adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Hati-Hati, GanSis. Menanamkan Mental Selalu Jadi Korban Bikin Susah Maju

Kita, sebagai pengguna sosial media atau manusia pada umumnya, pasti sering banget ngalamin yang namanya galau atau ngeliat ornang lain galau. Perasaan sedih ditambah bimbang ini bukan semata-mata dateng bukan tanpa alasan, Sist.. pasti punya latar belakang tertentu. Misalnya bisa dari permasalahan keluarga, pertemanan, kerjaan, bahkan sampai ke percintaan. Poin terakhir mungkin banyak disepelein mayoritas orang. Ketika individu ngerasa hidup terlalu berat, biasanya mereka bakal nerapin mental ‘korban’ atau ‘victim’.


Photo By Beritasatu.com

Kondisi ini biasanya bisa keliatan pas lo lagi curhat ke temen, terus bukannya dengerin atau kasih nasihat, eh malah ngebandingin masalah yang mereka punya. Dalam kasus kayak gini sih.. Paling sering ketemu temen egois yang cuma mau pokoknya hidupnya dia paling sengsara dan kita sebagai relasinya harus ngerti tentang hal ini. Dari semua masalah dihadapin orang lain, gak sebanding sama problem hidup si orang dengan mental victim ini. Ketika ada yang ngeritik, bukannya coba intropeksi atau perbaikin diri, tapi selalu minta dingertiin dan diterima apa adanya.

Ya elah cuma putus doang, belum seberapa nih sama bos gue di kantor bawel banget!”

“Baru diselingkuhin doang.. Gue ditinggal nikah. Bayangin gak lo?!”

“Ya gue kan emang gini orangnya, kalau lo gak bisa terima, pergi aja.”

Dan semua komentar negatif lainnya.


Photo By Dictio.id

Hayo, ngaku, dari Agan & Sista sering atau pernah gak nih punya temen macem ini? Kira-kira kalian tau gak alasannya kenapa?

Semua permasalahan atau suatu kondisi yang kurang normal pasti ada penyebab atau biasa disebut biang keroknya. Gak mungkin dong tiba-tiba seseorang punya sikap jelek dari lahir? Mental selalu jadi korban ini, biasanya datang dari bagaimana kehidupan sehari-hari si orang ini dan didukung sama lingkungannya. Kenapa mereka mau terus merasa didengar atau menggelegarkan permasalahan yang dimiliki? Karena sebenarnya tak ada sosok yang menjadi pendengar atau sekedar pundak untuk bersandar. Dari orang terdekat seperti keluarga gak ada, dan temen bahkan udah kesel duluan denger dia yang selalu self centered tentang masalahnya.


Photo By Medium.com

Ane sih ngerasa orang macem ini cuma butuh pendengar dan sosok yang selalu ada. Mungkin bener harus menyayangi diri sendiri sebelum sayang sama orang lain supaya gak ketergantungan. Tapi, namanya manusia pasti makhluk sosial dan membutuhkan orang lain kan? 

Buat Agan & Sista sekarang, mending cepet-cepet intropeksi deh ke temen, sahabat, bahkan pasangan.. Kira-kira kalian punya gak nih mental victim atau selalu ngerasa jadi korban dalam hidup? Kerasa cuma ada pait aja sehari-hari dan cuma bisa ngeliat segala sesuatunya dari perspektif negatif. Kalau punya, mending buru-buru berubah dan jadi sosok yang lebih baik. Selain capek buat mental, sikap ini juga bisa bikin jauh orang tersayang. Cara paling penting adalah dengan ngurangin ekspektasi kamu ke manusia. Manusia itu cuma makhluk biasa yang bahkan hatinya gampang dibolak-balik. Jadi penyelamat diri sendiri dulu baru minta bantuan orang lain.

Bukan cuma ganggu dalam bersosialisasi aja loh, GanSis. Tapi juga ganggu di ranah lainnya, seperti kerjaan, pendidikan, atau bahkan kehidupan sama pasangan karena kita selalu ngeliat segala hal cuma dari kurangnya aja. Contoh kecilnya ketika kena phk di tempat kerja, orang dengan mental selalu jadi korban, pasti bakal terus nyalahin si perusahaan dan males untuk bangkit. Padahal, kalau diliat lebih jauh, mungkin belum rezekinya dan bisa dapet banyak kesempatan baru. Misalnya berkarir di tempat yang lebih cemerlang atau ngebangun bisnis. Jadi jangan selalu ngerasa hidup itu jahat ke lo doang ya, GanSis. Nyatanya jahat ke semuanya kok.. Cuma itu ya cobaan yang pasti bakal berlalu kalau kita mau.

emineminna
fachri15
nikowarkop
nikowarkop dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.7K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan