davinofAvatar border
TS
davinof
Gara-Gara SKM Tak Boleh Diseduh, Netizen Pada Ribut


Pas lagi Iseng-iseng baca berita, tiba-tiba gua nemu berita ginian :

'Menurut Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Rita Endang, meminum susu kental dengan diseduh air panas adalah kebiasaan yang salah.'



Nah, gara-gara berita ini, netizen di banyak media sosial jadi pada ribut. Ada yang kesel, kaget, sampe ada yang merasa tertipu oleh iklan SKM.Bahkan bagi masyarakat yang sudah kadung mengkonsumsi SKM selama puluhan tahun dengan cara diseduh serasa kesamber petir gegara berita tersebut.....

Quote:


Persoalan ini menurut gua menjadi ribet bukan hanya karena SKM itu tidak layak disebut sebagai susu. Tapi saran penyajiannya pun menjadi kontroversial... Apakah boleh diseduh atau tidak? Bingung kan lu? emoticon-Big Grin


Sekilas Fakta Tentang SKM


Infografis : tirto.id

Semua orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke pasti tahu yang namanya SKM alias Susu Kental Manisyang biasa dijual di warung-warung hingga supermarket besar.

Ada beberapa merek SKM yang sangat terkenal di Indonesia, diantaranya SKM cap ben*de*a dan SKM Ind*mi*lk. Elu suka yang mana?

Ada hal menarik kalo kita ngomongin SKM yang oleh sebagian besar bahkan bisa jadi oleh seluruh rakyat Indonesia, bahwa SKM itu dianggap sebagai produk susu.

Padahal sejatinya, SKM secara tegas dikatakan oleh Kemenkes dan BPOM bukan termasuk susu bernutrisi. Apalagi pake embel-embel susu cair murni segar. Bahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan SKM tidak bisa memenuhi nutrisi anak.

Secara sederhana SKM adalah sejenis cairan kental rasa manis karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Apakah memiliki unsur susu? Iya ada! Tapi nilainya cuma seuprit. Hanya 8% dari seluruh total kandungan.

Jadi kalo buat gue, SKM itu sama aja dengan cairan sirup sebagai pelengkap makanan atau minuman doang. Ya semacam toping'lah.

Cuma celakanya, hampir semua orang di Indonesia menganggap bahwa SKM ini adalah susu. Walau mereka gak tau ini susu apaan? Pokoknya susu. Ditambah lagi sejak zaman Soeharto masih presiden, hampir semua iklan SKM ini diposisikan seolah-olah sebagai produk susu.... emoticon-Big Grin

Siapa Yang Salah?

Simpel aja, buat gua yang salah itu ya iklannya.....Kesalahan kedua karena harga susu asli bubuk itu harganya mahal banget. Tapi yang paling fatal jelas salah kemenkes dan BPOM yang kerap memberi informasi karut marut alias membingungkan masyarakat.

Gimana kalo menurut lu bray? emoticon-Bingung



Oleh : Davinof 2021 @kaskus

Source of Pictures : Google Images & Screenshot

Referensi : klik

Referensi : klik

Referensi : klik

Diubah oleh davinof 14-09-2021 02:49
akudanme
jiresh
eyefirst2
eyefirst2 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
10.9K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan