KuratifAvatar border
TS
Kuratif
Riset RSCM-FKUI: 40 Persen Pasien COVID-19 Anak Meninggal Dunia
Jakarta - Di tengah rencana pemerintah membuka kembali sekolah tatap muka, sebuah studi di International Journal of Infectious Diseases mengungkap tingginya angka kematian pada anak akibat COVID-19. Disebutkan, kematian terjadi pada 40 persen pasien anak yang terkonfirmasi COVID-19.

Data ini merupakan hasil penelitian di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang mencakup 490 kasus suspek atau probable pada anak. Dari angka tersebut didapatkan 50 kasus terkonfirmasi COVID-19, dengan 20 kasus atau 40 persen meninggal dunia.

"Tingkat kematian pada kasus terkonfirmasi COVID-19 pada anak-anak adalah 40 persen," jelas peneliti, dalam jurnal berjudul 'Mortality in children with positive SARS-CoV-2 polymerase chain reaction test: Lessons learned from a tertiary referral hospital in Indonesia'.

Sebagian besar pasien anak yang meninggal memiliki komorbid. Umumnya memiliki lebih dari satu komorbid.

"Hanya empat yang komorbidnya satu. Tapi 16 pasien itu komorbidnya lebih dari satu, kebanyakan yang dominan adalah pasien dengan gagal ginjal, kemudian pasien dengan keganasan," ujar Dr dr Rismala Dewi, SpA, peneliti utama dalam riset tersebut, dalam jumpa pers, Jumat (5/4/2021).

https://health.detik.com/berita-deti...eninggal-dunia

parah....
nomorelies
imogenist
samsol...
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan