawit
2 buah cabe merah
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 potong terasi (lebih sedap terasinya disangrai atau dibakar)
1 buah tomat
garam dan gula merah secukupnya

Cara membuatnya:

Goreng semua bumbu-bumbu diatas kemudian uleg menggunakan cobek, tambahkan garam dan gula merah, tes rasa, siap deh untuk colek-colek teman lauk.


4. Pecel sayur



Sambal Pecel sayur agar rasanya menjadi tambah mantap, dalam perpaduan antara bumbu kacang, cabe, gula merah dan garam juga ada tambahan terasinya lho, biar rasanya tambah nikmat.

Quote:


Okey deh Gan Sis semoga produk terasi dari Cirebon ini akan tetap senantiasa Jaya, bisa terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi sampai juga ke luar negeri. Cocok banget sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Cirebon.
Kalau ingat Cirebon pasti ingat terasinya juga.
Sampai jumpa di Thread selanjutnya jangan lupa bahagia.


Penulis trifatoyah (BundaOya)
Sumber gambar
dok.pri dan
Referensi:
ini
ini
Cookpad.com
ini
Diubah oleh trifatoyah 15-09-2020 22:01
embunsuci
ceuhetty
yukabidazahra
yukabidazahra dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.9K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan