YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Sista Wajib Tahu, Berikut 4 Hal Sia-Sia dalam Penggunaan Skincare!





Hai, hai, AganSis!

emoticon-Hai



Skincare merupakan kebutuhan wajib bagi sista masa kini. Bahkan bukan hanya sista, kaum adam pun terkadang juga melakukan perawatan kulit dengan produk atau treatment tertentu.


Nah, maraknya produk skincare dan treatment perawatan kulit terkadang membuat AganSis bingung dalam memilih. Beberapa akan menggunakan serangkaian skincare dari produk yang sama. Beberapa yang lain mungkin hanya memakai sebatas facial foam dan pelembab saja. Ada juga yang memilih merawat kulit dengan bahan alami buatan sendiri seperti telur dan buah-buahan.


Namun, tahukah AganSis, ternyata beberapa upaya perawatan kulit yang kita lakukan ada yang sia-sia loh. Selain buang-buang uang, pun tak membuahkan hasil. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.



:nulisah




Menggunakan semua rangkaian Skincare dari satu produk (skincare series)




Pernah nggak sista ketika membeli produk tertentu, para penjual lalu menawarkan seri lainnya dari produk tersebut. Misal, ketika sista berniat membeli serum merk A, kemudian sales menawarkan essense, toner dan lainnya dari produk yang sama, dengan dalih agar membawa hasil yang maksimal.


Baiknya sista jangan tergiur dengan produk-produk yang ditawarkan dan membeli semua serinya. Coba dilihat dulu ingredient dari produk-produk tersebut ternyata hampir sama. Mungkin yang membedakan hanya fragrance saja. Jadi, fungsinya sama saja. Itu hanya trik dari brand tersebut untuk membuat produknya diminati.


Jadi, cukup beli satu jenis saja. Tak perlu memakai semuanya jika fungsinya sama.






Memakai Krim Mata





Krim mata terkadang memiliki harga yang paling mahal di antara produk skincare lainnya. Harganya selangit, barangnya seuprit. Sebelum membeli krim mata, mungkin ada baiknya perhatikan dulu ingredient-nya. Karena kebanyakan, produk krim mata itu sama dengan moizturizer pada umumnya. Jika fungsinya sama (hanya melembabkan), kenapa harus buang-buang uang untuk membeli krim mata? Bukankah cukup dengan memakai pelembab saja?






Memakai masker dari bahan alami





Beberapa orang mungkin pernah memakai masker dari telur, beras yang ditumbuk atau kopi. Ada yang bilang, perawatan kulit dari bahan-bahan alami itu lebih aman dan hasilnya lebih bagus, karena tak ada campuran dari bahan lain yang mungkin berbahaya.


Ternyata, semua itu tidak benar, AganSis!


Jadi, kandungan zat dari bahan alami tersebut belum tersaring, sehingga kita tak akan tahu apakah bahan tersebut akan cocok untuk kulit kita. Misal, masker beras bisa mencerahkan kulit, tapi mana tahu kita jika ada zat berbahaya yang merugikan bagi kulit?


Berbeda dengan produk yang sudah diformulasikan. Tentu zat berbahaya tersebut telah dihilangkan dan pastinya lebih aman. Namun, memang perkara aman tidaknya sebuah produk, bisa dilihat dari ingredient-nya. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli produk, perhatikan dulu kandungan dari bahan-bahannya.





Menggunakan buah untuk masker





Selain beras, telur atau kopi, terkadang sista pasti menggunakan buah-buahan sebagai masker. Misalnya, tomat kaya akan vitamin C dan lycopene yang baik untuk kulit wajah.


Kenyataannya, saat sista mengaplikasikan masker tersebut, kandungan vitamin C akan menguap dalam tiga menit. Jadi, sia-sia dong karena nutrisinya tak bisa diserap oleh kulit?


Lalu solusinya bagaimana?


Solusinya adalah dengan mengonsumsi langsung buah-buahan tersebut, alih-alih menggunakannya sebagai masker. Dengan begitu, semua nutrisi dari buah tersebut akan terserap dengan baik oleh tubuh.




emoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower





AganSis, dalam penggunaan skincare memang tak boleh sembarangan. Ada hal yang sia-sia, beberapa di antaranya justru membahayakan. Menurut yang ane baca. Skincare paling penting untuk kulit kita hanya ada dua, yaitu pelembab dan sunblock. Pelembab baik digunakan sebelum tidur, karena saat tidur kulit kita akan mudah menyerap nutrisi. Sementara sunblock mencegah efek buruk dari sinar matahari.


Nah, demikian thread kali ini. Semoga memberi wawasan baru bagi AganSis sekalian. Terima kasih sudah menyimak, bila berkenan silakan berikan rate dan cendolnya.



emoticon-Shakehand2emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Sundul Upemoticon-Rate 5 Star





Penulis : @YenieSue0101

Referensi : klik

Ilustrasi : 1, 2, 3, 4, 5

galigulagalu
m4ntanqv
anton2019827
anton2019827 dan 25 lainnya memberi reputasi
22
5.2K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan