machinAvatar border
TS
machin
Penampakan Ini Bikin Merinding. Hantukah ? Penjelasan Ilmiah Tentang Hantu.
Selamat siang agan aganwati. Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose

sumber screenshot

Penduduk Indonesia suka yang horror - horror atau segala hal yang berbau mistis, bukan ? Mulai dari penampakan wewe gombel  sampai penampakan malaikat di langit. Eits, orang Indonesia tidak sendirian kok, banyak juga orang dari segala penjuru dunia mempercayai hal ini. Hal itu berhubungan dengan adat dan budaya setempat. Selain karena adanya cerita-cerita mistis yang sudah ada dari jaman nenek moyang kita, kepercayaan wajib atau keyakinan terhadap sesuatu hal yang ghaib juga menjadi sebabnya banyak orang suka dengan segala sesuatu yang berbau mistis.
Pengguna Kaskus pasti sudah pada tahu kalau podcast kaskus sering banget dan bahkan hampir setiap hari isinya membahas tentang kejadian-kejadian misteri yang berhubungan dengan kejadian mistis.


sumber : screenshotkaskus

Salah satunya kejadian yang ada di video di bawah ini. Saat seseorang merekam anaknya yang sedang bermain-main di dalam rumahnya, tidak sengaja di belakang anaknya muncul penampakan sosok banyangan seperti anak kecil sedang berlari melewati pintu yang terekam video.

Quote:

Lalu, apakah ada penjelasan yang cukup bisa memuaskan hasrat rasa ingin tahu manusia ? Sedangkan karena rasa ingin tahu manusia inilah yang memicu hal seperti ini selalu laku di setiap media hiburan.
Quote:

Karena fenomena itulah, orang Amerika melakukan penelitian tentang hantu. Penelitian secara ilmiah pastinya, bukan cocoklogi. Ya meskipun kalau dipikir-pikir, penelitian adalah suatu proses cocoklogi berdasar fakta, bukan terka-terka.
Jangan berharap penelitian seperti ini dilakukan di Indonesia, mungkin butuh beberapa tahun lagi ada yang mau menyisihkan dana untuk meneliti hal yang sepertinya tidak berguna ini. 


Sudah berabad-abad terjadi, banyaknya orang yang mencoba atau mengaku mampu berkomunikasi dengan roh. Di Indonesia misalnya, ritual pemanggil roh yang sering kita kenal sebagai boneka Jailangkung.



Kalau di Inggris, pada jaman Ratu Vitoria atau Victorian era, tren séance atau ritual  memanggil arwah saat itu sering dilakukan oleh para bangsawan kala itu. Setelah menikmati suguhan teh dan hidangan crumpets (pancake), mereka melakukan ritual pemanggilan arwah. Karena menjadi tren kala itu, sampai akhirnya klub hantu terbentuk.


Klub hantu didedikasikan untuk mencari bukti hantu yang bahkan kalau itu dibentuk di universitas bergengsi, termasuk Cambridge dan Oxford, dan pada tahun 1882 didirikan organisasi paling terkemuka, Society for Psychical Research.


Seorang wanita bernama Eleanor Sidgwick adalah seorang penyelidik (dan kemudian presiden) dari kelompok itu, dan dia bisa dianggap sebagai ghostbuster  wanita yang pertama.


Pada akhir abad 1800-an, banyak media psikis di Amerika yang mengaku mampu berbicara dengan orang mati. Namun hal itu diungkap oleh Harry Houdini sebagai penipuan.
Quote:

Pada thread  ini ada dua sumber utama yang digunakan untuk menjelaskan eksistensi dari hantu atau makhluk astral lainnya yaitu Voxdan National Geographic


Joe Nickell, satu-satunya orang di dunia yang meneliti setiap hal tentang paranormal secara profesional berdasarkan sains dan mendapatkan gaji dari aktivitasnya tersebut. Dia mengatakan bahwa tugas dia adalah menjelaskan kejadian supranatural dari sudut pandang ilmiah. Dalam prosesnya mencari jawaban atas pertanyaan tentang eksistensial hantu, dia menggunakan banyak sekali disiplin ilmu. Antara lain adalah linguistic analysis, blood pattern analysisdan psychological insight. Meskipun Joe telah melakukan investigasi selama puluhan tahun, sampai saat ini dia belum menemukan satupun bukti dari diri sendiri dan bahkan bukti secara ilmiah, yang membuat dia percaya akan keberadaan hantu.

Quote:


Bagi seseorang yang mengalami pengalaman paranormal, mereka tidak gila. Vox bisa menjelaskan secara logis akan pengalaman paranormal tersebut. 
Quote:

Pengalaman TS pribadi, saat pertama kali menempati rumah kontrakan. Ada suara aneh yang muncul sesekali dan tidak teratur. Suara tersebut bikin merinding. Setelah lama di rumah kontrakan, ternyata suara tersebut dari kulkas.emoticon-Big Grin
Quote:


Bayangkan betapa menghargainya orang-orang sana untuk menjawab sebuah pertanyaan. Bukan biaya yang sedikit untuk menciptakan sebuah robot yang hanya digunakan untuk merasakan sensasi akan kehadiran hantu di sekitarnya.
Quote:

Kemudian, selain tiga penjelasan di atas. Ada lagi penjelasan logis tentang kemunculan sosok hantu atau sosok makhluk halus lainnya. 
Quote:


Senada dengan beberapa penjelasan dari Vox, National Geographic juga menjelaskan dengan singkat tentang ada atau tidaknya hantu di dunia nyata.

Quote:

Jadi itulah penjelasan tentang hantu, mengapa hantu itu sering menjadi hal yang menarik, dan mengapa pula hantu tidak pernah hilang dari peredaran sajian hiburan di dunia nyata dan maya saat ini.
--
Sekian thread  sore ini, semoga menambah wawasan baru tentang hantu. Sehat dan bahagia selalu. emoticon-rose
Sumber : terlampir & sebagian opini pribadi.


garpupatah
ryant.alejandro
pakisal212
pakisal212 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
8.3K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan