kamar.tekno247Avatar border
TS
kamar.tekno247
Jangan Panik! : Windows 10 Tetap Dapat Digunakan Hingga 2025


Windows 10 Tetap Dapat Digunakan Hingga 2025 – Setelah Microsoft mengumumkan Windows 11, beberapa publikasi [url=https://hackaday.com/2021/06/29/the-great-windows-11S E N S O Rputer-extinction-experiment/][color=var(--linkInitialColor)][size=3][font=-apple-system, BlinkMacSystemFont, "Segoe UI", Roboto, Helvetica, Arial, sans-serif, "Apple Color Emoji", "Segoe UI Emoji", "Segoe UI Symbol"]memperingatkan[/font][/size][/color][/url] bahwa OS baru akan membuat jutaan PC menjadi usang. Untungnya, Anda dapat terus menggunakan perangkat keras PC Anda saat ini dengan aman dengan Windows 10 setidaknya selama empat tahun lagi. Inilah alasannya.

Pada 2025, PC Anda Saat Ini Akan Berusia Setidaknya Empat Tahun

Microsoft telah menetapkan tanggal akhir dukungan Windows 10 hingga 14 Oktober 2025. Setelah itu, Windows 10 tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan baru dari Microsoft, dan Windows 10 akan dianggap “akhir masa pakainya” (mati secara komersial).



Sementara itu, Windows 11 hanya akan berjalan pada CPU mulai akhir 2017 atau lebih cepat—di antara fitur-fitur lainnya. Hal ini telah menyebabkan beberapa penulis menyatakan bahwa Microsoft akan sia-sia kehilangan perangkat keras komputer yang sangat baik, berpotensi menciptakan masalah limbah elektronik yang tidak perlu.



Tapi begini: Jika Anda memiliki PC dari akhir 2017 atau lebih tua (sekitar empat tahun), sekarang, PC itu akan berusia setidaknya delapan tahun ketika Microsoft berhenti mendukung Windows 10 pada tahun 2025. Jadi, Anda punya banyak waktu untuk menggunakan PC Anda saat ini dengan Windows 10 sebelum peningkatan berikutnya. Empat tahun adalah waktu yang lama di dunia teknologi!


Sementara beberapa orang menggunakan PC yang sama selama satu dekade, banyak yang memilih untuk meningkatkan lebih cepat dari itu. Menurut Statista, umur rata-rata PC desktop saat ini adalah [color=var(--linkInitialColor)]sekitar 6 tahun sebelum diganti dengan upgrade, Windows 11 atau tidak. Ini adalah bagian dari pola yang membentang kembali ke awal industri PC.

[/color]Siklus Peningkatan PC Tanpa Akhir

Industri komputer telah dilingkari ke dalam siklus peningkatan tanpa akhir sejak awal, karena laju kemajuan teknologi dalam teknologi informasi yang cepat. Windows 95, khususnya, menyebabkan tekanan pada pers atas sistem operasi yang lapar akan RAM 8 megabita, yang membuat jutaan PC yang menjalankan Windows 3.1 kehabisan tenaga.

Kami bahkan pernah ke sini sebelumnya dengan Windows 10—persyaratan sistem untuk Pembaruan Windows 10 Creator pada tahun 2017 mendorong ComputerWorld untuk mengeluh bahwa itu akan membuat terlalu banyak PC menjadi usang. (Akhirnya, Microsoft mengizinkan beberapa mesin yang sedikit lebih tua untuk terus menerima pembaruan keamanan.)

Yang pasti, limbah elektronik adalah masalah yang monumental, tetapi PC yang dibuang pada tahun 2025 tidak akan menjadi kesalahan Windows 11 saja. Bahkan jika Microsoft tidak pernah merilis Windows 11, banyak orang dan organisasi akan meninggalkan komputer mereka yang berusia delapan+ tahun pada tahun 2025 karena perangkat keras gagal dan inovasi baru memacu peningkatan.

Skenario Alternatif

Jika Anda ingin tetap menggunakan perangkat keras PC Anda saat ini yang tidak dapat menjalankan Windows 11 hingga Oktober 2025 dan seterusnya, Anda memiliki beberapa opsi. Yang pertama adalah tetap menjalankan Windows 10 di luar titik itu, menempatkan data Anda pada risiko besar karena kerentanan keamanan perangkat lunak yang tidak ditambal. Atau, Anda dapat berharap tanpa harapan bahwa Microsoft memperluas dukungan untuk Windows 10 melampaui tanggal akhir masa pakainya seperti yang dilakukan dengan Windows XP dan Windows 7 di masa lalu karena popularitasnya.

Atau, akhirnya, Anda dapat mencoba menjalankan OS alternatif seperti Linux pada perangkat keras Anda yang sudah tua. Ini bukan Windows yang Anda kenal, tetapi itu akan menyelamatkan PC Anda dari tumpukan memo hanya untuk beberapa saat lagi.

Windows 10 Tetap Dapat Digunakan Hingga 2025

Windows 11 atau tidak, semua perangkat keras PC membutuhkan penggantian akhir jika Anda ingin mengikuti teknologi terbaru, tetapi Anda akan memiliki delapan+ tahun yang hebat dengan mesin Anda saat ini, yang cukup terhormat di era perubahan teknologi yang cepat ini.

Kami harap artikel ini membantu Anda Mengetahui Jangan Panik! : Windows 10 Tetap Dapat Digunakan Hingga 2025.

Jika Anda menyukai artikel ini atau ada yang ingin ditanyakan, silakan komentar dibawah. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.



0
1.9K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan