cepegopeAvatar border
TS
cepegope
Virgin Galactic Berhasil Mewujudkan Mimpi Orang ke Luar Angkasa
Quote:


Itulah kalimat yang dikatakan Richard Branson si juragan bisnis penerbangan luar angkasa yang berhasil yang akhirnya memungkinkan orang biasa dapat menikmati indahnya bumi dari luar angkasa. Tidak seperti penerbangan Zero G yang hanya sampai batas merasakan gravitasi nol, Virgin galactic berhasil membuat sebuah wahana canggih yang dapat membuat semua orang melihat langsung kondisi bumi dari luar angkasa. 

Spoiler for vss unity:


Pada 11 Juli 2021, Virgin Galactic menerbangkan penerbangan uji coba dengan pesawat bertenaga roket berawak penuh pertama, yang menyambut awal era baru ruang angkasa. Penerbangan itu merupakan uji terbang ke-22 VSS Unity dan uji terbang pertama dengan awak penuh di dalam kabin, termasuk pendiri Perusahaan, Sir Richard Branson. 

VSS Unity, sebelumnya disebut sebagai VSS Voyager, adalah pesawat antariksa berawak bertenaga roket suborbital kelas SpaceShipTwo. Pesawat ini adalah SpaceShipTwo kedua dan akan digunakan sebagai bagian dari armada Virgin Galactic. Ini pertama kali mencapai ketinggian lebih dari 50 mil pada 13 Desember 2018. 

Spoiler for sir bran:


Branson bersama dengan awaknya yaitu karyawannya sendiri Beth Moses, Colin Bennett, dan Sirisha Bandla dan pilot Dave Mackay dan Michael Masucci. Mereka menaiki SpaceShipTwo, sebuah pesawat bersayap dengan motor roket tunggal yang telah dikembangkan oleh perusahaan selama hampir dua dekade, sebelum fajar. 


Spoiler for SpaceShipTwo:


Pesawat SpaceShip Two disambungkan dengan VSS Unity (WhiteKnightTwo) yang besar dan berbadan kembar. Wahana itu take-off dan naik ke ketinggian sekitar 50.000 kaki di udara. Sebelum VSS Unity melepaskan Spaceship Two, VSS Unity melepaskannya pada kecepatan mach 3 (3704 Km/jam ). 

Sekitar 10 menit sebelum diluncurkan dari pesawat induk yaitu whiteknighttwo/uss unity, Unity beralih ke daya baterainya sendiri, dan melakukan kontrol penerbangan dan pemeriksaan listrik. Setelah dirilis oleh Eve, pilot Unity C.J. Sturckow dan Dave Mackay menyalakan motor roket, lalu mematikannya beberapa menit kemudian, dengan momentum pesawat ruang angkasa menjaganya tetap melaju menuju puncaknya, atau titik tertinggi.

Pelepasan berjalan dengan mulus dan Spaceship Two berhasil menyalakan tenaga rocket nya hingga ketinggian yang ditargetkan. Dan ketika SpaceshipTwo berhasil mencapai puncaknya sekitar pukul 11:30, wahana tersebut berbelok lambat, kemudian meluncur kembali ke atmosfer Bumi, mendarat sekitar pukul 11:43 waktu setempat di landasan pacu Spaceport America, bandara yang sama saat penerbangannya dimulai.



Spoiler for WhiteKnightTwo:


“Anda belum pernah melihat semua insinyur yang bangga,” kata Colglazier Virgin Galactic’s engineering team . Puluhan karyawan perusahaan berkumpul untuk menyaksikan uji terbang di bawah langit biru cerah di Spaceport America.

Saat Branson melayang-layang dalam gaya gravitasi mikro, dia merekam pesan menggunakan kamera di pesawat luar angkasa dan berkata:

"To all you kids out there — I was once a child with a dream, looking up to the stars. Now I'm an adult in a spaceship...If we can do this, just imagine what you can do,"

"Untuk semua anak-anak di luar sana — saya pernah menjadi seorang anak dengan mimpi, memandang ke bintang-bintang. Sekarang saya seorang dewasa di dalam pesawat ruang angkasa. ...Jika kita bisa melakukan ini, bayangkan saja apa yang bisa kamu lakukan," katanya.




Spoiler for cabin khusus:


Untuk merealisasikan idenya tersebut, kemudian Virgin Galactic membangun sebuah bandara khusus untuk penerbangan keluar angkasa yang bernama Spaceport America di New Mexico, USA.

SPACEPORT AMERICA


Spoiler for SPACEPORT AMERICA:


Dibangun di tanah seluas 27 Mil persegi, Spaceport America adalah pusat penerbangan antariksa komersial pertama di dunia. Spaceport America telah digunakan sebagai kompleks peluncuran penelitian dan pengembangan sejak tahun 2006. Kompleks penerbangan Ini adalah satu-satunya fasilitas peluncuran berlisensi FAA dengan area peluncuran horizontal dan vertikal. Spaceport America telah menjadi tuan rumah ratusan penerbangan dari peluncuran roket hasil penelitian dari mahasiswa di Spaceport America Cup tahunan, hingga tes kapsul Boeing Starliner, dan sekarang penerbangan antariksa manusia sejak Mei 2021.

Spaceport America secara resmi dibuka pada 18 Oktober 2011, dan pusat pengunjung di Truth or Consequences dapat diakses sepenuhnya oleh masyarakat umum pada 24 Juni 2015 silam, dan setelah Virgin Galactic menyelesaikan pembangunan interior, seluruh fasilitas dianggap siap beroperasi di Agustus 2019. Pengunjung dapat memesan tur pribadi fasilitas ini melalui situs web atau dari organisasi Visit Las Cruces atau pusat pengunjung di Truth or Consequences.

Beberapa perusahaan yang terlibat di industri ruang angkasa komersial di Spaceport America mereka adalah: Virgin Galactic, HAPSMobile/ AeroVironment, UP Aerospace, dan SpinLaunch.





Sekian, semoga suatu saat kita bisa melakukan hal yang istimewa ini.



Spoiler for refrensi dan sumber:

antonov07
nullbanana
kimha420
kimha420 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
3.7K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan