cattleyaonly
TS
cattleyaonly
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
Kalau membicarakan tentang Kota Kudus, sudah pasti yang terlintas adalah makanan khasnya. Di thread ini ane ingin ulas jajanan khasnya yang berbahan dasar ketan.

Sebelum pandemi covid-19 tempat-tempat yang menjual jajanan khas atau oleh-oleh khas Kudus ini begitu padat pembeli, sampai-sampai sulit mendapatkan tempat parkir. Biasanya para pelancong, baik yang berwisata alam maupun wisata religi berburu jajanan khas Kudus ini sebagai buah tangan. Sekarang, bahkan Toko Mubarok, di mana terdapat museum jenang Kudus di lantai keduanya, terlihat begitu sepi pengunjung. Toko hanya dikunjungi oleh warga lokal yang menginginkan cemilan. Namun, pembeli tidak perlu takut, karena prokes di sini sangat dijaga. Pembeli tidak bisa masuk toko tanpa memakai masker atau memakai masker dengan tidak benar.

Museum Jenang Kudus
Sumber: dokumen pribadi

Museum Jenang Kudus
Sumber: dokumen pribadi

Jajanan khas kudus dari ketan biasanya menjadi primadona di toko-toko oleh-oleh. Apa sajakah itu?

1. Jenang Kudus

Kudus dan jenang merupakan dua kata yang begitu akrab satu sama lain. Oleh-oleh jenang kudus sudah melegenda sejak dahulu kala. Makanan yang terbuat dari tepung ketan, gula dan santan ini memang legit gurih dan cukup awet jika disimpan.

Sumber: dokumen pribadi]

2. Madumongso

Makanan khas yang terbuat dari tape ketan putih atau ketan hitam dicampur gula dan santan ini memang bercita rasa khas. Manis, gurih, dan sedikit asam yang berasal dari rasa tape ketannya.

Sumber: dokumen pribadi


3.keciput



Sumber: dokumen pribadi

Keciput berbahan dasar tepung ketan, tapioka, gula, margarin dan telur. Mempunyai rasa gurih dan manis. Makanan ringan ini diselimuti wijen di sekelilingnya dan tahan lama.


4. Rengginang



Sumber: dokumen pribadi

Rengginang berbahan dasar ketan. Panganan yang gurih dan renyah mirip kerupuk  ini cocok menjadi cemilan saat nonton televisi atau bersantai. Makanan ini disebut-sebut berasal dari Kabupaten Kudus meskipun sangat populer pula di wilayah lain.

5. Intip Ketan
Intip ketan di Kudus merupakan makanan khas yang hanya ada di bulan suci Ramadhan. Ketan yang telah matang yang dihaluskan dan dicampur kelapa diletakkan di dalam wajan sehingga akan mengeras bagian bawahnya yang biasa disebut intip.




Selain jajanan berbahan dasar ketan ini masih ada lagi oleh-oleh lain yang bisa dibawa dari Kudus yaitu
1. Kacang bawang
2. Kipo Muria
3. sirup Parijoto
4. Kopi Jetak



Spoiler for Sirup Parijoto:


Nah Gansis, jajanan apa nih yang sudah pernah Gansis coba? Selamat berwisata kuliner ya, Gansis, semoga sehat selalu sehingga suatu saat bisa jalan-jalan ke kota Kudus.

Sumber: 
Opini pribadi
Gambar : dokpri, google
Di Sini
Di Sini
red.wangyiemineminnaenyahernawati
enyahernawati dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.8K
41
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan