ramadhan.idhanAvatar border
TS
ramadhan.idhan
Viral Orang Utan Berjalan Kebingungan di Jalan Bekas Gusuran Hutan! Miris dan Sedih

emoticon-Haiemoticon-I Love Kaskusemoticon-Hai

Penebangan hutan untuk keperluan hidup manusia secara cukup dan ada reboisasi dapat dibenarkan. Namun kegiatan penebangan hutan sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk penggunaan nir-hutan (non-forest use), yakni pertanian, peternakan atau kawasan perkotaan, tanpa dibarengi dengan tindakan pengembalian hutan ke keadaan semula tidak dapat dibenarkan.

Banyaknya kerusakan hutan berimbas langsung ke kehidupan manusia. Salah satunya peristiwa banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan beberapa bulan yang lalu. Masih menyisakan kenangan pahit dimana banyak daerah kabupaten dan kota yang belum pernah banjir, tiba-tiba dilanda banjir sebesar itu.

Quote:


Dampak dari kerusakan hutan bukan hanya dirasakan oleh manusia. Namun dirasakan langsung oleh penghuni hutan itu sendiri. Kita, manusia, masih enak ketika mungkin alam mulai tidak stabil hanya akan merasakan akibatnya agak lama. Kalau para hewan penghuni hutan? Sudah tempat tinggalnya dirusak bahkan hilang, ditambah makanan sudah mulai berkurang. Belum lagi kalau bencana alam datang, mereka kena lagi.

Menurut ane sebagai pecinta alam dan binatang, sangat-sangat menyayangkan kalau hutan kalimantan terus menerus di ambil alih untuk kepentingan sepihak. Alih-alih di reboisasi dan rehabilitasi, kalau justru abai sungguh disesalkan. Lagipula hutan kalimantan konon katanya adalah jantungnya dunia, karena salah satu hutan pemasok oksigen terbesar? Kalau ditebangi terus oksigennya gimana?

Seharusnya yang dilakukan oleh kita semua menjaganya. Bukan merusaknya. Ane rasa prinsip seperti ini sudah dari dulu. Namun pelaksanaannya kita tidak tahu. Apakah memang seimbang antara yang diambil dan dirusak? Ya salah satu indikatornya kita lihat hewan-hewan yang ada di hutan tersebut. Kalau sampai mereka turun kejalan dan kebingungan begitu, perlu dipertanyakan hutannya.

Quote:


Bagaimana dengan nasib orang utan ini? Rumah satu-satunya yang ia miliki yakni hutan sudah tidak ada. Apakah harus seperti ini? Ia harus turun ke pemukiman warga? Iya kalau ditangkap dan dikembalikan ke alamnya. Kalau malah ditangkap oleh pihak tidak bertanggungjawab dan dijual atau perbuatan negatif lainnya kan sangat kasihan.

Video itu direkam disalah satu daerah di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Kemudian diunggah oleh akun instagram bernama @viraltube.tv, menampakkan seekor orangutan yang tengah berjalan bingung di jalan bukaan lahan baru bekas hutan.

Quote:


Bagaimana perasaan agan dan sista yang melihat video orang utan tersebut?
Miris gak sih. Sedih gak sih. Lihatlah dia takut-takut dan bingung. Kalau dia bisa bicara pasti sudah bertanya-tanya dia. "Kemana hutan tempatku biasanya mencari makan?" Atau mungkin "ada apa dengan pohon-pohon kenapa mereka menghilang?" Kan sedih ya kalau sampai begitu.

Mengapa hutan harus dijaga dan dilestarikan?
Karena hutan yang banyak pepohonan nya menyimpan air hujan dan kemudian mengalirkannya ke sungai dan danau,
Hutan tempatnya kehidupan flora dan fauna, serta hutan menjadi produsen oksigen untuk kita semua makhluk hidup dibumi baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Lantas apa yang seharusnya kita lakukan? Menurut ane yang harus kita lakukan adalah selain menjaga dan melestarikannya, kita juga harus melakukan penghijauan atau reboisasi,
melindungi dan menjaga habitat flora dan fauna, mencegah kebakaran hutan, kalau pun sangat perlu akan kayu-kayu kita harus Menerapkan sistem tebang pilih.

Agar apa? Agar kita dan generasi kita yang akan datang dapat menikmati keindahan alam kita yang masih lestari.

Thanks for your visit in my thread. Ane sangat butuh kritik, saran, dan tanggapan agan sista sekalian berhubung ane kreator newbie di kaskus ini. See you next thread all.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-I Love Kaskusemoticon-Blue Guy Cendol (L)
_________________________________

Pendapat pribadi
Rujukan: Linknya
Diubah oleh ramadhan.idhan 30-05-2021 23:47
Rainbow555
franssinaga
ogahruwet
ogahruwet dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan