YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Benarkah Tempat Tinggal Kita Memengaruhi Jenis Hantu yang Terlihat?




AganSis percaya nggak sih akan adanya hantu? Apakah wujudnya nyata atau hanya sekadar refleksi dari pikiran kita saja.


AganSis sadar nggak kalau hantu-hantu tersebut seolah memiliki wilayah masing-masing. Misalnya saja Indonesia akan identik dengan hantu tiga serangkai ( Kuntilanak, Pocong, dan Gendruwo). Selanjutnya kita akan menyebut ketiganya dengan Miss Kunti, Mas Poci dan Om Gen, untuk menghilangkan kesan seram dan lebih imut.






Hantu tiga serangkai tersebut hanya akan muncul (menghantui) orang-orang yang berdomisili atau pribumi asli Indonesia. Mereka tidak akan muncul di luar negeri, kan? Ane jadi penasaran ingin menanyakan pada AganSis yang tinggal di luar negeri apakah kalian juga melihat (memercayai) kemunculan hantu-hantu ini, ataukah bayangan penampakan hantu di kepala kalian sudah berbeda, misal menjadi Vampir, Drakula dan sebagainya. Jika memang jenis hantu tiga serangkai ini hanya muncul di Indonesia, selanjutnya ane akan menyebutnya sebagai hantu lokal. emoticon-Big Grin


Lalu bagaimana dengan hantu Kuyang yang notabene masih betah berada di Pulau Kalimantan dan belum berniat migrasi ke luar pulau, Bali misalnya. Ane nggak mau menyebut Jawa karena ane benci penampakan Kuyang dan nggak berharap mereka akan hadir di sini. emoticon-Big Grin






Seperti yang kita tahu, Kuyang adalah hantu dengan wujud wanita berambut panjang dengan organ tubuh terbuka (kelihatan). Kuyang diceritakan merupakan hantu yang berada di Kalimantan. Jika mereka benar-benar hanya ada di pulau tersebut selanjutnya ane akan menyebutnya sebagai hantu interlokal. emoticon-Big Grin


Ada hantu lokal, interlokal, selanjutnya hantu internasionalnya apa ya? Coba kita tanyakan pada para pakar dunia perhantuan. emoticon-Big Grin




Nah, pertanyaan selanjutnya yang mengusik ane adalah, darimana sebenarnya mereka berasal? Lebih tepatnya, siapa yang menciptakan makhluk-makhluk ini dan siapa yang menamainya? Setahu ane, Allah hanya menciptakan jin. Nah, apakah hantu adalah salah satu jenis jin? Tolong yang pakar agama mungkin bisa memberi pencerahan pada ane.



Darimana asal nama Miss Kunti, Om Gen, Mas Poci ini berasal? Apakah dari budaya? Apakah dari mitos di daerah-daerah? Lalu dalam film-film, mereka digambarkan dengan ciri khasnya, seperti Kunti yang wanita berambut panjang, Poci adalah orang berbalut kain putih dengan ikatan di kepala dan kaki serta jalan loncat-loncat. Siapa yang menggambarkan mereka pertama kali? Apakah pernah muncul penampakan, kemudian menjadi patokan bahwa wujud mereka seperti ini.






Ini tidak berlaku hanya di Indonesia. Di negara lain pun sama. Buktinya, mereka pun juga membuat film-film horor dengan penampakan jenis hantu yang mereka percayai. Apakah hantu-hantu yang ada dalam film-film tersebut juga pernah muncul di dunia nyata mereka, sama seperti di negara kita? Kalau begitu benar dong, bahwa tempat tinggalmu memengaruhi jenis hantu yang kaulihat? Orang Indonesia dengan budaya dan cerita tentang Kunti dan Poci, pun dengan film-filmnya tentang mereka menjadikan kita lebih sering terbayang penampakan dari hantu-hantu tersebut. Karena di Indonesia tidak ada cerita tentang vampir, maka kita juga tak membayangkan mereka akan terlihat di sekitar kita. Ini cuma perumpamaan ya, ane sendiri tak tahu jenis hantu apa saja yang populer di negara lain. emoticon-Big Grin

Mungkin lebih tepatnya, bayangan akan wujud hantu-hantu tersebut bergantung pada cerita apa yang kita dengar, budaya apa yang kita percayai dan sebagainya.


Nah, kemudian bagi orang-orang yang sudah jelas-jelas tak pernah melihat penampakan atau wujud mereka, terang-terangan merasa takut tanpa sebab. Mungkinkah pengaruh dari menonton film atau mendengar cerita seram? Itu kan hanya film. Itu kan hanya cerita. Semua fiksi, kan?


Beberapa orang tak waras bahkan nekad memanggil mereka, ingin tahu penampakan mereka. Entah sekadar iseng atau benar-benar ingin tahu.





Selanjutnya ketika penampakan itu muncul, mereka itu benar-benar memunculkan diri atau ternyata hanya sebatas bayangan dari pikiran kita sendiri?



AganSis, dunia ghaib itu ada dan kita harus percaya. Namun, berarti kita takut kemudian memikirkan dan membayangkan sampai-sampai bayangan itu muncul di hadapan kita. Mereka hidup di alam mereka sendiri dan tak akan mengganggu kita selama kita tak mengganggu mereka. Kita harus meyakini bahwa mereka lebih lemah daripada kita.


AganSis, pertanyaan terakhir untuk kalian, pernahkah AganSis  benar-benar melihat hantu (merasakannya) secara nyata? Silakan share pendapat dan pengalamannya di kolom komentar.



emoticon-Shakehand2





Opini Pribadi

Penulis : @YenieSue0101
Sumber Gambar : 1, 2, 3, 4, 5

rizkyarif23
Aramina
asamboigan
asamboigan dan 20 lainnya memberi reputasi
21
9.4K
207
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan