unicorngAvatar border
TS
unicorng
pengalaman rekrutmen di PT Equity World Futures atau EWF
Hello Agan dan Aganwati, ane masih newbie banget tapi ngga ada salah nya berbagi pengalaman pribadi seputar dunia per jobseeker an karena berbagi itu lebih indah...emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Gw bikin thread ini based on kisah nyata, karena baru aja gw ikut seleksi rekruitmen di salah satu PT yg belakang ny ada “futures-futures” nya.
Gw dateng job fair di smesco jum’at tgl 9/2/18 dan besok nya gw di telp sm salah satu PT yg emang gw ngerasa apply disitu, lgsg aja, PT. Equity World Futures yg disingkat EWF yg terletak di Cyber 2 Tower lt.19 jl. HR Rasuna Said. Gw ngelamar saat itu posisi admin/accounting tp pas di telp mba2 nya gw di offer ke posisi admin dan yg nelp ngga pake 021 tp pake no hape, dan itu di telp hari sabtu siang, bukan office hour banget(walopun ada PT yg masuk smpe hari sabtu si).
Gw search di uncle Google ttg EWF dan menemukan website resmi nya https://www.equityworld-futures.com/index.php/id/ .
Gw gak baca banyak tp website nya lumayan oke lah dan gw pikir awalnya ini perusahaan broker saham gitu, tapi apa salahnya di coba toh gw Apply posisi yg ngga ada hubungannya dengan jadi broker dan pialang.
Alhasil gw dateng di hari senin mengikuti beberapa proses seleksi, Gan :



Hari 1 :
1. Isi data diri dan Test wartegg.
Peserta nya lumayan banyak, ada krg lbh 80 orang, dan banyak nya ini fresh graduate gan... ato ga pengalaman yg masih kurang dr 1 taun kaya gw gini, hiksss
Dan gw agak sedikit kaget pas gw dateng ke perusahaan ini mba2 rekrutmen nya pada pake mini dress diatas lutut dan nge press body yg bikin gw bertanya2 dalam hati apa mgkn culture perusahaan ny emg gini, selama gw interview belom perna nemu yg beginian. emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)
2. Interview.
Gw ga tau gw interview dgn HRD atau siapa, sama bapak2 umur 30 an maybe. tp berlangsung cepet, nanyain seputar yg ada di cv dan yg pertama di tanya adalah,” sudah pernah bekerja di perusahaan futures sebelumnya?” Lalu posisi gw yg semula nya admin di refer ke accounting krn gw bilang gw prefer ke accounting krna sesuai dgn background gw, baek banget nih bapak.... semudah membalik telapak tangan mengganti posisi yg sesuai dgn minat gw. Akhir interview gw di invite lg utk ikut test besok hari nya pake surat undangan di amplopin yg berisikan alur proses rekrutmen utk 2hari kedepan.



Hari 2 :
Jadwal hari ini, General Test/Psikotest, Kraeplien Test dan Orientasi. Gw mulai memutar otak gw mencerna kata ‘orientasi’,  belom di terima kerja kok udah ada orientasi yak??? Gw tetep dateng meski gut instinct gw berubah jadi mode curiga, dan kecurigaan gw jadi nambah ketika gw sampe di kantor nya access card lift peserta test di tahan sm resepsionist kantor dan dituker sama kartu peserta rekrutmen, baru boleh masuk ke ruangan. Ajeugileee, fikiran gw udah kagak fokus ... tapi gw tetep keep calm, karena gw ga mau nge judge sembarangan dulu.
lanjut seleksi test:
1. General Test&Kraeplien. Test nya seputar matematika, akuntansi, ekonomi, kepribadian, inggris. Dan gw bingungnya knapa test utk lulusan Sma,D3 ama S1 ga di bedain sama sekali...? Dan katanya bakal diumumin lolos ga lolos nya di akhir sesi.
2. Orientasi. Oke sampe ke tahap orientasi akhirnya, gan..... . sesi orientasi ini ngejelasin ttg company profile dr perusahaan tersebut, dari perusahaan jenis apa, izin, dan sebagainya. FYI aja, sesuai yg gw tangkap dr penjelasan oleh pemateri jadi perusahaan yg belakang nya ada "Futures Futures" nya itu perusahaan yg bergerak di bidang industri perdagangan berjangka yang berada di bawah BAPPEBTI “badan pengawas perdagangan berjangka komoditi” dan produk yg di tawarkan adalah indeks, komoditi dan forex... kalau udah terdaftar di Bappebti harus nya Legal, sah secara hukum. Dan di awasi langsung oleh BBJ (burs
a berjangka jakarta) dan KBI (kliring berjangka indonesia) . Dan EWF ini udah ada izin resmi dr Bappebti dan udah terdaftar di sana. Trus jg di kasi tau kalau produk unggulannya disini adalah jual komoditi yaitu EMAS/GOLD secara online. Kalau singkatnya orang awam kaya gw nangkepnya, perusahaan investasi emas, gitu deh.

Jam 12.30 kita dikasi waktu ISOMA dan makan siang di tanggung sm perusahaan.


Abis Isoma lanjut lagi tuh orientasi, nah ini mulai ngejelasin posisi posisi yg vacant, yg paling di agung agung kan di sini posisi sebagai WPB atau Wakil Pialang Berjangka yg bakal dapet begitu banyak benefit, dari komisi, bounty/bonus, travelling smpe mobil dan homestay kalau udah menduduki posisi atas, dan katanya buat jadi WPB mesti ikut ujian sertifikasi juga. Yg money oriented gw yakin pasti tergiur ama ni posisi, tp gw bukan salah satu nya... hehehee. emoticon-Malu (S)
Dan pengetahuan yg lumayan bisa gw ambil adalah waktu orientasi diajarin jg buat ngitung nilai emas, dapet harga emas darimana, dan semua peserta disuruh nyatet, udah kaya kuliah ajeu, gan.... Lumayan gw kalau mau beli emas di toko emas kaga dikasi harga kibul kibul alias semau yg punya toko.emoticon-Add Friend (S)
Hari ke 2 ini dari jam 9 pagi sampe 4.30 sore.... pantesan access card ditahan supaya ga bisa pulang di tengah hari. Di akhir katanya bakal diumumin siapa aja yg lolos ke tahap besok tapi kaya nya lolos semua, ga ada pengumuman apa apa dari pihak HRD. Akhirnya gw pulang....



Hari 3 :
Mestinya hari ini kegiatannya adalah Final Test: Test materi dan Pengumuman. (Sesuai dengan surat yg dikasi ke gw di hari pertama) . Pagi pagi gw udah siap dan sarapan tinggal cus.... Tapi gut instinct gw ngga yakin untuk datang dan gw mulai penasaran dan browsing browsing lebih banyak ttg perusahaan futures. setelah menimbang nimbang dari apa yg gw baca based on pengalaman orang yg pernah proses rekrutmen di EWF dan pengalaman pribadi gw mengikuti serangkaian prosesnya gw memutuskan hanya dalam beberapa menit untuk ngga jadi dateng di hari ke 3 karena ada beberapa hal yg mengganjal menurut gw utk masalah posisi dan rekrutmen. Dan satu lagi, di NB surat yg gw terima ditulis yg intinya gini, kalau diterima nantinya, posisi pelamar kerja yg berhak menentukan adalah perusahaan, mau apapun itu.
Lalu gw jg dapat info langsung dr temen gw yg jg ikut rekrutmen di EWF ini, katanya dy keterima kerja disitu langsung besoknya disuruh masuk, ujung ujung ya kerja nyari investor atau nasabah meskipun apply jadi MT dan kalau ngga dapet ngga akan di gaji sama sekali.... emoticon-Berduka (S)
Dan.... gw bersyukur gw ngga menghabiskan waktu gw untuk dateng dihari ketiga.



Sekian Agan dan Aganwati thread ane kali ini, just share my current experience, dan berdasarkan pandangan ane sendiri. Semoga thread ini membantu Agan dan Aganwati sekalian....
Kalau agan-agan ada yg pernah ikut test seleksi dari awal, sampe pertengahan ataupun sampai akhir boleh share di marihhh. OKeoceee 
emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)

chelseafcindo
nona212
andrianriyan877
andrianriyan877 dan 6 lainnya memberi reputasi
3
156K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan