caryancandaAvatar border
TS
caryancanda
5 Oleh-oleh Khas Papua Yang Wajib Dibawa Pulang!


Masih dalam rangka menyambut PON XX Papua, ane ingin membahas mengenai Papua lagi nih gansis.Kenapa ane sangat tertarik, karena kebudayaan disana sangat kaya dan rasanya banyak sekali hal menarik yang harus dibagikan ke khalayak ramai.

Sekarang, ane akan membahas 5 oleh-oleh dari Papua yang bisa membuat orang terkesan.

1. Noken
Spoiler for :

Noken merupakan “tas” Papua yang telah mendunia. Biasanya noken terbuat dari serat kayu, namun saat ini para pengrajin noken yang notabene adalah Mama – Mama Papua juga merajutnya dari benang wol. Harga yang ditawarkan juga beraneka ragam, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

2. Souvenir Kulit Kayu
Spoiler for :

Jangan lupakan kerajinan dari kulit kayu yang paling terkenal ialah dari Pulau Asei, Sentani, Kabupaten Jayapura.
Kulit kayu oleh para pengrajin diolah menjadi lukisan. Sama seperti noken, lukisan kulit kayu juga telah mendunia. Umumnya, para pengrajin melukis berbagai motif Papua di atas kulit kayu.

3. Koteka
Spoiler for :

Siapa yang tidak tahu koteka? Koteka adalah ciri khasnya masyarakat Pegunungan Tengah Papua. Yup, koteka di gunakan sebagai penutup aurat pria alias busana tradisional.
Koteka terbuat dari sejenis labu, yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi seperti yang kita lihat. Mungkin karena bentuknya yang unik dan original, tak sedikit orang yang menjadikan koteka sebagai souvenir.

4. Batik Papua
Spoiler for :

Papua juga punya batik loh! Motif batik Papua sangat unik, berbeda dengan motif dari daerah lainnya. Bahkan, di Papua sendiri memiliki banyak motif; ada motif pesisir pantai, motif danau Sentani dan motif pegunungan. Misalnya saja, motif cendrawasih, honai dan berbagai motif lainnya.

Harganya juga bervariasi, mulai dari 45ribu sampai jutaan rupiah.

5.Kerajinan dari kulit buaya
Spoiler for :

Harga kerajinan dari kulit buaya ini cukup mahal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, kerajinan kulit buaya sendiri punya peminat alias pangsa pasar tersendiri.

Untuk kerajinan kulit buaya yang terkenal, ialah dari Kota Merauke. Namun, di Kota Jayapura ada beberapa gerai yang menjual souvenir dari kulit buaya.
Kulit buaya biasanya diolah menjadi aneka produk, seperti dompet, tas, ikat pinggang dan sepatu.

Bagaimana? Tertarik membeli oleh-oleh diatas? Kalau diantara kalian ada yang pergi ke Papua untuk nonton PON XX Papua nanti, jangan lupa ya beli oleh-oleh khas sana. Selain kita mendapatkan cenderamata asli Papua, kita juga sama dengan membantu perekonomian warga lokal dengan berbelanja disana.

Ingin tahu lebih banyak? Kesini aja:
facebook
https://twitter.com/ponxx2020papua?s=11
website
youtube

sumber





0
1.3K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan