ih.sul
TS
ih.sul
Mengenal Hitobashira, Tradisi Tumbal Proyek


Manusia memiliki tiga kebutuhan yang paling dasar yang mana dikenal sebagai kebutuhan primer. Tiga kebutuhan tersebut adalah sandang, pangan dan papan. Melewati berbagai jaman ketiga kebutuhan ini ikut berevolusi bersama manusia, tidak terkecuali kebutuhan papan alias tempat tinggal.

Dulu manusia purba biasa tinggal di tempat perlindungan alami seperti gua atau celah pohon namun sekarang manusia sudah belajar untuk membangun rumah sendiri dengan beton dan besi. Meski demikian ada sebuah kisah unik yang berhubungan dengan pembangunan rumah dan kisah ini berasa dari Jepang.

kisah tersebut berhubungan dengan proses konstruksi yang mana seorang manusia akan 'dimasukkan' ke dalam bangunan yang sedang dibangun dan sengaja dikubur hidup-hidup sebagai bagian dari fondasi bangunan. Hal ini disebut dengan Hitobashira atau pilar manusia.



Hal ini dilakukan karna adanya kepercayaan kuno bahwa bisa lebih stabil dan tahan lama dengan menyegel manusia di dalam tembok sebagai persembahan pada dewa. Kasus paling populer mengenai Hitobashira ini adalah saat pembangunan kastil Matsue di abad ke tujuh belas. Saat itu pilar tengah dari bangunan selalu saja ambruk karna berbagai alasan namun setelah mereka 'menyegel' seorang wanita di dalamnya pilar tersebut berhasil berdiri. Meski demikian arwah sang gadis yang dikorbankan dirumorkan menghantui bangunan tersebut.

Memang, tak ada bukti nyata bahwa tradisi Hitobashira ini sungguh-sungguh dilakukan namun ternyata memasukkan manusia ke dalam konstruksi sudah terjadi jauh sebelum itu yakni pada masa pembangunan tembok raksasa cina. Dikisahkan tubuh dari budak-budak yang tewas dalam pengerjaan tembok tersebut dikubur dalam tembok itu sendiri agar tidak perlu repot-repot mengurus mayatnya.

Di Indonesia sendiri ada istilah 'tumbal proyek' yang cukup mirip dengan Hitobashira. Dikisahkan saat pembangunan jembatan para pekerja akan mencari dua orang anak untuk dikubur hidup-hidup di dalam pilar penyangga agar roh mereka menjadi penjaga jembatan sehingga jembatan tetap awet.



Memang, sejak jaman dahulu sudah banyak cerita mengenai tumbal dan segala macam hal yang sejenis. Entah apakah ini benar atau tidak semua itu kembali pada kita semua yang membacanya. Sekian dari saya dan coba perhatikan baik-baik dinding rumah Anda, apakah ada sesuatu yang lain selain tiang dan beton disana?

sumur
Diubah oleh ih.sul 21-09-2021 11:47
jerrystreamer1aldiy84bukan.bomat
bukan.bomat dan 27 lainnya memberi reputasi
28
67.9K
140
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan