ramadhan.idhanAvatar border
TS
ramadhan.idhan
Musim Pandemi di Rumah Aja? Yuk Latih Kreativitas Anak dengan Game-game Ini


Pandemi yang terjadi belakangan ini merupakan situasi dimana merebak dan menularnya virus corona atau covid 19. Kita semua sudah semestinya menjaga kondisi kesehatan diri kita dan keluarga. Salah satu caranya adalah dengan dirumah saja.

Banyak kalangan yang terdampak oleh pandemi ini. Orang dewasa yang kerja cari nafkah harus mengikuti anjuran untuk dirumah saja. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun terkena dampak ini dan harus belajar dan bermain dirumah saja.




Berbicara masalah anak-anak belajar dan bermain dirumah saja pada masa pandemi ini, ane punya beberapa tips permainan atau game-game yang bisa jadi referensi agan dan sista untuk anak-anaknya agar gak bosen dan sekaligus kreativitas meningkat.

Quote:


Dan kali ini ane bakal kasih tips dari bermain game klasik saja ya. Game atau permainan ini ada beberapa ya. Dan sangat mudah sekali memainkannya. Agan sista gak perlu sampai beli mahal-mahal. Cukup dengan alat dan bahan yang ada dirumah dan tentunya mudah ditemukan. Karena ane yakin alat dan bahan ini semua orang punya dirumahnya. Oke yang:

1. Ular tangga


Foto punya TS sendiri

Game yang satu ini sangat populer pada tahun 90an sampai awal tahun 2000an. Kalau sekarang anak-anak sudah jarang bermain ular tangga ini karena memang selain gak zamannya, juga karena mereka lebih memilih game-game yang ada di smartphone. Padahal game ini cukup seru.

Dalam situasi pandemi dan di rumah aja seperti sekarang ini, gan sis bisa mulai untuk mengurangi dan membatasi anak-anak terhadap penggunaan smartphonenya. Ajarkan game ini dengan riang gembira. Karena game ini juga bisa meningkatkan kreativitas anak-anak untuk berpikir.

2. Sepakbola kertas


Foto punya TS sendiri

Apakah agan sista ingat game yang satu ini. Dimana ada kertas segi panjang layaknya lapangan sepakbola, lalu pada kertas itu juga digambar pemain dan gawang serta garis lapangan layaknya sepakbola asli.

Lalu coret pada daerah milik kita untuk kemudian kertas dilipat dan digosok di bagian coretan tadi. Dan boom kalau kena maka pemain akan tercoret dan otomatis pemain berkurang. Begitu terus sampai pemain habis dan yang habis duluan kalah. Game ini mengajarkan kreativitas berupa ketelitian lho gansis.

3. Crabble



Ini juga merupakan game yang cukup lawas ya gansis. Game yang membutuhkan pemikiran otak ini tentu saja sangat bagus untuk anak-anak, karena dalam permainannya memikirkan dan menyusun kata-kata. Selain itu game ini juga akan membuat anak-anak riang gembira.

Cara mainnya, hanya perlu untuk mengumpulkan poin dari nilai kata-kata yang berhasil dirangkai di atas papan. Papan ini diatasnya disusun huruf-huruf untuk dirangkai, dan inilah yang disebut crabble. Permainan scrabble pun menjadi ramah dan dapat dimainkan oleh anggota keluarga yang berusia kanak-kanak.

4. Halma



Halma merupakan permainan papan yang cukup mudah dan sederhana. Para pemain yang umumnya terdiri dari 2 hingga enam orang ini berlomba-lomba untuk mengisi daerah segitiga tujuan terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan memindahkan beberapa kelereng atau pion berwarna sebagai alatnya.

Game ini terbukti meningkatkan mood anak-anak untuk selalu riang gembira dan antusias. Selain itu anak-anak akan terpacu untuk berpikir kreatif, karena dalam permainannya membutuhkan pemikiran cepat, tanggap dan tepat.

Begitulah tadi sharing ane tentang tips meningkatkan kreativitas anak-anak. Kalau gan sist bagaimana kisah tipsnya? Silahkan share di kolom reply yah. Atau mau cari tips menarik lainnya bisa kunjungi forum kids and parenting. Mohon maaf bila ada salah kata, dan terimakasih udah baca.

Sumber: Opini pribadi
Rujukan: Ide pribadi TS dimasa pandemi
Life In Mono
cheria021
anton2019827
anton2019827 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan