zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Deretan Jajanan Pasar dengan Toping Kelapa Parut yang Masih Eksis
Jajanan pasar dengan toping kelapa parut




Assalamualaikum, sahabat Kaskus ....



Selamat datang di thread saya, kangen rasanya belum ngetrit tentang makanan. Maklumlah dunia emak-emak tak jauh dari yang namanya makanan dan ngemil. 


emoticon-Peluk


Kali ini saya akan mengulas tentang makanan tradisional. Ya makanan alias kuliner tradisional memang patut kita lestarikan karena itu salah satu kekayaan warisan leluhur dan juga termasuk budaya bangsa. Makin kita mengenal dan melestarikan identitas bangsa ini makin dikenal dunia. 


Kuliner adahal paling menonjol yang menjadi ciri khas suatu daerah. Bagaimana kalau kita ulas kekayaan kuliner yang sekarang sering disebut jajan pasar. Kue basah yang akan saya ulas adalah yang memakai toping parutan kelapa. 


Quote:



Deretan kuliner jajanan pasar yang memakai ciri khas toping kelapa parut: 


1. Awug





Kuliner yang dikenal di beberapa daerah Jawa barat dan betawi ini memiliki beberapa sebutan. Jika di daerah Bandung dan Cianjur disebutnya awug. Maka di Sukabumi dan Bogor lebih dikenal dengan nama dodongkal, sedangkan di Betawi disebut dongkal. 


Kuliner manis ini terbuat dari tepung beras, yang dikukus secara berlapis dengan parutan kelapa, dan irisan gula merah. Disantap selagi hangat rasanya legit dan kenyal, super endeus!


2. Klepon





Siapa yang tak suka dengan jajan pasar yang ditaburi kelapa parut ini. Bentuknya yang bulat dengan tekstur kenyal tepung ketan dan sensasi lelehan gula jawa jika digigit langsung lumer di mulut. Di daerah jawa penamaannya asal klepon, sedang di Sumatra dan Sulawesi disebut onde-onde. 


3. Putri noong





Kue khas Sunda ini terbuat dari singkong parut dan potongan pisang ditengahnya ini terkenal enak. Apalagi berpadu dengan toping kelapa parut yang menambah sedap. Tampilannya sangat khas mirip kacamata.



4. Kue putu





Kue ini bentuknya unik dan cantik dengan dominan warna yang dipakai adalah hijau. Kue jajan pasar ini dikenal lembut manis dan gurih. Kue dari tepung beras, gula merah dan kelapa parut. Rasanya jangan ditanya. Lembut dan lumer banget. 

Kue ini dibuat dengan cetakan bambu, namun sekarang dimodifikasi dengan cetakan talam



5. Getuk lindri



Jajanan pasar ini dikenal berasal dari daerah Jawa. Berbahan singkong kukus yang ditumbuk bersama gula merah dan parutan kelapa, lalu ditaburi parutan kelapa.



Namun sekarang getuk lindri dibuat kekinian dengan warna dan tampilan yang lebih menarik. 


6. Kue lupis



Kue lupis atau penyebutan lain lopis adalah kuliner berbahan beras ketan, gula merah dan parutan kelapa. Rasanya legit dan gurih. Bentuknya biasanya segitiga atau lonjong. 


Bagaimana gansis? Kue jajanan pasar mana yang paling disukai? 



Opini pribadi

Gambar: Instagram @resepjajananpasar

Grup Facebook Bumbu Warisan JLD
siapika
bedypop
enyahernawati
enyahernawati dan 59 lainnya memberi reputasi
58
10.4K
257
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan