- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
Mensiasati Algoritma Baru Instagram di Kuartal II 2021
TS
lynna123
Mensiasati Algoritma Baru Instagram di Kuartal II 2021
Pada Kuartal I 2021, tepatnya sejak Maret, platform media sosial Instagram kembali terlihat adanya perubahan. Hal ini bisa dilihat dari urutan kronologis dan kemunculan konten yang tampil di beranda kamu. Sebagai contoh, saya sudah lama mengikuti akun @maudyayunda. Namun, sejak Maret 2021, akun artist tersebut tidak pernah tampil pada aun beranda saya. Apakah itu berarti Maudy Ayunda tidak pernah memposting foto baru?
Studi Kasus Perubahan Algorita Instagram Kuartal I 2021
Setelah saya cek, Maudy Yunda ternyata tetap konsisten terus menunggah fotonya secara berkala. Berkebalikan dengan asumsi awal – Konten Maudy Ayunda tidak lewat beranda Instagram saya karena tidak pernah posting. Sementara itu, akun online shop yang mana saya pernah belanja dan berinteraksi dua arah, algoritma Instagram tampaknya menilai akun saya adalah teman dari akun online shop tersebut. Terlebih lagi, saya cukup sering melihat story mereka untuk mengikuti penawaran-penawaran spesial. Dengan kasus tersebut, sangat jelas bahwa Instagram telah merombak algoritmanya.
Pengaruhnya Terhadap Digital Marketer
Perubahan algoritma ini tentu berdampak kepada para penggunanya, khususnya juga bagi pelaku digital marketing seperti brand dan influencer. Selain tak lagi menampilkan konten secara kronologis, dimana tampilan konten di beranda tiap pengguna terkesan acak dan kurang relevan dibanding dulu. Perubahan algoritma Instagram ini hanya akan menampilkan konten yang danggap related atau memiliki mutual interest. Sekarang, brand harus semakin selektif memilih influencer maupun endorser dilihat dari engagementnya, sehingga jumlah follower (macro influencer) sudah tidak menjadi patokan untuk bisa menjangkau potential audience yang lebih banyak. Begitu pula bagi influencer, perlu untuk menata ulang strateginya agar bisa beradaptasi dengan perubahan algoritma ini di kuartal II 2021
Strategi Menghadapi Perubahan Agoritma yang Relevan Bagi Brand & Influencer
1. Membangun Relasi, Bukan Pengikut
Instagram akan memberikan notice untuk akun-akun yang memiliki banyak relasi/koneksi antara kamu dengan follower yang memiliki engagement tinggi. Misalnya, dengan semakin banyak komen, like dan share, hal tersebut mengindikasikan kualitas postinganmu. Dengan begitu, rating postingan kamu secara otomatis akan naik dan direkomendasikan ke lebih banyak
follower dengan muncul di beranda mereka, bahkan akan kamu muncul di fitur explorer. Seberapa aktif dirimu menjalin interaksi merupakan poin utama untuk meningkatkan nilai engagement. Sebisa mungkin jangan melewatkan komentar pada konten yang kamu unggah, meski komentar tersebut disampaikan pada konten lama atau dirasa tidak memerlukan tanggapan, setidaknya tunjukkan perhatianmu dengan memberikan like pada komentar mereka. Oleh karena itu, poin ini sangat penting bagi brand maupun influencer untuk membangun relasi yang kuat bersama para follower dengan berinteraksi secara dua arah. Seperti membalas komentar, like, dan merepost postingan feed maupun story mereka.
2. Fokus Menciptakan Konten Berkualitas
Content is a king. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan kutipan ini. Yups, kutipan tersebut masih sangat sangat relevan hingga saat ini. Bagi seorang digital marketer, bagaimanapun algoritma Instagram berubah, jika kamu mendorong diri menjadi lebih kreatif dengan berfokus menciptakan konten yang berkualitas, memiliki value, dan meninggalkan kesan yang kuat, maka otomatis kontenmu akan banyak yang mendapatkan respon yang baik.
3. Menyasar Niche Market
Segala sesuatu yang bersifat “mass” belum tentu baik bagi para digital marketer. Contohnya, bagi influencer kecantikan (beauty influencer), meskipun jangkauannya terbatas dan mungkin tidak semua orang mengenalnya, namun ekosistem ini sudah terbentuk. Ya, para beauty influencer ini justru memiliki lebih banyak loyal follower yang berpengaruh baik terhadap penjualan brand yang mereka promosikan. Dengan menyasar niche market ini, seorang influencer perlu men-define dirinya terlebih dahulu dan hal tersebut bisa menjadi kunci utama untuk mem-branding diri dalam jangka panjang. Untuk itu, sangat disarankan bagi influencer untuk membuat persona yang sesuai dengan interest-nya.
Studi Kasus Perubahan Algorita Instagram Kuartal I 2021
Setelah saya cek, Maudy Yunda ternyata tetap konsisten terus menunggah fotonya secara berkala. Berkebalikan dengan asumsi awal – Konten Maudy Ayunda tidak lewat beranda Instagram saya karena tidak pernah posting. Sementara itu, akun online shop yang mana saya pernah belanja dan berinteraksi dua arah, algoritma Instagram tampaknya menilai akun saya adalah teman dari akun online shop tersebut. Terlebih lagi, saya cukup sering melihat story mereka untuk mengikuti penawaran-penawaran spesial. Dengan kasus tersebut, sangat jelas bahwa Instagram telah merombak algoritmanya.
Pengaruhnya Terhadap Digital Marketer
Perubahan algoritma ini tentu berdampak kepada para penggunanya, khususnya juga bagi pelaku digital marketing seperti brand dan influencer. Selain tak lagi menampilkan konten secara kronologis, dimana tampilan konten di beranda tiap pengguna terkesan acak dan kurang relevan dibanding dulu. Perubahan algoritma Instagram ini hanya akan menampilkan konten yang danggap related atau memiliki mutual interest. Sekarang, brand harus semakin selektif memilih influencer maupun endorser dilihat dari engagementnya, sehingga jumlah follower (macro influencer) sudah tidak menjadi patokan untuk bisa menjangkau potential audience yang lebih banyak. Begitu pula bagi influencer, perlu untuk menata ulang strateginya agar bisa beradaptasi dengan perubahan algoritma ini di kuartal II 2021
Strategi Menghadapi Perubahan Agoritma yang Relevan Bagi Brand & Influencer
1. Membangun Relasi, Bukan Pengikut
Instagram akan memberikan notice untuk akun-akun yang memiliki banyak relasi/koneksi antara kamu dengan follower yang memiliki engagement tinggi. Misalnya, dengan semakin banyak komen, like dan share, hal tersebut mengindikasikan kualitas postinganmu. Dengan begitu, rating postingan kamu secara otomatis akan naik dan direkomendasikan ke lebih banyak
follower dengan muncul di beranda mereka, bahkan akan kamu muncul di fitur explorer. Seberapa aktif dirimu menjalin interaksi merupakan poin utama untuk meningkatkan nilai engagement. Sebisa mungkin jangan melewatkan komentar pada konten yang kamu unggah, meski komentar tersebut disampaikan pada konten lama atau dirasa tidak memerlukan tanggapan, setidaknya tunjukkan perhatianmu dengan memberikan like pada komentar mereka. Oleh karena itu, poin ini sangat penting bagi brand maupun influencer untuk membangun relasi yang kuat bersama para follower dengan berinteraksi secara dua arah. Seperti membalas komentar, like, dan merepost postingan feed maupun story mereka.
2. Fokus Menciptakan Konten Berkualitas
Content is a king. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan kutipan ini. Yups, kutipan tersebut masih sangat sangat relevan hingga saat ini. Bagi seorang digital marketer, bagaimanapun algoritma Instagram berubah, jika kamu mendorong diri menjadi lebih kreatif dengan berfokus menciptakan konten yang berkualitas, memiliki value, dan meninggalkan kesan yang kuat, maka otomatis kontenmu akan banyak yang mendapatkan respon yang baik.
3. Menyasar Niche Market
Segala sesuatu yang bersifat “mass” belum tentu baik bagi para digital marketer. Contohnya, bagi influencer kecantikan (beauty influencer), meskipun jangkauannya terbatas dan mungkin tidak semua orang mengenalnya, namun ekosistem ini sudah terbentuk. Ya, para beauty influencer ini justru memiliki lebih banyak loyal follower yang berpengaruh baik terhadap penjualan brand yang mereka promosikan. Dengan menyasar niche market ini, seorang influencer perlu men-define dirinya terlebih dahulu dan hal tersebut bisa menjadi kunci utama untuk mem-branding diri dalam jangka panjang. Untuk itu, sangat disarankan bagi influencer untuk membuat persona yang sesuai dengan interest-nya.
emineminna memberi reputasi
1
576
1
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan